Memahami Apa itu Hindsight Bias dan Cara Mengatasinya

Pernahkah kamu merasa seolah-olah kamu dapat memprediksi sesuatu setelah peristiwa tersebut terjadi? 

Misalnya, kamu sudah mengetahui dari dulu bahwa perusahaan A berpotensi menghasilkan laba dan saham perusahaan tersebut akan melonjak, dan seharusnya kamu punya saham di perusahaan tersebut sedari awal. 

Namun setelah kamu berinvestasi di perusahaan tersebut, saham yang kamu beli malah turun dan akhirnya kamu menyerah. Nah, itulah yang disebut dengan hindsight bias dan akan kita bahas di Personal Finance kali ini.


Apa itu Hindsight Bias?

Hindsight bias adalah kecenderungan manusia untuk melihat sebuah peristiwa sebagai sesuatu yang seharusnya dapat diprediksi atau diketahui sebelumnya setelah peristiwa tersebut terjadi.

Hindsight bias ini dapat menyebabkan overconfidence atau keyakinan yang berlebihan terhadap kemampuan memprediksi hasil di masa depan. Dampaknya, hindsight bias ini dapat mempengaruhi kondisi keuangan kamu, terutama ketika berinvestasi. 

Investor yang terpengaruh hindsight bias mungkin mengambil risiko lebih besar di masa depan karena merasa yakin bahwa mereka dapat dengan mudah meramalkan peristiwa dan hasil. Hal ini dapat menyebabkan keputusan investasi yang tidak seimbang dan kurang hati-hati.


Cara Mengatasi Hindsight Bias

Mengatasi hindsight bias dapat menjadi tantangan, tetapi ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk mengurangi dampaknya. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi hindsight bias:

1. Pertimbangkan hal yang tidak terjadi

Misalnya, kamu menjual saham yang turun dari harga beli, pertimbangkan semua alternatif yang mungkin terjadi yang dapat membuat harga investasi tersebut naik. 

Dengan memikirkan berbagai skenario alternatif dan sudut pandang, hasil sebenarnya akan terlihat dapat diprediksi. 

Hal ini membantu mengurangi hindsight bias dan memungkinkan seseorang untuk lebih objektif dalam mengevaluasi keputusan masa lalu.

2. Catat Prediksi dan Pertimbangan

Saat membuat prediksi atau mengambil keputusan, catatlah semua pertimbangan, informasi dan alasan dibalik keputusan yang kamu buat tersebut. 

Ini dapat membantu melihat kembali pemikiran dan informasi yang ada pada saat itu tanpa terpengaruh oleh pengetahuan yang baru. Tujuannya adalah agar kamu tidak menyalahkan diri sendiri ketika hasil yang kamu dapat tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Memahami hindsight bias menyadarkan individu tersebut akan pentingnya mengambil keputusan dengan objektif dan membantu seseorang membuat keputusan yang lebih baik di masa depan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments