10 Tips Menabung untuk Beli Mobil. Wujudkan Impian Memiliki Kendaraan Idaman

Simak sejumlah tips menabung untuk beli mobil idaman dan impian. Pastinya bisa terwujud kalau kamu memang punya niat. 

Bagaimana cara menabung Rp1 juta dalam 1 bulan? Tentu kamu bisa melakukannya kalau mau menyisihkan penghasilan. 

Atau bagaimana cara menabung Rp1 juta dalam 3 bulan? Kamu bisa memulainya dengan terbiasa untuk menabung sejak awal. 

Sama halnya dengan kalau kamu berencana memiliki kendaraan bermotor seperti mobil. Kamu bisa membelinya meski mungkin pendapatan masih terbatas. 

Kamu bisa menyiasatinya dengan sejumlah cara yang mudah. Hal yang terpenting adalah niat dan disiplin dalam menabung. 

Blog Skorlife akan membahas sejumlah trik mengumpulkan dana untuk memiliki kendaraan roda empat impian kamu dan keluarga. 

Skorlife merangkum dari sejumlah sumber seperti OCBC.id, BCA.co.id, Astra-Daihatsu.id, Wuling.id, Suzuki.co.id, dan lainnya. 

Tips Menabung untuk Beli Mobil
Foto: Honda-indonesia.com

Tips Menabung untuk Beli Mobil dengan Mudah

1. Menetapkan Mobil yang Menjadi Target 

Bagaimana cara membeli mobil dalam 1 tahun atau 2 tahun, tentu bisa asalkan kamu telah menentukan kendaraan yang akan dibeli. 

Misalnya kamu ingin membeli mobil LCGC (Low Cost Green Car) seperti Agya yang dibanderol dengan harga Rp167 juta pada 2024. 

Kamu juga bisa melirik kendaraan MPV (Multi Purpose Vehicle) seperti Daihatsu Xenia yang dipasarkan dengan harga Rp222 juta. 

2. Menghitung Biaya Tambahan

Selain biaya pembelian mobil, ada sejumlah biaya lain yang juga harus diperhitungkan. Jangan sampai terlewatkan ya. 

Biaya tersebut mulai dari provisi, asuransi, fidusia, balik nama kendaraan bermotor, pajak, hingga perawatan dan perbaikan secara berkala.

3. Membuat Tabungan Khusus

Kamu bisa membuat tabungan khusus atau menjadikan salah satu rekening bank yang dimiliki. Nantinya, kamu bisa memakai rekening yang sama ketika ingin membeli rumah atau investasi dengan dana besar lainnya.

Hal ini bisa cara agar bisa beli mobil di usia muda lantaran kamu telah memiliki tabungan yang ditujukan untuk memiliki kendaraan bermotor.

4. Menentukan Jangka Waktu Menabung

Salah satu cara agar bisa beli mobil sendiri adalah mematok waktu menabung. Berapa lama kamu akan melakukannya. 

Jangka waktu 1-3 tahun sudah cukup untuk membeli kendaraan bermotor asalkan kamu memiliki sejumlah sumber penghasilan selain gaji. 

5. Menyisihkan Penghasilan 

Bagaimana cara menabung untuk membeli mobil? Pastinya kamu hanya perlu menyisihkan sebagian penghasilan per bulan. 

Misalnya kamu masih lajang dan punya pendapatan Rp8 juta per bulan, coba saja sisihkan Rp4 juta atau Rp5 juta per bulan. 

cara menabung untuk beli mobil
Foto: Toyota.astra.co.id

6. Mengurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Bagaimana cara menabung yang baik dan benar? Tentunya kamu harus disiplin termasuk dalam mengurangi pengeluaran yang tidak penting.

Misalnya kamu harus memangkas kebiasaan minum kopi di cafe dan menggantinya dengan membuat kopi di kantor dan rumah. 

Coba kamu hitung berapa biaya minum kopi selama satu bulan penuh kalau harga 1 gelas Rp30 ribu. Total kamu bisa menghabiskan Rp30 ribu x 30 sama dengan Rp900 ribu. 

7. Menambah Pendapatan 

Bagaimana cara menabung untuk beli mobil dengan gaji Rp1 juta atau Rp3 juta? Apakah bisa? Tentu bisa kalau disiplin menabung dan memperbesar pendapatan. 

Kamu bisa mencari pekerjaan sampingan saat akhir pekan atau memiliki usaha kecil-kecilan untuk menambah penghasilan per bulan. 

8. Menyisihkan THR dan Bonus

Mau tahu cara menabung beli mobil dengan gaji Rp5 juta, kamu bisa menyisihkan bonus kalau memang mendapatkannya setiap tahun atau setiap semester. 

Pastinya kamu akan mendapatkan THR (Tunjangan Hari Raya), coba saja sisihkan dana tersebut dalam jumlah besar untuk membeli kendaraan.

9. Memanfaatkan Kredit Kendaraan Bermotor 

Bagaimana cara membeli mobil dengan gaji Rp2 juta atau lebih, coba saja untuk mempertimbangkan kredit mobil bekas baik yang konvensional atau syariah. 

Bank swasta, bank pemerintah, hingga lembaga pembiayaan biasanya memang menyediakan kredit kendaraan bermotor. 

Jika kamu memiliki uang cukup untuk membayar uang muka atau down payment (DP), tentunya kamu bisa menentukan tenor atau jangka waktu cicilan. 

10. Mempertimbangkan Membeli Mobil Bekas

Kalau kamu punya gaji Rp2 juta memangnya bisa beli mobil? Hmm, bisa saja kalau kamu memang bisa menyisihkan sebagian besar gaji plus memiliki pekerjaan sampingan dan pemasukan tambahan.

Kamu bisa melirik sejumlah mobil bekas berkualitas seperti Honda Brio, Toyota Rush, Daihatsu Xenia, atau Toyota Avanza yang dipasarkan dengan harga di bawah Rp100 juta. 

Selain itu, kamu bisa mempertimbangkan membeli mobil melalui lembaga pembiayaan karena ada tahapan pengecekan mesin. 

Nah, itulah sejumlah tips menabung untuk membeli mobil. Cocok untuk kamu yang berencana membeli kendaraan roda empat. 

Sebelumnya, blog Skorlife sempat membahas mengenai tips mengatur THR yang penting diaplikasikan saat menjelang Ramadan dan Idul Fitri.

Kamu bisa mengecek aplikasi Skorlife untuk mengetahui skor kredit, pastikan kamu telah mengunduh aplikasinya di smartphone sekarang juga. 

Jangan lewatkan konten terbaru dari blog Skorlife mengenai panduan keuangan, gaya hidup, hingga mengenai paylater.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments