Avatar

Sekar

PUBLISHED ON SEPTEMBER, 30 2022 reading time clock 5 Mins Read

8 Cara Memulai Bisnis di Rumah dari Nol sampai Sukses

Memulai bisnis di rumah sangat bisa dilakukan bagi Anda yang sedang mencari penghasilan atau bahkan penghasilan tambahan. Orang-orang semakin banyak yang tertarik untuk menjalankan bisnis dari rumah karena tidak perlu sewa atau beli tempat untuk dijadikan tempat usaha, Anda bisa memanfaatkan tempat kosong yang ada di rumah untuk dapat memulai bisnis. Hal ini tentunya dapat mengurangi biaya modal yang perlu dikeluarkan. Selain itu, adanya internet juga dapat memudahkan Anda dalam memasarkan produk atau bisnis yang ingin dijalankan.


Sebelum memulai bisnis, Anda perlu mengetahui bagaimana cara memulai bisnis di rumah dari nol sampai sukses. Apa saja, ya, langkah-langkah membuat bisnis, baik itu bisnis online di rumah maupun offline? Ide bisnis di rumah apa saja yang cocok untuk dijalankan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Tentukan ide bisnis rumahan

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum memulai bisnis adalah menentukan ide bisnis rumahan yang tepat yang ingin Anda dirikan. Ide bisnis bisa berasal dari mana saja, contohnya seperti di lingkungan sekitar yang menurut Anda ada masalah yang perlu diselesaikan dan dicari solusinya. Selain dari lingkungan sekitar, ide bisnis juga bisa berasal dari hobi yang Anda gemari. Setelah menentukan ide bisnis, Anda juga perlu melakukan riset terkait produk atau jasa yang akan Anda tawarkan serta pesaing yang menawarkan produk atau jasa yang sama.

Buat perencanaan bisnis

Selanjutnya, agar bisnis rumahan yang Anda dirikan sukses, Anda perlu membuat perencanaan bisnis yang baik. Rencana bisnis atau business plan biasanya berisikan visi dan misi yang ingin dicapai dari mendirikan bisnis tersebut, tujuan dan masalah yang ingin diselesaikan dan solusi yang ditawarkan. Tidak hanya itu, rencana bisnis atau business plan juga memuat tentang target market, kompetitor, dan semua hal yang berkait dengan bisnis tersebut.

Lakukan riset pasar dan kompetitor

Langkah yang bisa Anda lakukan agar bisnis Anda sukses selanjutnya adalah lakukan riset pasar dan kompetitor. Hal ini dilakukan supaya Anda dapat mengetahui segmentasi dan target konsumen yang cocok dengan produk atau jasa yang akan ditawarkan dan nantinya memudahkan Anda dalam memasarkan produk. Dalam menentukan target konsumen, Anda bisa melihat dari segi demografis seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan lainnya. Riset tentang kompetitor yang memiliki produk atau jasa yang sama juga perlu dilakukan untuk mengetahui kelebihan maupun kekurangan mereka. Hal ini dilakukan agar nantinya Anda memiliki keunikan produk yang berbeda dari mereka.

Menentukan keunikan produk

Langkah membuat bisnis di rumah selanjutnya adalah menentukan keunikan produk. Dalam berbisnis, memiliki keunikan atau unique selling point (USP) dapat menjadi salah satu kelebihan dan mendorong para konsumen untuk menggunakan produk Anda. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menentukan keunikan produk dapat berasal dari hasil riset yang telah dijalankan.

Tentukan modal bisnis dan sumbernya

Selanjutnya, untuk mendirikan bisnis tentunya perlu menyiapkan dana yang akan dijadikan modal bisnis. Setelah rencana bisnis atau business plan dibuat, Anda dapat menentukan berapa modal yang diperlukan. Menentukan dari mana modal bisnis berasal pun tidak kalah pentingnya. Anda dapat mengajukan pinjaman modal usaha di bank atau mencari dukungan dari investor.

Temukan supplier yang tepat dan berkualitas

Ketika Anda mendirikan bisnis, Anda memerlukan supplier yang dapat membantu untuk menyediakan bahan baku produksi atau produk siap jual. Menentukan supplier mana yang akan menjadi partner bisnis Anda merupakan hal yang penting karena nantinya akan berdampak pada kualitas produk yang Anda sediakan kepada konsumen. Jangan lupa untuk mempertimbangkan biaya-biaya yang perlu dikeluarkan ketika memilih supplier, misalnya seperti biaya pengiriman dari tempat supplier ke tempat usaha.

Gunakan strategi promosi yang ampuh

Menjalankan suatu bisnis pastinya juga perlu memikirkan bagaimana cara agar produk Anda dikenal oleh masyarakat dan laku dipasaran. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan strategi promosi yang ampuh dan semenarik mungkin. Media sosial yang diakses oleh orang banyak setiap hari dapat menjadi sarana promosi yang mudah dan cepat. Terlebih lagi, biaya promosi di sosial media terbilang cukup murah dan dapat dilakukan sendiri di rumah.

Kelola keuangan dengan bijak dan cermat

Ketika bisnis sudah mulai berjalan, pastikan Anda menghitung setiap arus pemasukan dan pengeluaran secara berkala. Hal ini dapat membuat bisnis berjalan dalam jangka waktu yang panjang karena memiliki pengelolaan keuangan yang baik.

Ide bisnis rumahan

Setelah mengetahui langkah membuat bisnis di rumah, artikel ini juga akan memberikan ide bisnis di rumah untuk Anda yang sedang ingin mendirikan usaha. Berikut ini adalah ide bisnis rumahan yang dapat menjadi inspirasi.

Katering

Salah satu ide bisnis yang dapat Anda jalankan di rumah adalah bisnis katering. Ide usaha seputar kuliner ini memiliki peluang yang cukup bagus dan menyasar target market orang-orang yang disibukkan dengan pekerjaan ataupun kegiatan lainnya, sehingga mereka tidak sempat menyiapkan makanan.

Laundry

Selain bisnis katering, laundry juga dapat menjadi ide bisnis yang menjanjikan untuk Anda di rumah, apalagi jika Anda memiliki lokasi yang strategis seperti dekat daerah perkantoran, kampus, ataupun perumahan. Untuk mendirikan bisnis laundry, tentunya Anda memerlukan modal yang cukup untuk membeli mesin cuci, setrika, deterjen dan pewangi pakaian.

Dropshipper

Ide bisnis menjadi dropshipper semakin banyak diminati orang. Hal ini karena bisnis dropshipper mudah untuk dijalankan. Anda hanya menawarkan produk yang dibuat oleh pihak lain tetapi Anda yang menetapkan harga jualnya. Kemudian, pihak lain tersebut yang akan mengirimkan barang ke konsumen.

Reseller

Ide bisnis lainnya dapat Anda jalankan di rumah adalah menjadi reseller. Ketika Anda ingin menjalankan bisnis reseller, Anda perlu membeli barang dari supplier, kemudian menjualnya lagi ke konsumen. Berbeda dengan dropshipper, Anda perlu mengirimkan barang tersebut langsung ke konsumen karena barang dari supplier tersebut sudah berada pada Anda.

Jasa jahit

Apabila Anda punya keahlian menjahit, ide bisnis satu ini sangat cocok sekali untuk Anda, apalagi jika mengikuti perkembangan trend fashion terkini. Banyak orang yang membutuhkan jasa ini untuk reparasi, membuat pakaian, bahkan persewaan baju, baik itu baju formal maupun baju sehari-hari.

Jasa cuci motor

Sepeda motor merupakan kendaraan paling banyak di Indonesia. Hal ini menjadikan usaha jasa cuci motor memiliki keuntungan yang lumayan. Tentunya untuk menjalankan bisnis ini, Anda memerlukan lokasi yang strategis, mencari karyawan untuk membantu Anda mengembangkan bisnis, dan memberikan layanan yang optimal kepada konsumen.

Membuka toko kelontong

Membuka toko kelontong juga dapat menjadi ide bisnis di rumah yang dapat Anda jalankan. Dengan menyediakan barang kebutuhan sehari-hari dan memiliki lokasi yang strategis, peluang dari bisnis ini bisa menjanjikan. Walaupun toko kelontong sudah tersebar dimana-mana dan mereka sudah lebih dulu memiliki pelanggan, Anda bisa mendirikan bisnis ini dengan menawarkan suatu keunikan yang berbeda dari para kompetitor.

Memulai suatu bisnis memang bukanlah hal yang mudah, perlu ditekuni dan membutuhkan perjuangan yang cukup besar sehingga bisnis Anda bisa berhasil. Anda bisa mencoba langkah-langkah diatas untuk memulai bisnis di rumah dari nol sampai sukses dengan ide bisnis yang diberikan.