Waspada Modus Penipuan Pura-pura Jadi Kurir Saat Belanja Online

Berbelanja online kini tidak lagi sekedar untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, namun telah menjadi aktivitas yang biasa dilakukan setiap orang.

Belakangan ini viral modus penipuan kurir paket membuat kita jadi harus lebih berhati-hati ketika belanja online. Modus penipuan sniffing yang digunakan para pelaku ini merupakan tindak kejahatan berupa penyadapan oleh hacker yang dilakukan menggunakan jaringan internet.

Tujuannya untuk mencuri data pribadi di ponsel korban seperti username dan password m-banking, informasi kartu kredit, dan data penting lainnya.

Penipuan dengan modus ini tentu bisa merugikan banyak korban, apalagi jika menargetkan ke orang awam serta orang tua yang belum begitu paham menggunakan perangkat ponsel.

Bagaimana cara kerja kedok penipuan kurir paket tersebut? Apa dampak dari penipuan ini dan bagaimana cara menghindari penipuan kurir paket? Yuk, simak lebih lengkapnya di artikel ini!

Cara kerja penipuan

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, modus penipuan tidak ada habisnya. Ada saja cara-cara yang dilakukan para pelaku untuk mendapatkan keuntungan, contohnya seperti modus penipuan kurir paket yang baru-baru ini marak terjadi.

Pelaku yang berpura-pura menjadi kurir paket mengirimkan file APK yang mengandung Spyware. Spyware itu sendiri merupakan perangkat lunak berbahaya yang dirancang untuk memasuki perangkat computer smartphone dan tujuannya untuk mengumpulkan data informasi penting seseorang.

Selanjutnya, data yang sudah dikumpulkan akan diteruskan ke pihak ketiga tanpa adanya persetujuan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara kerja modus penipuan kurir paket:

  1. Pelaku berpura-pura menjadi kurir paket dari salah satu ekspedisi dan memberikan informasi palsu melalui pesan WhatsApp
  2. Pelaku kemudian mengirimkan file ekstensi APK yang bertuliskan “Lihat Foto Paket” untuk mendorong para calon korban membuka file tersebut, yang dimana file tersebut adalah aplikasi berbahaya yang mengandung Spyware
  3. Apabila calon korban membuka file yang dikirimkan oleh pelaku dan diunduh, maka tanpa diketahui data dan informasi di ponsel korban akan digunakan untuk membobol rekening korban pengguna mobile banking atau m-banking.

Dampak dari penipuan kurir paket

Tujuan utama dari modus penipuan kurir paket ini yakni untuk mencuri data-data penting seperti username dan password m-banking, informasi kartu kredit, password email dan informasi penting lainnya.

Setelah pelaku memiliki semua data penting yang dibutuhkan, maka pelaku memiliki celah untuk mengambil alih dan menguras saldo rekening tanpa sepengetahuan korban.

Nominal uang korban yang hilang berbeda-beda, bahkan ada yang mencapai belasan juta rupiah. Dari hasil menipu ini, pelaku bisa mendapatkan keuntungan dalam jumlah yang menggiurkan hingga ratusan juta rupiah.

Cara mencegah penipuan

Nah, bagi kamu yang sering berbelanja online, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya tidak menjadi korban penipuan kurir paket. Berikut adalah caranya:

  1. Tidak sembarang mengunduh aplikasi atau membuka tautan yang dikirim melalui SMS atau WhatsApp atau Email
  2. Cek nomor telepon atau SMS atau Whatsapp yang menghubungi kamu ke Call Center resmi perusahaan terkait
  3. Unduh aplikasi dari sumber resmi dan terpercaya, seperti website resmi perusahaan, App Store, atau Play Store
  4. Aktifkan notifikasi transaksi rekening agar kamu langsung terinformasi jika ada aktivitas mencurigakan yang berhubungan dengan rekening kamu
  5. Jangan lupa untuk cek history rekening secara berkala untuk memastikan tidak ada transaksi yang mencurigakan
  6. Ganti password secara berkala
  7. Jangan menggunakan Wifi publik ketika bertransaksi keuangan melalui ponsel ataupun perangkat lainnya

Cara melaporkan penipuan

Apabila kamu menjadi korban penipuan modus kurir paket, maka kamu perlu untuk membuat laporan ke polisi terdekat. Nantinya setelah laporan dibuat, kepolisian akan menindaklanjuti dengan mengambil tindakan hukum terhadap penipuan modus kurir paket tersebut.

Semakin canggih sebuah teknologi, semakin canggih pula modus kejahatan yang digunakan para pelaku. Kita sebagai pengguna teknologi harus tetap waspada dan hati-hati agar tidak menjadi korban penipuan yang bisa merugikan diri kita.

Pastikan untuk tidak sembarang membuka tautan yang dikirim ke ponsel kita apalagi oleh orang yang tidak kenal.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments