3 Kesalahan Utama soal Keuangan yang Tak Boleh Diulang

Tahun 2022 sudah terlewati dan tahun sudah berganti menjadi 2023. Begitu juga dengan resolusi setiap orang, target baru akan mulai disusun menggantikan target tahun sebelumnya.

Termasuk juga dengan target memiliki kondisi keuangan yang lebih baik. Kondisi keuangan tentunya hanya akan menjadi baik apabila kita dapat mengelola uang secara efektif.

Salah satu cara agar kita dapat memahami cara yang efektif adalah dengan mengetahui kesalahan kita sebelumnya dan tidak mengulang kesalahan-kesalahan tersebut.

Secara umum, paling tidak terdapat tiga kesalahan keuangan yang kerap dilakukan oleh kebanyakan orang. Mari kita rekap bersama beberapa kesalahan tersebut dan juga bagaimana cara mengatasinya serta manfaatnya.


Tidak Mau Belajar dan Memulai Berinvestasi

Kesalahan pertama dalam cara mengelola uang adalah tidak mau mempelajari dan memulai investasi. Banyak yang merasa sungkan atau bahkan takut ketika mendengar kata investasi.

Biasanya, hal ini terjadi karena beberapa orang kerap mengaitkan investasi dengan risiko tinggi. Padahal pada kenyataannya, investasi bisa membantu kita melawan tingkat inflasi yang bisa membuat nilai uang kita menurun.

Lalu, bagaimana cara mengatasi perasaan negatif mengenai investasi ini? Sebelum investasi dilakukan, sebaiknya kamu mempelajari tipe investor seperti apakah kamu. Kamu bisa mengikuti beberapa tes online gratis mengenai gaya investasi kamu.

Dari tes tersebut, kamu akan dapat melihat apakah kamu merupakan tipe investor pengambil resiko rendah, sedang, atau tinggi. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan referensi mengenai produk investasi apa yang bisa kamu pilih sesuai dengan kategori gaya investasi kamu.

Hal yang kamu perlu perhatikan adalah pelajari betul produk investasi yang sedang kamu pilih. Pastikan kamu bertanya kepada pihak yang kompeten agar mendapatkan informasi yang lengkap dan menyeluruh.

Hindari investasi dengan metode hanya mengikuti orang lain yang kita rasa kita dapat percaya. Analisa dengan kritis dan menjadi cerdas dengan mengolah segala informasi yang kamu dapatkan dari beberapa sumber.

Dengan begitu, kamu akan dapat melakukan investasi dengan perasaan nyaman dan aman.


Terjebak Utang Kartu Kredit & Paylater

Kesalahan kedua yang tentunya hampir pernah dialami oleh semua orang adalah terjebak utang paylater dan kartu kredit yang sekarang sedang marak.

Padahal, langkah mengelola uang yang baik dimulai dengan mengelola utang dengan baik. Walaupun memang betul, setiap orang tidak akan bisa terhindar dari utang.

Namun, kita bisa menggunakan kartu kredit dan layanan paylater sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Utang berlebih timbul biasanya timbul dari keinginan yang tidak sesuai dengan kemampuan sehingga timbul motif untuk memaksakan kehendak dengan berutang.

Solusi yang dapat kamu pertimbangkan adalah menyusun skema pembayaran utang sesuai prioritas. Selain itu, jangan sampai kamu terlibat utang baru dalam membayar utang lama.

Hal ini tentunya membutuhkan waktu, tapi sepadan dengan perasaan lega setelah terbebas dari utang beserta bunganya.

Jika utang sudah dibereskan artinya kamu dapat fokus mengalokasikan dana yang tadinya untuk membayar kewajiban menjadi alokasi yang lebih bermanfaat seperti tabungan dan investasi. Keputusan bijak bisa perlahan dilaksanakan dengan selesainya urusan perutangan ini.


Meremehkan Pentingnya Proteksi

Hal ketiga yang terkadang tidak terasa seperti membuat suatu kesalahan adalah meremehkan asuransi sebagai proteksi aset kamu.

Aset terpenting adalah tentunya diri kamu yang selama ini bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Proteksi juga merupakan salah satu bentuk cinta kamu dalam melindungi keluarga.

Mengapa demikian? Karena dengan memiliki proteksi, keluarga kamu akan terlindungi secara materi apabila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan secara mendadak menimpa kamu.

Proteksi akan melindungi kamu dan keluarga di saat yang kamu dan keluarga paling butuhkan. Namun, penting sebelum memutuskan jenis proteksi apa yang kamu pilih untuk mempelajari secara detail informasi terkait produk tersebut.

Biaya per bulan, apa saja yang termasuk dalam coverage proteksi tersebut, dokumen yang dibutuhkan dan bagaimana cara mengklaim. Beberapa hal tersebut adalah poin penting yang harus kamu pelajari.

Hal lain yaitu penting juga untuk memilih agen proteksi yang kamu rasa dapat membuat kamu nyaman dan bisa dipercaya untuk kelak membantu proses berjalan klaim kamu.

Begitulah rekap dari tiga kesalahan keuangan yang kerap dilakukan dalam mengelola keuangan. Dengan memulai investasi, menghilangkan utang secara perlahan, dan juga bijak memilih proteksi, kamu akan dapat menjalankan resolusi keuangan di tahun ini dan juga tahun-tahun ke depan dengan lebih baik lagi.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments