6 Cara Mencapai Financial Freedom. Pasti Ada Jalan untuk Meraihnya

Inilah sejumlah cara mencapai financial freedom agar kamu bisa hidup tenang sesuai kebutuhan hingga masa tua nanti.

Financial freedom atau kebebasan finansial adalah kondisi di mana seseorang memiliki anggaran yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan dan gaya hidup mereka tanpa harus bekerja terus menerus. 

Financial freedom artinya tidak lagi bergantung pada gaji bulanan atau pendapatan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makan, tempat tinggal, atau pendidikan. 

Orang yang berada di fase ini memiliki kebebasan untuk membuat pilihan hidup yang lebih bebas tanpa harus khawatir mengenai masalah keuangan.

Meraih kondisi financial freedom tidaklah mudah. Namun, dengan langkah-langkah yang tepat, impian kebebasan finansial bisa menjadi kenyataan. 

Personal Finance kali ini akan membahas sejumlah langkah cara mewujudkan financial freedom yang diinginkan banyak orang.

Simak penjelasannya di bawah ini, blog SkorLife telah merangkum dari berbagai sumber. 

Cara Mencapai Financial Freedom

1. Rutin Mengecek Anggaran

Pentingnya melacak anggaran secara rutin tidak dapat dipandang sebelah mata dalam upaya mencapai financial freedom.

Dengan melacak anggaran, kamu dapat mengidentifikasi pengeluaran, mengetahui pos pengeluaran yang harus diperbaiki, dan memastikan bahwa kamu tidak melebihi batas anggaran yang telah ditetapkan.

Selain itu, menggunakan anggaran yang telah ditentukan dapat menghindari utang yang tidak perlu.

Langkah ini membantu kamu hidup sesuai kemampuan, mencegah utang berlebih, dan memastikan bahwa setiap pembelian benar-benar diperlukan. 

2. Punya Asuransi

Asuransi memiliki peran penting dalam mencapai financial freedom. Sebab, asuransi memberikan perlindungan terhadap risiko finansial yang tidak terduga, seperti terkena penyakit atau kematian.

Contohnya, dengan memiliki asuransi jiwa, keluarga yang ditinggalkan dapat menerima manfaat finansial jika terjadi kematian, sehingga mereka tidak terbebani secara finansial. 

Oleh karena itu, asuransi merupakan salah satu alat yang penting dalam menghadapi kemungkinan yang tidak diinginkan.

3. Melunasi Utang

Utang dapat menjadi beban keuangan yang memberatkan dan menghambat kondisi keuangan seseorang.

Dengan melunasi utang, kamu bisa membangun fondasi yang lebih kuat untuk mencapai financial freedom. 

Tanpa utang yang membebani, kamu bisa mengalokasikan lebih banyak anggaran ke investasi yang bisa meningkatkan pendapatan, menabung untuk dana darurat, dan tujuan jangka panjang lainnya. 

4. Punya Dana Darurat

Meskipun tidak mungkin untuk memprediksi kapan dan bagaimana masalah akan muncul, memiliki dana darurat dapat membantu seseorang mengatasi kejadian tidak terduga atau situasi darurat, seperti kehilangan pekerjaan atau kerusakan properti.

Dana darurat membantu seseorang atau keluarga di masa-masa sulit tanpa harus bergantung pada pinjaman atau utang tambahan. 

Sehingga, memiliki dana darurat merupakan hal yang penting dalam mencapai financial freedom karena seseorang akan tetap berada pada jalur menuju tujuan jangka panjang tanpa terpengaruh oleh kejadian mendadak yang tidak terduga.

5. Siapkan Dana Pensiun

Dana pensiun memungkinkan seseorang untuk menjalani gaya hidup yang diinginkan dan memenuhi kebutuhan dasar setelah tidak lagi aktif bekerja.

Dana pensiun juga memberikan rasa aman dan tenang karena masa depan mereka saat pensiun nanti tetap terjamin.

Oleh karena itu, mempersiapkan dana pensiun merupakan langkah penting dalam mencapai kebebasan finansial.

6. Memiliki Investasi

Dalam upaya mencapai kebebasan finansial, langkah-langkah diatas bisa kamu coba. Mulai dari rutin melacak anggaran hingga mempersiapkan dana pensiun akan membawa kamu lebih dekat dalam meraih financial freedom.

Walau dalam prosesnya tidak mudah, dengan langkah-langkah yang tepat, setiap orang bisa mewujudkan financial freedom dan mewujudkan masa depan yang cerah.

Ada banyak pilihan investasi mulai dari emas dan properti yang terbilang aman terutama investor pemula. Atau juga saham yang cocok untuk orang yang berani mengambil risiko.

Pilihan investasi syariah juga beragam, beberapa di antaranya adalah Sukuk Tabungan, Sukuk Ritel, dan lainnya.

Ingin mendapatkan perkembangan dunia pasar modal seperti saham, obligasi, dan surat berharga lainnya, pantau terus blog SkorLife.

Sebelum mengajukan kredit motor listrik ke lembaga pembiayaan, cek dulu skor kredit melaui aplikasi SkorLife yang diunduh via smartphone.

Pastikan kamu telah memiliki kartu kredit Mayapada Skorcard yang menyediakan banyak kelebihan setelah melakukan transaksi.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments