Mengenal Mobil Listrik Toyota dan Spesifikasinya

Saatnya mengenal mobil listrik Toyota berikut dengan spesifikasinya yang canggih yang telah ditanamkan oleh produsen asal Jepang. 

Mungkin banyak orang masih merasa awam dengan tipe mobil listrik Toyota di Indonesia dan lebih mengenal kendaraan jenis hybrid.

Sehingga wajar saja bila di antara mereka bertanya-tanya apakah Toyota memiliki mobil listrik, apalagi saat ini produsen otomotif China dan Korea Selatan memang gencar memasarkan electric vehicle.

Namun, produsen asal China memang memiliki banyak varian produk kendaraan listrik mulai dari yang kecil, sedan, hingga SUV (Sport Utility Vehicle).

Nah, ternyata sebenarnya Toyota memiliki kendaraan listrik seri bZ4X yang merupakan mobil EV pertama mereka untuk pasar Indonesia.

Berdasarkan informasi di laman resmi Toyota Indonesia, mobil listrik ini hanya memiliki satu tipe yakni tipe bZ4X Panaromic Roof.

Mobil listrik Toyota bZ4x ditawarkan dengan harga OTR (on the road) mulai Rp1,19 miliar. Lantas, bagaimana spesifikasinya? 

Blog SkorLife akan membahasnya lebih lanjut dengan merangkum dari berbagai sumber. 

harga mobil listrik toyota
Foto: Toyota.astra.co.id

Spesifikasi Toyota bZ4X Battery EV

1. Spesifikasi Teknis

Toyota bZ4X memiliki ukuran dimensi (Panjang x Lebar x Tinggi: 4.690 x 1.860 x 1.600 mm) dengan kapasitas tempat duduk 5 penumpang.

Kapasitas baterai mobil listrik ini 71,4 kWh dengan durasi pengisian daya 9-10 jam dengan 6,6 kW AC (normal charging) atau 30 menit dengan 150 kW DC (fast charging) untuk pengisian 0-80%.

Kendaraan listrik Toyota satu ini didukung oleh AC synchronous electric generator, sehingga bZ4X mampu menempuh jarak 0-100 km/jam hanya dalam 8,3 detik saja.

Sedangkan motor listriknya sanggup menghasilkan tenaga sebesar 150 kW dengan torsi puncak 266,3 Nm.

2. Desain Eksterior dan Interior

Untuk tampilan eksterior, Toyota bZ4X memiliki desain mewah nan elegan serta kental dengan nuansa sporty berbalut futuristik.

Mobil listrik ini juga dilengkapi roof spoiler dan front bumper spoiler yang menunjang performa aerodinamis.

Sedangkan pada bagian interiornya juga dirancang bernuansa futuristik dan mewah dalam dominasi material kulit. Toyota bZ4X Battery EV memiliki multi-information display.

Terdapat pula audio multimedia dengan Human Machine Interface (HMI) yang dapat terhubung dengan smartphone.

3. Fitur Toyota bZ4X Battery EV

Dari sisi fitur teknologi, mobil listrik produksi Toyota ini dilengkapi berbagai fitur canggih.

Di antaranya, fitur Advanced Parking yang memungkinkan pengemudi untuk tidak menggerakan roda kemudi ketika parkir paralel maupun parkir mundur.

Terdapat pula Regenerative Braking with Boost Mode, yakni sistem rem yang didasarkan pada karakteristik sensor manusia.

Inilah ulasan mengenai spesifikasi mobil listrik Toyota BZ4X dan berbagai fitur teknologinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, ya.

Jika kamu tertarik untuk membeli mobil ini, mungkin ingin menggunakan kredit mobil dari Pegadaian Syariah, pilihan pembiayaan syariah.

Sebelumnya ada pembahasan mengenai jenis-jenis baterai pada mobil listrik, bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli.  

Kamu bisa menambah pengetahuan mengenai investasi properti, investasi emas, hingga pasar modal dengan membaca artikel  di blog SkorLife.

Bagi kamu yang berencana membeli apartemen baru, yuk cek dulu skor kreditnya di aplikasi SkorLife yang tersedia di smartphone.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments