Usulan KPR Subsidi untuk Pekerja Bergaji di Atas Rp8 Juta. Bisa Membantu Masyarakat Punya Rumah Sendiri

BTN memberikan usulan KPR subsidi untuk pekerja bergaji di atas Rp8 juta, pemerintah sedang mempelajari hal tersebut. 

Pemerintah sedang mempelajari skema KPR (Kredit Pemilikan Rumah) subsidi yang tepat untuk pekerja dengan penghasilan menengah bawah dengan standar Rp8 juta sampai Rp15 juta per bulan. 

Blog SkorLife akan membahas hal ini dengan merangkum dan mengutip dari laman berita online Kompas.com.

Saat ini, KPR subsidi hanya diberikan kepada MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) melalui skema FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan). 

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo sempat memberikan pernyataan bahwa pemerintah sedang mengkaji hal tersebut. 

Sekadar informasi, aturan mengenai penerima KPR subsidi telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 22/KPTS/M/2023. 

Dalam peraturan tersebut, batas maksimal penghasilan lajang yang termasuk kriteria MBR adalah Rp7 juta per bulan, sedangkan yang berstatus menikah maksimal Rp8 juta per bulan. 

Bagi masyarakat kelas menengah bawah yang memiliki standar penghasilan Rp8 juta sampai Rp15 juta tidak masuk kategori MBR. 

Mereka hanya bisa mendapatkan akses KPR secara komersial, tentunya suku bunganya juga lebih tinggi. 

Wakil Menteri yang akrab disapa Tiko ini menyatakan mungkin ada pemberian insentif melalui skema pemberian keringanan bunga. 

Usulan KPR Subsidi untuk Pekerja Bergaji di Atas Rp8 Juta dari BTN

Sebelumnya, Direktur Consumer BTN Hirwandi Gafar memberikan usulan tersebut kepada pemerintahan yang baru, presiden terpilih Prabowo Subianto. 

Usulan ini diberikan dengan harapan bisa meningkatkan target pembangunan 3 juta rumah subsidi. 

“Ini kita usulkan, kita tinjau kembali supaya ini melebar ke Rp 12-15 juta, kita bisa lihat masih banyak MBT (masyarakat berpenghasilan tanggung) ini sebenarnya bisa masuk ke MBR karena kemampuannya terbatas,” kata Hirwandi. 

Kamu sedang mencari rumah di kawasan penyangga Jakarta, ada sejumlah rekomendasi hunian di Depok, Jawa Barat yang bisa menjadi pilihan. 

Jangan lupa untuk mengakses aplikasi SkorLife pada smartphone sebelum mengajukan KPR ke perbankan. 

Pastikan kamu tidak pernah tertinggal berita terkini atau artikel terbaru dari blog SkorLife yang memberikan panduan mengenai investasi dan gaya hidup. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments