Mengenal Lebih Jauh Biro Kredit dan Manfaatnya untuk Lembaga Keuangan dan Individu

Pernahkah kamu mendengar skor kredit? Bagi sebagian orang skor kredit bukanlah hal yang asing lagi. Skor kredit merupakan penilaian yang terdiri dari tiga digit angka yang menggambarkan kemampuan calon debitur dalam melunasi pinjamannya.

Skor kredit inilah yang menjadi dasar pertimbangan bagi pihak bank atau pihak pemberi pinjaman sebelum memberikan uang pinjamannya. Lantas, lembaga mana yang dapat menentukan skor kredit seseorang? Jawabannya adalah Biro Kredit. 


Apa itu Biro Kredit?

Biro Kredit atau Credit Bureau adalah sebuah lembaga yang mengolah informasi mengenai riwayat kredit seseorang dari berbagai sumber data.

Sumber data yang digunakan tidak hanya berasal dari perbankan, melainkan juga berasal dari lembaga keuangan non bank seperti multifinance dan juga fintech. Sehingga, sumber data yang diolah Biro Kredit terbilang lebih lengkap.

Hasil analisis yang dilakukan oleh Biro Kredit tersebut nantinya akan disediakan dalam bentuk credit score atau informasi kredit yang akan memberikan gambaran kepada lembaga keuangan mengenai kredibilitas atau kelayakan kredit calon debitur yang ingin mengajukan kredit.

Jika seseorang memiliki skor kredit yang tinggi, maka risiko kredit macet atau gagal bayar akan rendah. Begitupun sebaliknya, apabila skor kredit seseorang rendah, maka orang tersebut berisiko gagal bayar di kemudian hari.

Skor kredit ini yang menjadi pertimbangan dasar bagi pihak bank dalam menentukan layak atau tidaknya seseorang mendapatkan pinjaman yang ia ajukan.


Manfaat Biro Kredit bagi Lembaga Keuangan dan Individu

Skor kredit yang dihasilkan oleh lembaga Biro Kredit tentunya sangat bermanfaat baik untuk lembaga keuangan itu sendiri maupun calon debitur. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Biro Kredit bagi Lembaga Keuangan

Berikut adalah manfaat Biro Kredit bagi lembaga keuangan:

  • Membantu lembaga keuangan dalam meminimalisir terjadinya kredit bermasalah atau gagal bayar
  • Meningkatkan jumlah pinjaman yang diberikan terhadap debitur
  • Meningkatkan efisiensi akuisisi kredit

Manfaat Biro Kredit bagi Calon Debitur

Tidak hanya bermanfaat bagi lembaga keuangan, hadirnya lembaga Biro Kredit juga memberikan manfaat bagi calon debitur. Di bawah ini adalah manfaat Biro Kredit bagi calon debitur:

  • Menumbuhkan perilaku positif di kalangan masyarakat untuk terus bertanggung jawab memenuhi kewajibannya
  • Adanya akses untuk memperbaiki data atau keakuratan data
  • Mengetahui kemungkinan persetujuan pinjaman yang diajukan

Hadirnya Biro Kredit tentunya membantu lembaga keuangan dalam memutuskan apakah calon debitur layak diberikan pinjaman dan menyadarkan masyarakat betapa pentingnya memiliki skor kredit yang baik.

Dengan skor kredit yang baik, pengajuan pinjaman kamu berpeluang disetujui oleh bank. Penasaran berapa skor kredit kamu? Yuk, cari tahu berapa skor kredit kamu melalui aplikasi SkorLife!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments