Avatar

Natissa

PUBLISHED ON NOVEMBER, 03 2022 reading time clock 5 Mins Read

Social Engineering, Kejahatan Cyber yang Perlu Kamu Waspadai

Ada banyak celah dimana kejahatan bisa terjadi. Di era digital, penipuan pun semakin banyak ragamnya. Social engineering merupakan modus penipuan yang perlu diwaspadai. Apa itu social engineering?

Definisi Social Engineering

Social engineering atau rekayasa sosial dilansir dari Kaspersky adalah teknik manipulasi yang memanfaatkan kelengahan manusia untuk mendapatkan akses informasi dan data-data berharga. Data pribadi ini yang kelak digunakan penipu untuk mengambil keuntungan dari korbannya. Dalam melancarkan aksinya, pelaku social engineering biasanya akan menyamar menjadi pihak yang seolah-olah berwenang sehingga korban tidak curiga dan mudah percaya memberikan akses terhadap data pribadinya.

Teknik manipulasinya pun cenderung halus, karena strategi penipuannya adalah mengecoh pola pikir seseorang untuk memengaruhi tindak-tanduk mereka sehingga berlaku sesuai keinginan mereka. Misalnya saja lewat campaign, kupon penawaran, pengumuman yang seolah-olah resmi, hingga pemberitahuan personal lewat chat, email, telepon dan sebagainya.

Jenis-jenis Social Engineering

Social engineering ini banyak jenisnya. Jurusnya juga bermacam-macam. Tapi benang merahnya adalah manipulasi dan rekayasa ekosistem sedemikian rupa sehingga nampak tepercaya. Berikut jenis-jenis social engineering yang perlu kamu waspadai.

Cara Mencegah Serangan Social Engineering

Waduh, banyak juga ya teknik manipulasi para penipu di dunia maya. Serangan social engineering ini bisa menghampiri siapa saja. Pastikan kamu mencegahnya dengan melindungi data-data pribadi sebaik mungkin. Berikut cara mencegah serangan social engineering yang dapat kamu terapkan pada diri kamu dan orang-orang sekitarmu.

Social engineering bisa menyasar siapapun, pastikan kamu tidak pernah lengah. Segera laporkan pihak berwenang jika kamu mendapati transaksi mencurigakan di akun yang kamu miliki.