Investor Bidik ST012 Jangka Pendek. Sukuk Tabungan Dinilai Aman dengan Imbal Hasil yang Lumayan

Para investor bidik ST012 jangka pendek dibandingkan tenor lebih panjang. Instrumen investasi ini dinilai lebih aman. 

Pemerintah telah resmi menutup penawaran Sukuk Tabungan ST012 pada Rabu (29/5/2024) pukul 10.00 WIB (Waktu Indonesia bagian Barat). 

Sukuk Tabungan ini ditawarkan dengan dua tenor (jangka waktu) yaitu dua tahun dan empat tahun. Penjualan kedua seri sukuk ini mencapai Rp19,05 triliun. 

Blog SkorLife akan membahas penjualan Surat Berharga Negara (SBN) ini dengan mengutip dari situs berita online Bisnis.com. 

PT Bank Central Asia menjadi salah satu mitra distribusi (midis) dari SBN ini dengan catatan penjualan sekitar Rp4 triliun.

Antusiasme investor terhadap ST012 ini memang tinggi sejak ditawarkan pada 26 April hingga 29 Mei 2024. 

“Hingga Senin (27/5/2024), jumlah pemesanan ST012 di BCA telah mencapai lebih dari Rp4 triliun dengan komposisi lebih dari 70% pada tenor 2 tahun,” ujar EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F Haryn

“Hal ini sejalan dengan penerbitan SBN ritel sebelumnya, di mana tenor lebih pendek lebih diminati,” lanjutnya. 

Alasan Investor Bidik ST012 Jangka Pendek Dibandingkan Tenor yang Lebih Panjang

Hera menyatakan Sukuk Tabungan seri ini diborong oleh investor lantaran mempunyai karakteristik yang aman. 

Instrumen Surat Berharga Negara ini juga memiliki imbal hasil atau kupon yang dijamin oleh pemerintah sehingga disukai investor.

Selain itu, ST012 mempunyai jenis imbalan floating with floor atau bisa berubah mengikuti perubahan suku bunga Bank Indonesia atau BI rate

Bank Indonesia menetapkan BI rate atau suku bunga acuan setiap bulannya. Hal ini menjadi patokan dalam banyak hal. 

Namun, investor tidak perlu khawatir kalau nantinya besaran kupon tidak akan lebih rendah saat pertama kali diterbitkan. 

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai sukuk, obligasi, atau Surat Berharga Negara lainnya, ada sejumlah pembahasan. 

Jangan pernah melewatkan update mengenai rekomendasi apartemen dan rumah di sejumlah kota, hanya di blog SkorLife

Bagi kamu yang berencana membeli mobil listrik terbaru dengan skema cicilan ke lembaga pembiayaan, cek skor kredit melalui aplikasi SkorLife yang diunduh dengan smartphone

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments