Mengungkap Inovasi Motor Listrik Yamaha E01. Akan Dirilis di Indonesia?

Inilah motor listrik Yamaha yang dikembangkan oleh produsen otomotif asal Jepang. Yuk, intip spesifikasinya secara lengkap. 

Sebagian dari kamu mungkin ada yang penasaran apakah Yamaha mengeluarkan kendaraan listrik? 

Sejak akhir tahun 2022, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah mengenalkan kendaraan listrik E01 ke pasar tanah air.

Bila dilihat sekilas, bodi E01 mirip dengan Yamaha Lexi yang telah lebih dulu mengaspal di jalanan Indonesia.

Meski telah diperkenalkan dua tahun lalu, kendaraan listrik konsep ini belum dirilis ke pasaran. Lantar, Yamaha E01 kapan dirilis?

Mengutip laman Kompas.com, pihak Yamaha Indonesia sedang melakukan serangkaian pengujian dan pengembangan lebih lanjut terhadap E01.

Namun, tidak tertutup kemungkinan kendaraan listrik tersebut akan segera diproduksi dan dirilis ke pasaran beberapa waktu mendatang.

Oleh sebab itu, motor listrik Yamaha E01 belum diketahui akan dijual dengan harga berapa. Meski demikian, kamu bisa mengintip spesifikasinya.

Nah, penasaran dengan spesifikasi dan harga Yamaha E01? Blog SkorLife mengutip dari laman Yamaha-motor.co.id, berikut ini ulasannya.

Harga Motor Listrik Yamaha
Foto: Oto.com

Spesifikasi Motor Listrik Yamaha E01

1. Desain Futuristik

Bodi motor E01 dirancang dengan konsep Human-Centric Juxtaposed Design. Itu artinya, secara desain motor ini memiliki garis dengan kesan modern serta cleanness.

Dalam laman resminya, Yamaha menerangkan bila konsep ini menggabungkan dua tema, material dan warna sehingga menghasilkan visualisasi yang kontras dan menarik.

2. Dapur Pacu Yamaha E01

Untuk sektor dapur pacu, motor listrik Yamaha E01 dilengkapi dengan sumber tenaga baterai lithium Ion yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 8.1 kW.

Pengguna bisa memacu kendaraan listrik dengan kecepatan maksimal hingga 100 km/jam. Motor Yamaha diklaim mampu berakselerasi 0-50 km/jam dalam waktu 3,9 detik.

3. Daya Baterai

Baterai menjadi elemen penting bagi kendaraan listrik atau electric vehicle (EV), baik roda dua maupun roda empat.

Bagi pencinta motor berlambang Garpu Tala ini tentu ingin tahu berapa watt Yamaha EO1?

Yamaha melengkapi E01 dengan sumber tenaga fixed baterai jenis Lithium Ion, berkapasitas sebesar 4.9 kWh dan daya 87.6 V / 56.3 Ah dan memiliki daya maksimal sebesar 4.900 watt.

Menariknya, baterai motor listrik ini dilengkapi dengan fitur built in Battery Management System.

Dengan kondisi penuh, pengguna mampu menjelajah jalanan hingga 104 km. Ada tiga pilihan mode pengisian daya, yakni fast charger, normal charger, dan portable charger.

Adapun waktu pengisian baterai dengan mode daya cepat hanya memerlukan waktu 1 jam untuk mengisi 90% tenaga.

Sedangkan pengisian baterai mode normal dari 0% hingga 100%, membutuhkan waktu 5 jam.

4. Pilihan Mode Berkendara

Fitur lainnya yang dimiliki oleh motor listrik Yamaha E01 yakni adanya tiga pilihan mode berkendara untuk mengakomodasi kebutuhan pengguna.

Ketiga mode berkendara Yamaha E01 itu antara lain Power, Standard, dan Eco.

Mode Power dapat digunakan apabila pengendara menghadapi jalanan menanjak, yang membutuhkan tenaga dan akselerasi tinggi dengan torsi mencapai 30,2 Nm.

Untuk mode Standard, pengguna bisa menggunakannya untuk melintasi jalanan perkotaan yang cenderung datar dan tidak membutuhkan tenaga besar dalam bermobilitas.

Sementara mode Eco, ditujukan bagi pengendara yang ingin melakukan perjalanan jarak jauh sehingga bisa menghemat konsumsi baterai dengan torsi 21,Nm.

Nah, itulah spesifikasi motor listrik Yamaha E01 yang bakal menambah semaraknya pasar kendaraan EV di Indonesia.

Ingin memiliki kendaraan listrik melalui pembiayaan dari multifinance, cari tahu syarat dan cara mengajukan kredit motor BAF (Bussan Auto Finance).

Pastikan kamu tidak pernah ketinggalan berita terbaru mengenai keuangan, ekonomi, dan bisnis, baca terus blog SkorLife.

Bagi yang berencana beli motor listrik baru dengan cara kredit ke bank, cek dulu skor kreditnya melalui aplikasi SkorLife  yang bisa diunduh via smartphone.

Gunakan kartu kredit Mayapada Skorcard yang memberikan banyak kelebihan setelah melakukan transaksi apa saja. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments