Lagi Ramai Soal Emas Digital, Yuk Cari Tahu Lebih Jauh

Tahu dong investasi emas selalu digandrungi. Ada yang menyimpan dalam bentuk emas batangan, koin, atau koleksi perhiasan. Umumnya semua disimpan di rumah lengkap dengan surat-suratnya. Investasi ini digemari karena cenderung aman dan harganya selalu naik. Di era digital sekarang, muncul investasi emas digital. Apa itu investasi emas digital? Apakah keunggulannya dibandingkan investasi emas secara konvensional? Sama nggak ya dengan nabung emas?

Apa Itu Emas Digital?

Sebenarnya investasi emas konvensional dan emas digital serupa tapi tak sama. Hal yang membedakannya adalah cara berinvestasinya. Jika berinvestasi secara konvensional, kamu akan pergi ke toko perhiasan atau untuk logam mulia kamu pergi ke Antam untuk membeli emas yang kamu inginkan. Tentu ada minimum berat gram yang harus dipenuhi untuk membelinya. Sementara berinvestasi emas digital, kamu melakukan transaksinya secara digital. Emas digital sama kok dengan emas fisik, namun transaksinya dilakukan lewat aplikasi. Dalam platform aplikasi tersebut, uang yang kamu setorkan akan dikonversikan dalam bentuk saldo emas.

Perbedaannya dengan Emas Fisik

Emas fisik adalah jenis emas yang dapat kita pegang secara langsung. Emas jenis ini dapat kita buktikan secara kasat mata dan bisa dibawa pulang. Bagi sebagian orang rasa kepemilikan ini terasa nyata karena barangnya ada dan terlihat di depan mata. Berbeda dengan emas fisik, emas digital berbentuk angka saja dalam saldo akun di platform kamu.

Keunggulannya emas digital adalah memungkinkan kamu membeli emas dengan modal seminim mungkin karena dapat dibeli dengan berat berapapun. Mulai dari puluhan ribu saja sudah bisa investasi. Dan kamu tidak perlu repot menyimpan emas fisik secara tersembunyi di rumah untuk menghindari maling, karena emas kamu dititipkan dengan baik di akun kamu. Pastikan kamu memilih platform yang perusahaannya terdaftar di Bappebti dan diawasi OJK.

Keuntungan Investasi Emas Digital

Berikut beberapa keuntungan yang dapat kamu peroleh ketika berinvestasi emas secara digital.

Mulai dengan modal minim

Kamu tidak perlu modal jutaan rupiah bahkan ratusan ribu untuk memulai investasi emas digital. Di berbagai platform yang menyediakan emas digital, kamu bisa melakukan transaksi beli simpan emas digital dengan emas seberat 0.01 gram lho. Modal yang dikeluarkan tidak jauh dari 10 ribu rupiah. Jadi siapapun bisa mulai investasi emas digital.

Transaksi Mudah

Tidak perlu menunggu jam buka toko dan jauh-jauh menghabiskan waktu untuk membeli emas secara langsung. Kamu tinggal buka aplikasi dan lakukan transaksi pembelian emas kapanpun dan di mana pun.

Menyimpan emas relatif aman

Secara umum, platform penyedia layanan investasi emas bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang diawasi oleh Bappebti, jadi proses transaksi hingga penyimpanan aset terjamin keamanannya. Sebagai catatan, mungkin ada biaya penitipan yang harus kamu penuhi saat bertransaksi emas digital.

Risiko Investasi Emas Digital

Pada dasarnya tidak ada investasi yang tidak berisiko. Begitu pula dengan investasi emas digital. Untuk menghindari risiko, pastikan kamu memilih platform yang terpercaya. Cek dulu apakah perusahaannya terdaftar di Bappebti dan diawasi OJK.

Jika investasi emas fisik memiliki risiko emasmu hilang dicuri, maka risiko investasi emas digital adalah ketika platform tempat kamu berinvestasi bermasalah. Maka sebelum berinvestasi, baca dengan baik ya syarat dan ketentuannya.

Investasi emas juga merupakan investasi jangka panjang. Kamu tidak bisa berharap keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Jadi ketika harga emas turun jangan dulu panik dan menjual emasmu. Naik turunnya harga emas adalah hal yang wajar. Pelajari lebih jauh tentang cara berinvestasi jangka panjang ya.

Cara Memulai Investasi Emas Digital

Berikut langkah-langkah yang dapat kamu ambil sebelum melakukan investasi emas digital.

1. Lakukan riset berbagai platform

Saat ini banyak platform yang menawarka n investasi emas digital. Kamu bisa melakukan perbandingan untung-ruginya masing-masing platform disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Apakah transaksinya mudah, apakah harganya cukup bersaing, hingga keuntungan tambahan yang ditawarkan seperti cashback atau kupon belanja sebagai bonus. Kamu juga bisa membaca review dan rating dari platform-platform tersebut. Jangan lupa cek dulu apakah perusahaannya terdaftar di Bappebti dan diawasi OJK.

2. Kenali jenis investasi emas yang akan kamu pilih

Ada beberapa jenis investasi emas yang dilakukan secara online. Menabung emas, jual-beli emas, atau konsinyasi emas. Masing-masing memiliki risiko dan prosedur yang berbeda. Pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu.

3. Rencanakan investasi

Berapa jumlah dana yang akan kamu sisihkan untuk investasi emas digital menjadi kunci keberhasilan investasimu. Pertama tentukan dulu tujuan investasi kamu, berapa hasil investasi yang dibutuhkan, dan bagaimana kamu bisa mencapainya. Lakukan investasi dengan bijak dan sesuai kemampuan kamu ya. Jangan berutang untuk investasi. Investasi sedikit tapi rutin dilakukan juga cara yang bijak untuk mengelola keuangan

Zaman serba digital ini memang semakin membuka jalan untuk kemudahan bertransaksi. Investasi emas digital adalah alternatif cara investasi emas untuk kamu yang suka kepraktisan dan ingin segera memulai investasi dengan modal yang minim.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments