Avatar

Sekar

PUBLISHED ON AUGUST, 31 2022 reading time clock 5 Mins Read

Apa itu KUR dan Bagaimana Cara Mengajukannya? Yuk, Catat!

Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk memudahkan UMKM dalam mendapatkan pembiayaan atau modal usaha. Dalam mendukung program tersebut, pemerintah memberikan kredit atau pinjaman yang disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan. Apa itu KUR dan bagaimana cara mengajukannya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu KUR?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, KUR adalah kredit atau pinjaman yang diperuntukkan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM, baik individu atau perseorangan maupun badan usaha dan atau kelompok usaha yang memiliki usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan. Dana yang disalurkan seratus persen milik Bank atau Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) penyalur KUR dan pemerintah memberikan subsidi berupa bunga dan pola penjaminan.


Tujuan dari program KUR ini adalah untuk meningkatkan kapasitas daya saing UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan penyerapan tenaga kerja serta mengurangi angka kemiskinan. UMKM yang difokuskan untuk diberikan KUR bergerak di sektor usaha seperti pertanian, perikanan dan kelautan, industri pengolahan, perdagangan, perindustrian kehutanan dan jasa keuangan simpan pinjam. Adapun kriteria penerima KUR yang diprioritaskan yaitu:

Bagaimana Cara Mengajukan KUR?

Kredit atau pinjaman yang diberikan bersumber dari dana perbankan atau lembaga keuangan yang merupakan penyalur KUR. Beberapa lembaga keuangan yang menyalurkan KUR antara lain adalah BRI, BNI dan Bank Mandiri. Simak syarat pengajuan KUR di BRI, BNI dan Bank Mandiri berikut ini.

Cara Mengajukan KUR BRI

BRI menawarkan Kredit Usaha Rakyat dengan maksimal pinjaman hingga Rp 50 Juta dengan suku bunga ringan 6 persen per tahun. Pilihan jangka waktu yang ditawarkan pun fleksibel yaitu 12, 18, dan 24 bulan dan bebas biaya administrasi dan provisi. Berikut ini adalah syarat pengajuan KUR BRI

Pengajuan KUR BRI dapat dilakukan secara online maupun offline. Di bawah ini adalah cara mengajukan BRI secara online


Sedangkan pengajuan KUR BRI secara offline dapat langsung datang ke kantor cabang dengan membawa berkas syarat KUR BRI. Selanjutnya, petugas akan membantu proses pengajuan KUR BRI.

Cara Mengajukan KUR BNI

Selanjutnya, Bank BNI juga menawarkan Kredit Usaha Rakyat melalui dua jenis produknya yaitu KUR Super Mikro dan KUR Mikro. KUR Super Mikro memiliki plafond pinjaman hingga Rp 10 Juta, sedangkan untuk KUR Mikro pinjamannya adalah Rp 10 Juta hingga Rp 50 Juta. Adapun syarat pengajuan KUR BNI yaitu

Berikut ini adalah cara mengajukan KUR BNI secara online


Sedangkan untuk mengajukan KUR BNI secara offline, Anda dapat mengikuti cara-cara berikut ini

Cara Mengajukan KUR Mandiri

Selain BRI dan BNI, Bank Mandiri pun juga menawarkan program KUR. Terdapat 5 jenis Kredit Usaha Rakyat Bank Mandiri.


Pertama, KUR Super Mikro, dengan limit kredit maksimal sampai dengan Rp 10 Juta per debitur dan jangka waktu maksimal 3 tahun untuk kredit modal kerja dan maksimal 5 tahun untuk kredit investasi.


Kedua, KUR Mikro, limit kredit yang diberikan di atas Rp 10 Juta hingga Rp 50 Juta per debitur dan jangka waktu maksimal 3 tahun untuk kredit modal kerja, sedangkan untuk kredit investasi maksimal adalah 5 tahun.


Ketiga, KUR Kecil dengan limit kredit di atas Rp 50 Juta hingga Rp 500 Juta dengan jangka waktu maksimal 4 tahun untuk kredit modal kerja dan 5 tahun untuk kredit investasi.


Keempat, KUR Penempatan TKI. KUR Penempatan TKI menawarkan kredit hingga Rp 25 Juta dengan jangka waktu paling lama sama dengan masa kontrak kerja dan tidak melebihi jangka waktu paling lama tiga tahun.


Kelima, KUR Khusus menawarkan limit kredit hingga Rp 500 Juta yang diberikan kepada kelompok yang dikelola bersama dalam bentuk klaster dengan menggunakan mitra usaha untuk komoditas perkebunan rakyat dan peternakan rakyat serta perikanan rakyat, industri UMKM. Jangka waktu KUR Khusus hingga 4 tahun untuk kredit modal kerja dan maksimal 5 tahun untuk kredit investasi.


Berikut adalah syarat pengajuan KUR Mandiri


Apabila Anda ingin mengajukan KUR Penempatan TKI, di bawah ini adalah syarat pengajuannya


Adapun pengajuan KUR Bank Mandiri dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini


Demikianlah penjelasan mengenai apa itu KUR dan panduan mengenai cara pengajuan KUR di BRI, BNI dan Mandiri. Apabila Anda sedang berencana untuk mengajukan kredit usaha, Anda dapat mengikuti panduan-panduan di atas baik secara online ataupun datang langsung ke kantor cabang terdekat.