Pola Pikir Manusia yang Mempengaruhi Pengelolaan Keuangan

Pernahkah kamu membuat keputusan keuangan yang sebetulnya kamu tahu itu tidak baik namun tetap kamu lakukan? Kenapa, ya, hal tersebut bisa terjadi? 

Nah, di Personal Finance kali ini, kita akan membahas faktor lingkungan keluarga dan perilaku kita waktu kecil terhadap uang bisa mempengaruhi perilaku keuangan kita hingga saat ini.

Tanpa disadari, setiap individu pasti punya keyakinan atau narasi tentang uang, terutama yang berkaitan dengan keyakinan negatif atau tidak sehat. Keyakinan tersebut dalam psikologi keuangan biasa disebut dengan money script. Money script ini telah tertanam dalam pikiran seseorang sejak kecil dan biasanya juga dipengaruhi oleh lingkungan keluarga. 

Keyakinan terhadap uang ini dapat mempengaruhi cara seseorang mengelola keuangan dan pengambilan keputusan yang berhubungan dengan uang tanpa ia sadari. Contohnya apakah mereka pintar menabung, berinvestasi atau menghindari utang. 

Oleh karena itu, memahami money script pribadi dapat membantu kita mengenali pola perilaku keuangan yang tidak sehat dan harapannya bisa mengubah keyakinan tersebut. Sehingga, di kemudian hari kita bisa merencanakan strategi keuangan yang lebih efektif dan membuat keputusan keuangan yang lebih bijak. 

Jenis-Jenis Money Scripts

Yuk, pahami jenis-jenis money scripts di bawah ini:

1. Money Avoidance

Orang yang memiliki keyakinan money avoidance adalah jenis orang yang cenderung menghindari urusan yang berhubungan dengan uang. 

Mereka cenderung melihat kekayaan sebagai sesuatu yang buruk dan tidak pernah memikirkan bagaimana merencanakan keuangan untuk masa depan, misalnya tidak membuat anggaran, tidak menabung, atau menghindari perencanaan keuangan untuk jangka panjang. 

2. Money Worship

Jenis yang kedua yakni money worship. Orang yang memiliki keyakinan ini percaya bahwa uang adalah kunci untuk mencapai kebahagiaan dan merupakan sebuah solusi dari suatu masalah. 

Orang dengan keyakinan ini akan terus mencari cara untuk mengejar kekayaan materil dan tidak pernah merasa cukup terhadap aset yang dimiliki. Money worship ini bisa berdampak negatif pada kehidupan seseorang, termasuk kesehatan mental ataupun hubungan sosial.

3. Money Status

Money status adalah pola perilaku keuangan di mana seseorang mengukur nilai diri mereka dan orang lain berdasarkan seberapa banyak uang atau kekayaan materi yang dimiliki. 

Sehingga, orang dengan jenis money script ini akan terus berusaha untuk menunjukkan kekayaan atau flexing, contohnya dengan membeli mobil atau smartphone terbaru. Oleh sebab itu, orang dengan keyakinan money status cenderung memiliki perilaku keuangan yang buruk.

4. Money Vigilance

Jenis money script yang terakhir yakni money vigilance. Orang dengan keyakinan ini sadar betapa pentingnya menabung untuk masa depan sehingga cenderung berhati-hati dan waspada dalam mengelola uang. Oleh sebab itu, biasanya orang dengan money vigilance kurang bisa mengoptimalkan kekayaannya karena khawatir terhadap potensi risiko keuangan.

Orang dengan money vigilance juga cenderung menganggap keuangan adalah hal yang pribadi. Sehingga, mereka tidak suka berbicara tentang uang atau membagikan informasi keuangan mereka kepada orang lain. 

Memahami money script sedini mungkin adalah langkah awal penting dalam mencapai kondisi keuangan yang lebih baik. Kedepannya setelah memahami money script ini, kamu bisa mengambil langkah-langkah untuk mengubah pola yang merugikan dan membangun kebiasaan yang lebih sehat.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments