Memahami Apa itu Confirmation Bias dan Cara Mengatasinya

Pernahkah kamu berpikir ketika temanmu tidak membalas whatsapp atau mengangkat telpon artinya ia sedang marah denganmu? 

Tidak membalas pesan belum tentu artinya seseorang sedang marah denganmu, bisa saja ia sedang sibuk dan tidak sempat membalas. Namun jika kamu sempat berpikir demikian, maka kamu mengalami yang disebut dengan confirmation bias. 

Nah, di Personal Finance kali ini kita akan membahas apa itu confirmation bias, dampaknya terhadap pengambilan keputusan keuangan dan cara mengatasinya. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!


Apa itu Confirmation Bias?

Confirmation bias adalah kecenderungan manusia untuk mencari, menginterpretasi dan mengingat informasi yang memperkuat keyakinan yang sudah ada. 

Confirmation bias ini dapat menyebabkan pengambilan keputusan keuangan yang tidak objektif karena kamu akan mencari informasi dan bukti yang menegaskan keyakinanmu. Sehingga, kemungkinan besar kamu akan melewatkan informasi penting.

Contoh confirmation bias dapat ditemukan dalam banyak aspek kehidupan, termasuk investasi. Terpengaruh confirmation bias dalam berinvestasi bisa menjadi masalah karena kamu akan mencari semua informasi yang mendukung pilihan investasi dan mengabaikan data-data yang ada.

Misalnya, seorang teman yang senang berinvestasi memberitahu kepada kamu ada suatu perusahaan yang akan meluncurkan produk baru dan berpotensi membuat harga saham naik. Berdasarkan informasi tersebut, kamu tertarik untuk membeli sahamnya selagi harga saham masih murah. 

Lalu, kamu melakukan riset mengenai perusahaan tersebut. Walaupun melihat artikel yang memberitakan perusahaan tersebut sedang mengalami masalah finansial dan mungkin akan bangkrut, kamu hanya membaca artikel yang mendukung keputusan kamu membeli saham di perusahaan tersebut. 

Merasa yakin, kamu memutuskan untuk membeli saham dengan semua uang yang kamu punya sebelum perusahaan tersebut dinyatakan bangkrut dan kamu kehilangan semua uang yang kamu punya. 

Itulah cara kerja confirmation bias yang dapat mempengaruhi keputusan finansial yang kita buat.


Cara Mengatasi Confirmation Bias

Confirmation bias sering terjadi tanpa kita sadari. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir pengaruh confirmation bias dalam pengambilan keputusan keuangan. 

Pertama, memahami dengan baik confirmation bias dan cara kerjanya. Dengan begitu, kamu menjadi lebih kritis terhadap informasi yang kamu terima dan mempertanyakan sumber informasi dan mengevaluasi semua bukti yang ada.

Cara kedua untuk meminimalisir terjadinya confirmation bias dan dampaknya pada keuangan yakni cobalah untuk merefleksikan keputusan masa lalu dan tanyakan pada diri sendiri apakah kamu membuat keputusan yang sama.

Selain itu, kumpulkan informasi dari berbagai sumber yang independen dan objektif agar perspektif yang didapat lebih luas.

Penting untuk diingat bahwa confirmation bias bersifat alami dalam kehidupan sehari-hari. Namun, kesadaran diri dan kemauan untuk mempertimbangkan berbagai perspektif dapat membantu mengurangi dampaknya dalam pengambilan keputusan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments