Gojek Tokopedia Catat Rugi Bersih Pada Triwulan I 2024. Pendapatan Bruto Tumbuh 18 Persen

GOTO atau Gojek Tokopedia catat rugi bersih pada triwulan I 2024. Sejumlah hal terungkap dalam laporan keuangan. 

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk mengumumkan kinerja keuangan perseroan pada kuartal I 2024 dengan mencatatkan kerugian bersih Rp862 miliar. 

Kerugian yang diatribusikan ke pemilik induk ini turun sekitar 78 persen dari Rp3,86 triliun pada periode yang sama yaitu triwulan I 2023. 

Blog SkorLife akan mengulas laporan keuangan emiten dengan kode GOTO ini dengan mengutip laman berita online Liputan6.com. 

“Pada tahun 2023, kami telah meletakkan landasan yang kuat serta menentukan strategi pertumbuhan dengan memperluas basis pengguna,” kata Direktur Utama Grup GoTo, Patrick Walujo. 

“Memperdalam wallet share 6 pengguna ekosistem, menurunkan beban operasional, serta memperkuat kemitraan dengan TikTok,” lanjutnya.  

“Pada kuartal pertama 2024, kami telah mempercepat pelaksanaan strategi tersebut serta kembali melakukan investasi pada produk-produk andalan, yang hasilnya mulai terlihat di bulan Maret dan April 2024,” lanjutnya. 

Gojek dan Tokopedia yang melakukan merger pada 2021 ini juga akan melakukan private placement atau penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD).

Emiten Gojek Tokopedia Catat Rugi Bersih Pada Triwulan I 2024

Selain itu, dalam laporan keuangan ini juga terungkap kalau GTV (gross transaction value) grup pada triwulan ini tumbuh 20 persen mencapai Rp116,5 triliun. 

GTV inti grup ini tidak memasukkan merchant payment gateway yang tumbuh 32 persen dan mencapai Rp56,4 persen secara tahunan atau year on year (YoY). 

Sementara itu, pendapatan bruto perseroan mencapai Rp4,2 triliun dan tumbuh 18 persen secara tahunan. 

Namun, EBITDA grup (pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi) yang disesuaikan mencapai minus Rp102 miliar. 

Catatan kinerja laporan keuangan ini didukung oleh pertumbuhan pengguna bisnis BNPL (buy now pay later) di e-commerce serta percepatan integrasi dan adopsi pembayaran di TikTok. 

Patrick melanjutkan kalau sejalan dengan penerapan strategi, perseroan bisa meraih tingkat pertumbuhan yang lebih cepat pada 2024. 

Bagi kamu yang tertarik dengan seluk beluk dunia saham, saatnya mulai mempelajari investasi saham lebih awal.

Yuk, cari tahu berbagai hal mengenai investasi, kredit, hingga perencanaan keuangan, jangan lewatkan artikel dari blog SkorLife

Aplikasi SkorLife akan memudahkan kamu dalam mengecek skor kredit sebelum mengajukan kredit motor atau lainnya. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments