Apakah Pegadaian Masuk SLIK OJK? Yuk, Cari Tahu Biar Lebih Paham

Bagi kamu yang ingin menggadaikan barang dengan jaminan, perlu mencari tahu apakah Pegadaian masuk SLIK OJK atau tidak. 

Pegadaian bisa menjadi salah satu solusi pendanaan atau pembiayaan bagi kamu yang memerlukan uang tunai dalam waktu cepat. 

Lembaga pembiayaan ini memiliki sejumlah produk yang beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan keuangan kamu. 

Kamu bisa pinjam uang di Pegadaian Syariah kalau ingin pembiayaan non riba, menggadaikan emas, pinjaman tanpa jaminan, hingga menggunakan jaminan kendaraan bermotor. 

Jika kamu memilih ingin menggadaikan emas, jangan lupa untuk mengetahui cara menghitung bunga pegadaian agar bisa tahu beban biaya per bulan. 

Setidaknya, kamu bisa mengkalkulasikan bunga pegadaian emas per 4 bulan agar tidak mengganggu pengeluaran per bulan. 

Pilihan lainnya adalah cara pinjam uang di Pegadaian tanpa jaminan. Kamu bisa mengakses pinjaman KUR Syariah (Kredit Usaha Rakyat).

Hal yang harus diperhatikan saat melakukan pinjaman baik menggunakan jaminan atau tidak adalah melihat simulasi pinjaman Pegadaian.

Atau kamu juga harus mengecek tabel pinjaman serbaguna Pegadaian untuk mencari detail pinjaman yang telah diajukan.

Kamu akan mengetahui berapa cicilan sebulan, berapa bunga per bulan, jangka waktu, dan lainnya agar bisa mengkalkulasi dengan tepat. 

Cicilan di pegadaian masuk bi checking atau tidak
Foto: Djn.kemenkeu.go.id

Cari Tahu Apakah Pegadaian Masuk SLIK OJK

Salah satu pertanyaan lain yang mungkin terpikir dalam benak kamu terutama yang memiliki cicilan lain ke bank atau lembaga pembiayaan yaitu SLIK OJK.

Apakah Pegadaian masuk BI checking atau SLIK OJK? Tentunya, hal ini mungkin bisa berpengaruh kalau kamu memiliki cicilan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) atau lainnya. 

Bagi kamu yang belum tahu, SLIK OJK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan dari Otoritas Jasa Keuangan. Sistem ini menggantikan Bank Indonesia checking

Sebelum orang mengajukan kredit, maka lembaga pembiayaan akan mengecek score credit atau skor kredit yang bersangkutan di OJK. 

Lantas bagaimana orang yang mengajukan pinjaman Pegadaian jaminan BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor), apakah akan melewati pengecekan yang sama. 

Pinjaman di atas merupakan Pegadaian Pinjaman Serbaguna yaitu kredit yang diberikan kepada karyawan dan non karyawan untuk keperluan konsumtif maupun produktif dengan agunan BPKB kendaraan bermotor.

Seperti dikutip dari laman resmi Pegadaian sahabat.pegadaian.co.id bahwa pengajuan BPKB tidak masuk ke dalam pengecekan BI checking atau SLIK OJK. 

Namun, hal ini akan masuk ke dalam riwayat scoring Pefindo (PT Pemeringkat Efek Indonesia) yang mengelola informasi perkreditan.  

Acuan ini yang digunakan untuk melihat transaksi nasabah Pegadaian sebelumnya sehingga akan menjadi pertimbangan untuk lolos atau tidaknya verifikasi gadai. 

Perlu diingat juga kalau OJK mengatur dan mengawasi Pegadaian sebagai lembaga pembiayaan dan lembaga gadai. 

Hal ini bisa menjawab pertanyaan apakah Pegadaian terhubung OJK sehingga kamu tidak perlu khawatir jika terjadi sesuatu. 

Calon nasabah tidak perlu ragu lagi sehingga mempertanyakan apakah aplikasi Pegadaian aman atau dari mana sumber dana Pegadaian?

Syarat Gadai dengan Jaminan BPKB

Setelah tahu kalau gadai di Pegadaian tidak masuk SLIK OJK, bagi kamu yang tertarik untuk memperoleh dana cepat simak sejumlah persyaratannya. 

Kamu bisa datang ke kantor cabang terdekat dengan membawa sejumlah dokumen seperti 

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) 
  • BPKB asli beserta fotokopi BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor)
  • fotokopi STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan)
  • fotokopi Pajak Bumi Bangunan (PBB)
  • fotokopi rekening listrik
  • fotokopi surat nikah/cerai

Kalau kamu berprofesi sebagai karyawan silakan melampirkan surat keterangan kerja dengan masa kerja minimal selama 1 (satu) tahun untuk karyawan tetap dan masa kerja minimal selama 2 (dua) tahun untuk karyawan tidak tetap dan honorer. 

Jika kamu berprofesi sebagai pengusaha mohon dipastikan usaha telah berjalan 1 tahun dengan melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU).

Bagi kamu yang ingin mengecek skor kredit, pastikan telah mengunduh aplikasi Skorlife pada smartphone untuk mengetahuinya. 

Jangan lewatkan konten terbaru dari blog Skorlife untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan terkini mengenai gadai, paylater, hingga kredit lainnya. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments