Avatar

Sekar

PUBLISHED ON JULY, 31 2022 reading time clock 5 Mins Read

Cara Daftar SLIK OJK Secara Online, Catat Langkahnya!

Bagi sebagian orang mungkin masih belum mengetahui kalau Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK yang dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah salah satu hal yang penting dan patut dipertimbangkan ketika berbicara soal pengajuan permohonan kredit atau pinjaman. Apa itu SLIK OJK dan bagaimana cara daftar SLIK OJK online? Yuk, simak pembahasannya.

Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK merupakan sistem informasi yang sekarang pengelolaannya berada dibawah tanggung jawab OJK yang bertujuan untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pelayanan informasi keuangan, salah satunya berupa penyediaan informasi debitur (iDeb). Layanan ini sebelumnya dikenal dengan nama Bank Indonesia (BI) Checking atau Sistem Informasi Debitur (SID), dimana Bank Indonesia sebagai bank sentral di Indonesia memiliki data yang berisi riwayat kredit atau pinjaman nasabah kepada bank atau lembaga keuangan lainnya. Sejak 1 Januari 2018, layanan SID atau BI Checking dialihkan ke Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, yang berarti Bank Indonesia sudah tidak lagi memberikan layanan SID.

Jika dibandingkan dengan Sistem Informasi Debitur atau SID, SLIK memiliki cakupan akses yang lebih luas karena tidak sebatas antar bank saja, melainkan sampai dengan lembaga keuangan non-bank. Pasalnya, pihak kreditur seperti bank umum, bank umum syariah, bank perkreditan rakyat, hingga unit usaha Syariah wajib melaporkan data nasabah yang mengajukan pinjaman. Beberapa pihak lain seperti financial technology atau fintech, lembaga keuangan mikro, hingga koperasi simpan pinjaman yang sudah terdaftar sebagai anggota BIK atau Biro Informasi Kredit juga bisa menjadi pihak pelapor.

Data yang terdapat di SLIK pun lebih terperinci seperti identitas debitur, agunan, pemilik dan pengurus badan usaha yang jadi debitur, info mengenai kualitas kredit, plafon kredit, cicilan pembayaran, hingga rincian penalti pinjamannya. Dengan adanya informasi mengenai debitur, bank atau lembaga keuangan lainnya dapat menyelidiki aktivitas kredit Anda, jumlah pembiayaan yang diterima, termasuk saat Anda menunggak cicilan. Hal ini menjadikan pengecekan riwayat kredit merupakan salah satu proses dalam analisis dan pengambilan keputusan pemberian kredit ketika seseorang ingin mengajukan pinjaman ke bank atau lembaga keuangan lainnya.

Layanan SLIK dari OJK ini tentunya memiliki manfaat bagi lembaga keuangan sebagai kreditur dan masyarakat sebagai calon debitur. Berikut ini adalah manfaat dari adanya layanan SLIK dikutip dari OJK

Manfaat bagi kreditur atau lembaga keuangan

Manfaat SLIK bagi masyarakat

Layanan SLIK OJK tentunya dapat diakses oleh masyarakat luas. Bagi Anda yang ingin mengetahui catatan riwayat kredit, Anda dapat cek riwayat kredit dengan cara daftar SLIK OJK online. Berikut adalah cara-cara daftar SLIK OJK online

Siapkan dokumen pendukung

Dokumen yang harus dipersiapkan

Isi formulir antrian

Pemohon SLIK dapat melakukan registrasi melalui laman konsumen OJK dan mengisi formulir antrian.

Isi formulir permohonan iDeb

Selanjutnya, pemohon SLIK mengisi formulir permohonan iDeb dengan memilih Jenis Pemohon apakah Perseorangan atau Badan Usaha, Tanggal Layanan, dan lokasi kantor OJK.

Pilih antrian berupa jadwal waktu dan keterangan sisa slot antrian

Pilih slot antrian pada tanggal dan jam yang masih tersedia, kemudian klik “lanjut”.

Melengkapi persyaratan dengan lengkap dan benar

Pemohon SLIK mengisi seluruh kolom yang dipersyaratkan dengan lengkap dan benar sesuai dengan dokumen identitas yang dilampirkan. Selanjutnya, upload foto scan dokumen yang dibutuhkan yakni KTP untuk WNI dan Paspor untuk WNA. Untuk badan usaha wajib melampirkan identitas pengurus, NPWP badan usaha, akta pendirian badan usaha, dan anggaran dasar terakhir badan usaha yang memuat susunan dan kewenangan pengurus.

Tahap verifikasi data

Selanjutnya, OJK akan melakukan pengecekan atau verifikasi data yang telah diinput oleh pemohon SLIK.

Pemohon akan mendapatkan email berupa informasi hasil verifikasi antrian

Setelah tahap pengecekan atau verifikasi selesai, pemohon akan menerima pemberitahuan dari OJK berupa hasil verifikasi antrian SLIK online paling lambat H-2 dari tanggal antrian.

Setelah lolos verifikasi, SLIK OJK akan mengirimkan email berupa informasi detail debitur SLIK pemohon

Apabila data yang disampaikan valid dan terverifikasi, maka nasabah dapat mencetak formulir pada email dan memberikan tanda tangan sebanyak tiga kali. Kemudian, foto atau scan formulir yang telah ditandatangani dan kirim ke nomor Whatsapp yang tertera pada email beserta foto selfie dengan menunjukkan KTP. Selanjutnya, OJK akan melakukan verifikasi lanjutan via Whatsapp dan melakukan video call apabila diperlukan. Setelah menyelesaikan semua tahap-tahap diatas dan lolos verifikasi, pemohon SLIK OJK akan menerima hasil iDeb atau detil catatan riwayat pinjaman debitur dan cara membaca iDeb melalui email yang telah didaftarkan pada saat melakukan registrasi

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu SLIK OJK dan bagaimana cara daftar SLIK OJK online. Selain secara online, Anda juga bisa langsung mendatangi kantor OJK di Jakarta maupun kantor-kantor perwakilan OJK yang ada di daerah dengan membawa kartu identitas asli dan fotokopinya. Dengan adanya layanan dari OJK ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya perencanaan keuangan dengan baik.