Buruan Cek, Berikut Ide-ide Bisnis Potensial di 2023

Memiliki bisnis sendiri memang dapat memberikan reward tersendiri bagi pemiliknya. Apalagi kalau bisnisnya sudah menghasilkan keuntungan. Rasa bersyukur dan nikmatnya menjadi berkali-kali lipat. Nah, apakah kamu sedang mencari ide potensi bisnis 2023? Jika iya, kamu sedang membaca artikel yang tepat nih. Karena kita akan membahas potensi bisnis yang bisa bantu kamu kumpulkan cuan lebih banyak. Yuk, kita simak bersama ya!

Bisnis Online

Bagi kamu yang memiliki resources terbatas untuk membuka bisnis offline, jangan khawatir. Banyak ide bisnis 2023 tetap menjanjikan meski dijalankan secara online. Selain praktis karena kamu tidak perlu mengurus toko, kamu juga memulai beberapa bisnis sekaligus. Misalnya kamu bisa berjualan produk kamu sekaligus menjadi dropshipper atau affiliate marketer. Sekali dayung, dua tiga sumber cuan terlampaui.

Jualan di E-commerce

Opsi pertama yang bisa kamu pilih untuk ide bisnis online di tahun 2023 adalah berjualan di platform e-commerce. Kamu bisa membuka toko online kamu sendiri. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan survey terhadap produk yang memiliki high demand. Setelah itu, kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk memilih akses untuk terhubung ke supplier.

Dalam mencari supplier, ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih. Pertama adalah mencari offline supplier. Artinya, kamu membeli produk dari offline supplier dan menyiapkan stock untuk kemudian kamu pasarkan di toko kamu. Cara kedua adalah dengan menjadi dropshipper. Opsi ini terbilang lebih praktis karena kamu dapat memiliki beberapa supplier sekaligus. Selain itu, semakin banyak supplier yang kamu miliki, maka akan semakin banyak varian produk. Tentunya hal ini akan menjadi nilai tambah bagi toko kamu.

 

Kamu juga bisa menggabungkan kedua cara ini dengan mempertimbangkan margin keuntungan yang bisa dihasilkan. Kuncinya adalah, be creative to reach the source of ‘cuan’ in the platforms!

SaaS

bisnis SaaS ini merupakan bisnis berbasis cloud dan kamu tidak perlu download software di komputer ataupun jaringan bisnis kamu. Kamu bisa menggunakan browser internet untuk mengaksesnya.
Bisnis SaaS ini semakin banyak digandrungi karena tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar dan juga memudahkan pelaku usaha untuk memantau alur bisnisnya dengan lebih mudah.

Bisnis Offline

Bagi kamu yang ingin membuka bisnis offline, tentunya ada beberapa pilihan yang bisa kamu ambil. Berbisnis offline tentunya memiliki keuntungan dan kerugiannya sendiri, ya.
Keuntungannya adalah kamu dapat merasakan dan melihat secara langsung bagaimana bisnis kamu berjalan. Interaksi secara langsung pun otomatis akan memberikan sensasi yang berbeda dengan berjualan online.

Lalu, apa saja pilihan yang bisa kamu pilih nih, untuk memulai bisnis offline?

Franchise

Bisnis model ini semakin populer setiap tahunnya. Alasannya karena akses yang dapat menarik peminat dari segala level. Bahkan dengan bermodalkan kurang dari lima juta rupiah, kamu sudah bisa memiliki bisnis franchise kamu sendiri, lho.

 

Keuntungan dari bisnis franchise ini adalah adanya dukungan dari tim pusat. Bantuan ini mencakup akses terhadap bahan pokok, resep, SDM, hingga Teknik pemasaran. Opsi ini cocok untuk kamu yang ingin mencoba membangun bisnis untuk pertama kali.

Kemitraan

Selanjutnya adalah bisnis dengan model usaha berupa kemitraan. Dalam menjalankan bisnis ini, posisi kamu dan partner adalah sebagai mitra usaha. Artinya, dalam menjalankan bisnisnya, kalian akan memiliki peran dan tanggung jawab yang sama besar.

Penting untuk mengevaluasi terlebih dahulu kekuatan dan kelemahan pribadi kamu dan juga calon mitra kamu, ya. Dengan begitu, kalian dapat berdiskusi dan menentukan peran dan tanggung jawab dengan baik dalam menjalankan bisnis bersama.

Pertanian/Perkebunan

Apakah kamu memiliki area untuk bercocok tanam dan memiliki hobi berkebun? Saat ini juga sedang trending menjual hasil kebun sendiri, lho!
Potensi market untuk bisnis ini biasanya dimulai dari orang-orang sekitar. Seperti teman kantor, komunitas, ataupun grup lainnya. Keuntungan dari ide bisnis ini adalah kamu juga dapat menyebarkan misi berupa awareness tentang asal muasal bahan makanan yang akan kita konsumsi. Seru, ya.

Grooming Hewan

Peluang bisnis terakhir adalah bisnis untuk grooming hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Jasa ini termasuk memandikan dan juga memotong bulu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan owner.

 

Bisnis ini terbilang unik dan memiliki potential customer yang cukup spesifik. Para groomers juga sebaiknya dibekali ilmu dari training khusus agar dapat meningkatkan kredibilitas dan juga mendapatkan kepercayaan customers.

 

Soal cuan, jangan khawatir, karena pada umumnya pemilik hewan peliharaan tidak segan untuk merogoh kantong mereka demi kecantikan hewan peliharaan kesayangan mereka.

Begitulah pilihan ide peluang bisnis 2023 yang dapat kamu pilih sesuai dengan minat dan kemampuan kalian ya. Sahabat cuan pastinya akan tertarik untuk segera memulai bisnis di 2023 ini. Jadi, bisnis apa yang kira-kira cocok untuk kamu?

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments