6 Kesalahan yang Bisa Merusak Skor Kredit

Skor kredit adalah cerminan kesehatan keuangan kita. Skor kredit memainkan peran penting dalam mendapatkan akses finansial. Sejumlah kesalahan kecil dalam mengelola keuangan bisa berdampak pada skor kredit.

Di Personal Finance kali ini kita akan membahas kesalahan umum yang bisa merusak skor kredit dan memberikan tips cara menghindari kesalahan tersebut. Mulai dari terlambat membayar tagihan hingga penggunaan kredit yang tidak bijaksana. 

1. Telat Membayar Tagihan

Terlambat dalam membayar tagihan berdampak negatif terhadap skor kredit dan akan menurunkan skor kredit kamu apabila terus terjadi. Oleh karena itu untuk menjaga skor kredit tetap baik, sangat penting untuk membayar tagihan tepat waktu. 

Kamu bisa mengaktifkan fitur auto payment, yang bisa membantumu membayar tagihan dengan otomatis.

2. Menutup Kartu Kredit

Menutup kartu kredit yang telah dilunasi dirasa adalah langkah yang benar bagi banyak orang. Ada beberapa alasan mengapa orang memilih menutup kartu kredit, salah satunya agar tidak tergoda membeli sesuatu yang impulsif. 

Nyatanya, menutup kartu kredit bisa berdampak pada skor kredit, terutama jika kartu yang ditutup memiliki riwayat kredit yang panjang. Oleh karena itu, sebelum menutup kartu kredit, pertimbangkan dengan cermat dampaknya pada skor kredit kamu. 

3. Tergoda Rewards

Menggunakan kartu kredit karena tergoda rewards tidak selalu menguntungkan. Tergoda akan rewards yang ditawarkan justru akan mendorong perilaku pengeluaran yang berlebih dan utang yang menumpuk.

Tentu saja hal tersebut akan berdampak pada skor kredit dan juga pengeluaran yang membengkak. Oleh karena itu, ada baiknya untuk tidak terburu-buru dalam menerima penawaran rewards dan pertimbangkan kembali dampaknya terhadap skor kredit.

4. Tidak Memeriksa Laporan Kredit Secara Berkala

Kesalahan keempat yakni tidak memeriksa laporan kredit secara berkala. Padahal, dengan memeriksa laporan kredit secara berkala, kita dapat mendeteksi lebih cepat apabila terjadi kesalahan atau informasi yang bisa berdampak pada skor kredit.

5. Mengajukan Utang dengan Jarak Berdekatan

Apabila kamu punya rencana untuk membeli rumah atau mobil, sebaiknya tunda pengajuan utang lainnya. Hal ini sebetulnya berhubungan juga dengan penggunaan rasio kredit, semakin rendah rasio penggunaan kredit maka semakin bagus skor kreditnya.

6. Mengabaikan Tagihan

Mengabaikan tagihan tentu saja masuk ke dalam daftar kesalahan yang bisa merusak skor kredit. Apabila kamu mengalami kesulitan dalam melunasi tagihan, kamu bisa menghubungi pihak kreditur untuk mengatur pelunasan. 

Itulah enam kesalahan yang bisa merusak skor kreditmu. Memahami kesalahan yang dapat merusak skor kredit sangatlah penting dan perlu diwaspadai oleh setiap individu. 

Merusak skor kredit tidak hanya mempengaruhi kemampuan kita mendapatkan kredit lebih lanjut, tetapi juga berdampak pada keuangan secara keseluruhan. 

Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut, kita dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga skor kredit tetap baik. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments