Avatar

Sekar

PUBLISHED ON OCTOBER, 24 2022 reading time clock 5 Mins Read

Yuk, Kenali Lebih Dekat Seputar Asuransi Unit Link

Memiliki asuransi menjadi aspek penting di kehidupan agar perlindungan jiwa dan kesehatan di masa mendatang sudah terjamin. Hal ini karena asuransi akan sangat berguna dalam menghadapi risiko yang belum terjadi di masa depan. Salah satu faktor penting yang dirasakan ketika sudah memiliki asuransi adalah Anda akan jauh merasa lebih tenang karena tidak perlu khawatir akan biaya-biaya yang timbul akibat harus menanggung biaya perawatan rumah sakit atau lainnya.

Setiap jenis asuransi memberikan manfaat dan keuntungan yang berbeda-beda. Maka, ada baiknya sebelum membeli produk asuransi, pahami terlebih dahulu jenis, manfaat, hingga risiko dari produk yang akan dibeli agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari. Ada berbagai macam jenis asuransi seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi kecelakaan, asuransi hari tua, dan masih banyak lagi.

Salah satu jenis asuransi yang paling diminati oleh banyak orang terutama semenjak pandemi Covid-19 berlangsung adalah asuransi unit link. Yuk, kenali lebih dekat seputar asuransi unit link.

Apa itu asuransi unit link?

Pasti banyak dari kalian yang sudah pernah mendengar tentang asuransi unit link. Namun, tidak sedikit pula orang awam yang masih belum mengetahui terkait jenis asuransi ini. Asuransi unit link adalah produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi dan memberikan dua manfaat sekaligus dalam satu polis. Dua manfaat tersebut yaitu manfaat perlindungan dan manfaat investasi yang akan menambah aset.

Nantinya, premi yang dibayarkan akan diinvestasikan ke dalam instrumen investasi sesuai yang diinginkan agar memperoleh imbal hasil yang maksimal. Tentunya, manfaat investasi yang ditawarkan produk ini memiliki risiko sesuai dengan jenis investasi yang dipilih. Asuransi jenis ini berbeda dengan asuransi tradisional yang hanya menawarkan perlindungan.

Asuransi unit link sendiri juga memiliki berbagai macam jenis berdasarkan penempatan dana investasinya. Pertama, unit link pasar uang (cash fund unit link). Jenis unit link ini menempatkan seluruh dana investasinya di instrumen pasar uang seperti deposito berjangka dan surat utang yang berjangka kurang dari satu tahun. Jenis unit link ini cocok untuk orang yang tidak berani mengambil risiko yang besar. Kedua, unit link pendapatan tetap (fixed income unit link). Jenis unit link pendapatan tetap menempatkan porsi dana investasi yang dikelola minimal delapan puluh persen di instrumen surat utang atau obligasi, dan selebihnya di instrumen pasar uang. Risiko jenis unit link ini lebih tinggi daripada unit link pasar uang dengan imbal hasil yang lebih tinggi pula. Jenis unit link pendapatan tetap cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan imbal hasil yang relatif stabil.

Ketiga, unit link campuran (managed fund unit link). Jenis unit link campuran ini menempatkan porsi dana investasi di berbagai instrumen seperti saham, surat utang, dan pasar uang. Jenis unit link ini cocok untuk orang yang ingin memperoleh pendapatan memadai sekaligus peluang investasi jangka panjang. Terakhir, unit link saham (equity fund unit link). Jenis unit link saham menempatkan portofolio pada saham minimal delapan puluh persen dan umumnya memberikan potensi imbal hasil yang lebih tinggi. Jenis unit link ini cocok untuk orang yang mengharapkan hasil investasi yang tinggi dan terbiasa dengan risiko tinggi pula.

cara-bebas-dari-utang

Keuntungan Asuransi Unit Link

Setelah mengetahui apa itu asuransi unit link, Anda juga pasti ingin tahu apa saja keuntungan-keuntungan yang ditawarkan dari jenis asuransi ini. Di bawah ini adalah keuntungan memiliki asuransi unit link.

Manfaat proteksi

Keuntungan yang akan didapat dari memiliki asuransi unit link adalah manfaat proteksi. Apabila terjadi suatu risiko kerugian yang disebabkan oleh risiko kematian, maka manfaat asuransi ini akan dibayarkan.

Manfaat investasi

Selain mendapatkan manfaat proteksi, asuransi unit link juga memberikan manfaat investasi yang akan menambah aset sekaligus dalam satu polis. Pasalnya, premi yang dibayarkan oleh pemegang polis akan dialokasikan ke biaya-biaya seperti biaya akuisisi, biaya asuransi dan administrasi untuk membayar perlindungan setiap bulannya serta ke dalam dana instrumen keuangan seperti saham, obligasi, reksa dana, dan deposito baik di pasar modal maupun pasar uang.

Fleksibel karena dapat menambah manfaat

Keuntungan lainnya dari asuransi unit link adalah Anda dapat menambah manfaat kesehatan atau rider jika Anda merasa manfaat perlindungan yang ditawarkan masih kurang.

Jangka waktu pertanggungan yang panjang

Masa pertanggungan asuransi unit link mencapai hingga usia 99 tahun. Berbeda dengan asuransi jenis lainnya yang hanya memiliki masa pertanggungan mencapai batas usia 65 hingga 90 tahunan, lebih pendek jika dibandingkan dengan asuransi unit link.

Fasilitas cuti premi

Apabila di kemudian hari Anda sebagai pemegang polis mengalami kendala dalam membayar premi, maka Anda dapat memanfaatkan fasilitas cuti premi. Untuk menjaga polis tetap aktif, hasil dari investasi ini akan digunakan untuk mengganti atau membayar premi saat Anda tidak dapat membayar.

Kekurangan Asuransi Unit Link

Setelah mengetahui keuntungan yang akan didapat dari asuransi unit link, ada baiknya Anda juga memahami kekurangan dari jenis asuransi ini. Pertama, pemegang polis tidak dapat melacak kemana dananya diinvestasikan dan biaya apa saja yang harus dikeluarkan ketika memilih jenis instrumen investasi. Kedua, investasi dalam unit link tidak menghasilkan pertumbuhan yang maksimal karena biaya tinggi yang timbul dari pembelian unit link ini. Untuk meraih investasi yang optimal, diperlukan waktu yang cukup lama.

Siapa yang harus memiliki jenis asuransi ini?

Produk asuransi unit link ini jika dilihat dari penjelasan sebelumnya, maka produk asuransi jiwa unit link ini cocok untuk:

Demikianlah penjelasan seputar asuransi jiwa unit link beserta keuntungan, kekurangan hingga orang-orang yang cocok untuk memiliki jenis ini. Sebaiknya, sebelum membeli produk asuransi, pastikan Anda sudah mempelajari jenis asuransi tersebut dan sesuai dengan kebutuhan Anda.