Avatar

Malik Eminem

PUBLISHED ON MAY, 2 2022 reading time clock 5 Mins Read

Tidak Pernah Mengajukan Kredit Sebelumnya? Ini Dampaknya!

Salah satu cara yang dilakukan oleh Bank untuk memberikan pinjaman atau tidak kepada seseorang adalah dengan memeriksa riwayat kredit atau credit history. Jika Anda belum pernah mengajukan pinjaman atau kredit sebelumnya, besar kemungkinan pinjaman yang diajukan di masa yang akan datang akan ditolak oleh Bank. Mengapa? Bukankah tidak pernah mengajukan pinjaman atau kredit merupakan hal yang bagus? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Sebelum memutuskan untuk memberikan pinjaman kepada seseorang, pastinya Bank ingin mengetahui terlebih dahulu kemampuan orang tersebut dalam mengembalikan kembali pinjaman yang akan diberikan, hal ini dilakukan dengan cara BI checking. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kegiatan bisnis Bank berjalan dengan lancar setelah memberikan pinjaman kepada orang tersebut.

BI Checking atau yang sekarang berubah nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) Online dari OJK merupakan layanan informasi yang berisikan catatan riwayat kredit seseorang, seperti identitas, jumlah pembiayaan yang diterima, riwayat pembayaran cicilan kredit, hingga informasi mengenai kredit yang macet. Berbagai informasi tersebut didapat dari lembaga keuangan yang menyediakan layanan pinjaman, yang nantinya dapat diakses oleh semua Bank yang ada di Indonesia.

Dengan adanya layanan BI Checking atau SLIK, Bank atau lembaga keuangan lainnya akan terbantu untuk dapat menganalisis kualitas seseorang dalam menyelesaikan tanggung jawabnya sebagai debitur, apakah orang tersebut membayar kewajibannya tepat waktu, apakah pernah menunggak dalam melakukan pembayaran, dan sebagainya. Seseorang yang tidak disiplin dalam menyelesaikan kewajibannya akan memiliki riwayat kredit yang buruk yang tentunya akan berdampak pada rendahnya skor kredit.

Jika Anda memiliki riwayat kredit yang buruk dan skor kredit yang rendah, hal tersebut memberikan gambaran kepada pihak Bank atau lembaga keuangan lainnya bahwa Anda merupakan debitur yang berisiko tinggi dan besar kemungkinan pinjaman yang Anda ajukan akan ditolak oleh Bank.

Lalu, bagaimana dengan Anda yang sebelumnya tidak pernah mengajukan pinjaman? Catatan riwayat kredit Anda kemungkinan tidak dapat ditemukan di BI Checking atau SLIK Online karena tidak adanya Bank atau lembaga keuangan yang pernah melapor kepada BI

Sebaiknya, mulailah membangun riwayat kredit yang baik yang akan mempengaruhi skor kredit agar dapat memberikan gambaran kepada pihak Bank bahwa Anda adalah seseorang dengan kualitas kredit yang baik sehingga pinjaman Anda dapat disetujui di masa yang akan datang.