MHKI Resmi IPO di BEI. Dana yang Didapatkan untuk Belanja Modal dan Bangun Pabrik Baru

PT Multi Hanna Kreasindo Tbk. atau MHKI resmi IPO di BEI dengan menawarkan 750 juta saham kepada publik. 

Perusahaan yang resmi go public bertambah lagi setelah Multi Hanna Kreasindo melakukan IPO (Initial Public Offering) di BEI (Bursa Efek Indonesia). 

Blog Skorlife melansir Bisnis.com bahwa emiten dengan kode MHKI ini resmi melantai di bursa pada Selasa (16/4/2024) dengan harga Rp160 per saham. 

Perusahaan ini menawarkan 750 juta lembar saham baru dengan nilai Rp50 atau sebanyak-banyaknya 20 persen dari total modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO.

Setelah ditetapkannya harga pelaksanaan Rp160 per saham, maka total jumlah nilai penawaran umum sebanyak-banyaknya mencapai Rp120 miliar. 

Dalam pelaksanaan IPO ini, PT NH Korindo Sekuritas Indonesia bertindak selaku penjamin pelaksana emisi efek.

Rencananya, saham MHKI akan tercatat di Bursa Efek Indonesia pada 8 April 2024, dengan masa bookbuilding pada 20 Maret-22 Maret 2024. 

Lantas masa penawaran umum pada 2 April -4 April 2024 dan tanggal penjatahan dilakukan pada 4 April 2024. 

Sekadar informasi tambahan, MHKI merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengelolaan limbah industri B3 dan non B3 yang telah mendapatkan izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pengolahan limbah melalui penerapan 3R (Reuse, Recycling, Recovery) yang terintegrasi mempunyai unit bisnis pengangkutan, pengumpulan, pengolahan, dan pemanfaatan limbah B3.

Multi Hanna Kreasindo bidik dana publik dari IPO
Foto: Multihanna.co.id

MHKI Resmi IPO di BEI untuk Membangun Pabrik Baru dan Belanja Modal 

Multi Hanna Kreasindo akan memakai dana IPO yaitu sekitar 78,33 persen untuk belanja modal yang tergolong capex (capital expenditure) dengan rincian 60,32 persen untuk rencana pabrik baru di Jawa Timur. 

Kemudian 39,68 persen akan digunakan untuk capex head office seperti pembelian kendaraan operasional yaitu 15 unit truk.

Truk-truk tersebut di antaranya 6 unit truck wing box, 5 unit dump truck, 2 unit Fuso, 1 unit tangki dan 1 unit arm roll yang akan dibeli dari pihak ketiga serta pembelian peralatan mesin. 

Sisanya digunakan oleh perusahaan untuk modal kerja (working capital) yaitu penambahan persediaan dan biaya operasional. 

Semua keperluan ini dibutuhkan Multi Hanna Kreasindo untuk mendukung kenaikan penjualan produk. 

Kalau kamu berencana menanamkan investasi di saham, update terus perkembangan terkini Bursa Efek Indonesia hanya di blog Skorlife

Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Skorlife pada smartphone untuk memantau skor kredit secara berkala. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments