Kenali Macam-Macam Aset dan Dampaknya Terhadap Net Worth

Personal Finance kali ini kita akan membahas macam-macam aset, pro dan kontra dari memiliki aset tersebut hingga dampaknya terhadap kekayaan yang kamu punya. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Macam-Macam Aset

Beberapa aset yang paling umum dimiliki oleh banyak orang adalah yaitu uang tunai, investasi, kendaraan dan properti, baik itu rumah ataupun apartemen. 

1. Uang Tunai

Uang tunai dapat berupa uang fisik, saldo yang berada di rekening tabungan, serta jumlah uang yang belum diinvestasikan. Uang tunai merupakan salah satu aset likuid yang dapat dengan mudah ditukar dengan barang ataupun layanan. 

Namun, uang tunai sendiri sebetulnya tidak mengalami peningkatan nilai. Bahkan, uang tunai cenderung kehilangan nilainya dari waktu ke waktu karena adanya inflasi, terminologi yang digunakan ketika harga barang dan jasa mengalami kenaikan secara terus-menerus dan umumnya menyebabkan daya beli mata uang menurun.

2. Investasi

Investasi terdiri dari berbagai bentuk seperti saham, obligasi dan reksa dana. Tujuan utama dari investasi adalah untuk mengalokasikan aset dengan cara yang dapat memperoleh keuntungan di masa depan. 

Investasi adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan kekayaan kamu. Seberapa cepat dan mudahnya investasi ditukar dengan uang tunai juga bervariasi tergantung risiko dan potensi keuntungannya. Semakin tinggi potensi keuntungan, umumnya semakin tinggi pula risikonya. 

3. Kendaraan Pribadi

Aset paling umum lainnya yang dimiliki banyak orang adalah kendaraan pribadi, baik itu mobil ataupun motor. Punya kendaraan pribadi tentunya memudahkan penggunanya menjadi lebih praktis untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Namun, kendaraan pribadi cenderung kehilangan nilainya atau depresiasi dari waktu ke waktu. 

4. Properti

Rumah atau apartemen adalah salah satu aset yang juga umum dimiliki banyak orang. Properti berpotensi mengalami apresiasi atau kenaikan nilai ataupun harga dari waktu ke waktu. 

Memiliki rumah umumnya adalah aset yang paling besar dibanding aset-aset lainnya, namun juga menjadi faktor paling besar liabilitas atau kewajiban finansial yang harus dibayar seseorang. 

Karena properti berpotensi mengalami apresiasi, maka rumah yang kamu punya akan memiliki nilai yang lebih di masa depan. Cicilan KPR kamu pun juga akan berkurang. Hal tersebut berpotensi meningkatkan jumlah kekayaanmu. 

Itulah penjelasan mengenai macam-macam aset dan dampaknya terhadap net worth kamu. Sebagian aset bisa meningkatkan nilai jualnya seperti rumah dan instrumen investasi. Namun, ada juga aset yang bisa kehilangan nilainya seperti mobil. Selain itu, nilai aset juga bisa fluktuasi tergantung pasar saham dan pasar properti. 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments