Apakah Motor Listrik Bisa Dicuci? Begini Tips Aman Mencucinya

Ada saja masyarakat yang penasaran dan kerap bertanya apakah motor listrik bisa dicuci. Nah, daripada penasaran, yuk simak ulasan tipsnya dalam artikel ini.

Sudah menjadi kebiasaan yang lumrah para pemilik sepeda motor konvensional alias bermesin dengan bahan bakar bensin akan mencuci kendaraannya, agar selalu tampil bersih dan kinclong.

Apalagi bila musim penghujan tiba, pastinya mereka akan rajin mendatangi tempat cuci motor terdekat.

Sementara itu, di antara para pengguna baru kendaraan roda dua berjenis electric vehicle (EV) mungkin masih belum banyak yang tahu apa motor listrik boleh dicuci?

Dilansir dari laman Astraotoshop.com, para pemilik motor listrik bisa mencuci kendaraannya paling tidak seminggu sekali untuk menjaga penampilannya agar tetap bersih.

Meski demikian, perlu kamu ketahui cara mencuci motor listrik dengan motor bensin tentu jauh berbeda.

Pasalnya, ada beberapa bagian pada motor EV yang disarankan tidak terkena semprotan air. Lantas, bagaimana cara mencuci sepeda motor listrik?

Simak ulasannya berikut ini, blog Skorlife telah merangkumnya dari berbagai sumber. 

Cara Cuci Motor Listrik

Untuk lebih memahami apakah motor listrik bisa dicuci atau tidak, mari bersama-sama baca tips dan trik di bawah ini.

Mengutip dari laman Otomotif.solopos.com, Wakil Ketua Komunitas Viar Electric Community, Raditya memberikan saran sebagai berikut:

  • Sebaiknya, pencucian motor listrik dilakukan langsung oleh pemiliknya;
  • Bila ingin mencuci di tempat cuci steam motor, maka disarankan pilih tempat cuci terdekat yang sudah berpengalaman menangani motor listrik;
  • Cara cuci motor listrik selanjutnya adalah dengan tidak menggunakan semprotan air langsung ke badan kendaraan untuk menghindari korsleting;
  • Bersihkan badan kendaraan dengan menggunakan lap basah dan spons halus;
  • Bila ingin membersihkan bagian roda, kamu bisa menggunakan semprotan air lantaran motor listrik didesain untuk mampu melaju saat banjir;
  • Setelah itu, gunakan kanebo atau lap kering untuk mengeringkan bagian body dan roda motor;
  • Sedangkan untuk pembersihan bagian baterai dan slot-nya, kamu bisa mengelapnya dengan kain lembut sambil memastikan tak ada bagian yang terkena air atau sabun;
  • Langkah ini juga bisa kamu terapkan sebagai cara mencuci sepeda listrik kesayangan dengan aman.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai apakah motor listrik bisa dicuci dan cara cuci kendaraan EV yang aman. Semoga memberikan panduan yang benar untuk kamu.

Jangan lupa update pengetahuan kamu mengenai investasi, keuangan, perbankan, bisnis, dan gaya hidup, hanya di blog SkorLife.

Bagi kamu yang berencana ingin berinvestasi pada instrumen properti dengan menggunakan cicilan ke bank, yuk cek dulu skor kreditnya di aplikasi SkorLife melalui smartphone.

Cuma kartu kredit Mayapada Skorcard yang memberikan banyak keunggulan usai melakukan transaksi di mana saja.

Baca artikel-artikel terbaru dari blog Skorcard yang menghadirkan panduan dan rekomendasi terbaru mengenai wisata, kuliner, dan belanja.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments