Memahami Net Worth dan Mengapa Itu Penting

Istilah net worth mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Net worth adalah istilah yang mengacu pada nilai kekayaan seseorang dan juga membantu mengetahui kesehatan finansial orang tersebut. 

Di Personal Finance kali ini kita akan mencoba memahami bagaimana keputusan finansial yang kamu buat selama ini berdampak pada net worth.


Apa itu Net Worth?

Net worth atau kekayaan bersih adalah total nilai kekayaan yang dimiliki seseorang dengan menjumlahkan semua aset yang dimiliki, seperti uang tunai, properti atau investasi, dan menguranginya dengan total utang yang dimiliki.

Misalnya, kamu memiliki aset yang terdiri dari uang tunai dan tabungan sebesar Rp 100 juta dan investasi sebesar Rp 50 juta, maka total aset yang kamu miliki adalah Rp 150 juta. Namun, kamu punya utang kartu kredit sebesar Rp 30 juta. Maka net worth kamu adalah sebesar Rp 120 juta. 

Semakin tinggi nilai net worth kamu, maka semakin besar pula kekayaan bersih yang kamu miliki.


Dampak Keputusan Finansial Bagi Net Worth

Keputusan finansial memiliki peranan penting dalam membentuk net worth seseorang. Setiap keputusan finansial, baik itu pengeluaran, investasi, utang atau tabungan dapat secara langsung ataupun tidak langsung mempengaruhi net worth. 

Misalnya, kamu memutuskan untuk membeli furniture dengan kartu kredit. Maka, dampak dari keputusan finansial tersebut adalah aset kamu akan bertambah, begitupun juga dengan utang kamu. 

Contohnya lainnya, misal kamu menggunakan kartu kredit untuk pergi liburan dan menghabiskan biaya sebanyak Rp 10 juta. Maka, total utang bertambah dan net worth kamu berkurang sebanyak Rp 10 juta.


Cara Meningkatkan Net Worth

Untuk meningkatkan net worth, maka diperlukan pengelolaan keuangan yang bijak. Berikut adalah beberapa langkah efektif yang bisa membantu meningkatkan net worth:

  • Prioritaskan untuk membayar utang untuk mengurangi beban utang
  • Hindari utang yang tidak perlu
  • Menabung secara rutin
  • Alokasikan sebagian pendapatan untuk investasi

Net worth mengukur seberapa besar kekayaan bersih yang dimiliki seseorang dan bisa menjadi panduan untuk mencapai keberhasilan finansial jangka panjang. 

Tidak perlu khawatir apabila jumlah utang kamu lebih besar daripada total aset yang kamu punya, yang terpenting saat ini adalah fokus untuk meningkatkan net worth kamu dengan cara-cara di atas.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments