Alasan Kenapa Apartemen Tidak Ada Lantai 13. Simak Penjelasannya

Sebagian orang Indonesia mungkin ada yang belum tahu dengan alasan kenapa apartemen tidak ada lantai 13. Simak penjelasannya dalam artikel ini, yuk.

Saat kamu datang ke sebuah gedung apartemen, hotel, atau perkantoran tentu pernah menemukan tidak adanya lantai 13.

Sebagian apartemen, gedung perkantoran, hotel dan mall juga tidak memiliki lantai 4 di dalam bangunan mereka.

Oleh karena itu, tidak ada tombol nomor 4 dan nomor 13 di lift sebuah gedung. Nomor 4 akan digantikan oleh 3A. 

Bagi sejumlah orang, misteri lantai 4 dan 13 di lift kerap dikaitkan dengan sesuatu yang mistis. Hmm, mungkin kamu pernah mendengarnya. 

Namun, sebenarnya mitos nomor 4 dan 13 itu berkaitan dengan kepercayaan hidup terhadap angka tersebut, lo.

Blog SkorLife akan membahasnya lebih lanjut agar kamu semakin memahami. 

Kenapa Apartemen Tidak Ada Lantai 13?

Laman Kompas.com yang mengutip Travel and Leisure, alasan utama kenapa apartemen tidak ada lantai 13 sebenarnya berkaitan dengan adanya triskaidekaphobia.

Arti triskaidekaphobia adalah sebuah rasa ketakutan atau phobia terhadap angka 13.

Bahkan menurut laman USA Today, phobia terhadap angka 13 bukan hanya rasa ketakutan kecil yang membuat orang menghindari pergi keluar pada hari Jumat tanggal 13 saja.

Namun, kenapa tidak ada lantai 13 dan 4 juga bisa menghindarkan orang dari rasa cemas berlebihan bila datang ke tempat yang berhubungan dengan angka 13.

Dalam sebuah survei yang dilakukan Gallup pada 2007 lalu melaporkan bahwa sebanyak 13% responden mengatakan, mereka merasa tidak nyaman tinggal di lantai 13 sebuah hotel ataupun apartemen.

Alasan Lain Kenapa Tidak Ada Lantai 4 dan 13

Tradisi menghilangkan angka 4 dan 13 pada gedung apartemen, hotel ataupun mall sebenarnya merupakan kebiasaan yang relatif baru.

Sebagian besar pemilik gedung pencakar langit menganggap lantai 4 dan 13 akan menimbulkan sesuatu hal yang tidak baik.

Mengutip laman Travel China Guide, ternyata penyebab kenapa apartemen tidak ada lantai 4 dan 13 berhubungan dengan feng shui.

Dalam bahasa China pelafalan angka 4 adalah si, yang berarti kematian.

Oleh sebab itu, warga Tionghoa pada umumnya akan menghindari nomor 4 pada nomor handphone, plat kendaraan, dan sebagainya.

“Banyak bangunan tidak menyediakan lantai 4, 14, 24, maupun lantai lainnya yang terdapat angka 4,” kata Travel China Guide.

Nah, itulah penjelasan kenapa gedung perkantoran, apartemen, dan hotel tidak ada lantai 13. Meski begitu, angka ini masih bisa ditemukan di gedung perkantoran milik pemerintah. 

Kamu berencana tinggal di hunian vertikal, jangan lupa untuk mencari tahu biaya tinggal di apartemen yang harus dibayarkan oleh penghuni, 

Yuk, pahami sejumlah instrumen investasi seperti emas, saham, sukuk, hingga properti. Kamu bisa membacanya hanya di blog SkorLife.

Bagi kamu yang berencana membeli apartemen second dengan skema cicilan ke bank, yuk cek dulu skor kreditnya di aplikasi SkorLife yang tersedia di smartphone.

Ingin mendapatkan kartu kredit yang memberikan banyak kelebihan setelah bertransaksi? Ajukan aplikasi untuk memperoleh Mayapada Skorcard

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments