Strategi dan Cara dalam Menentukan Ide Bisnis yang Ideal

Banyak orang ingin mendirikan bisnis karena peluangnya yang sangat menjanjikan. Namun, dibalik itu, menjalankan bisnis bukanlah hal yang mudah. Menjalankan suatu bisnis tentunya membutuhkan perencanaan yang matang. Tidak hanya membutuhkan modal yang cukup, sebelum menjalankan bisnis, kamu juga perlu memikirkan sebuah ide bisnis yang ideal agar bisnis kamu mencapai kesuksesan.
Ide bisnis merupakan salah satu hal yang paling penting ketika ingin menjalankan usaha. Banyak orang yang gagal mewujudkan niat membangun usaha karena sulit menemukan ide bisnis yang cocok dan ideal serta tidak mengetahui bagaimana strategi menentukan ide bisnis yang tepat. Bahkan, ada yang sudah menjalankan bisnis namun tidak bertahan lama atau gagal karena dirasa ide bisnis yang dijalankan kurang cocok dan tidak memiliki peluang di pasaran.
Menentukan ide bisnis memang bukanlah hal yang mudah. Perlu berbagai strategi dan cara sampai akhirnya kamu bisa menemukan ide bisnis yang tepat. Lalu, bagaimana strategi dan cara menentukan ide bisnis yang ideal? SkorLife akan memberikan cara-cara yang bisa kamu lakukan dalam menentukan ide bisnis. Yuk, simak penjelasannya dibawah ini agar bisnis yang kamu ingin jalankan bisa berjalan dengan lancar.

strategi-dan-cara-dalam-menentukan-ide-bisnis-yang-ideal

Awali dari hobi atau hal yang disukai

Apabila kamu memiliki hobi atau hal yang digemari, hal tersebut bisa memberikan inspirasi ide untuk bisnis kamu, lho. Selain menyenangkan, hobi juga bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha untuk mendapatkan pendapatan yang menguntungkan apabila digeluti dengan tekun dan konsisten.

Mendirikan bisnis atas dasar hobi sendiri bisa menjadi poin tambahan bagi kamu karena kamu sudah memiliki pengetahuan terkait hobi tersebut. Ditambah lagi, kamu bisa menjalani bisnis dengan senang hati tanpa terasa beban. Sebagai contoh, kamu adalah seseorang yang gemar otomotif, terutama motor tua. Kamu bisa membuka bengkel service motor tua lengkap dengan suku cadang dan aksesorisnya. Hal ini bisa jadi peluang untuk kamu mendapatkan penghasilan yang menguntungkan mengingat banyaknya komunitas motor tua di Indonesia.

Temukan dari masalah yang sering kamu alami

Selain dari hobi, kamu juga bisa mendapatkan ide bisnis dari masalah yang sering kamu alami. Sebagai contoh, Gojek merupakan sebuah perusahaan rintisan yang menghadirkan solusi dari berbagai permasalahan yang ditemui di masyarakat. Salah satu solusi yang dihadirkan Gojek yakni GoFood, jasa antar jemput makanan.
Hadirnya GoFood merupakan sebuah solusi bagi kamu yang tidak ada waktu untuk memasak atau malas keluar rumah untuk membeli makanan. Dengan menggunakan layanan GoFood, kamu tentu dimudahkan di kehidupan sehari-hari. Kamu bisa menerapkan hal yang sama seperti Gojek, temukan masalah yang sering kamu alami, lalu carilah solusi yang bisa dijadikan sebuah ide bisnis yang menguntungkan.

Jelajahi passion mu

Selain dua cara diatas, kamu juga bisa mendapatkan ide bisnis berdasarkan passion. Apabila kamu menjalankan bisnis sesuai passion, tentunya kamu tidak akan pernah merasa bosan dan rasanya akan lebih mudah dan menyenangkan ketika menjalankannya. Kamu juga pastinya akan mengerjakan bisnis tersebut dengan sepenuh hati dan memberikan yang terbaik.
Pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui apa passion kamu. Ketahui lebih dalam dan cari tahu lebih banyak informasi yang berkaitan dengan passion kamu. Dengan begitu, kamu bisa memperkaya diri dan menjadikannya sebuah peluang bisnis. Misalnya, kamu memiliki passion dalam bidang kopi, maka kamu bisa memulai bisnis dengan mendirikan coffee shop. Contoh passion lainnya yang bisa dijadikan peluang bisnis adalah menulis. Apabila kamu memiliki ketertarikan di bidang menulis, maka kamu bisa memulai bisnis dengan menulis novel atau blog pribadi.

Riset

Melakukan riset dapat membantu kamu dalam menemukan ide bisnis yang tepat. Di zaman serba online seperti sekarang ini, kamu bisa melakukan riset di media sosial seperti TikTok, Instagram atau Twitter dan cari apa yang menarik untuk dijadikan bisnis yang menguntungkan dan memiliki unique selling point yang membedakan bisnis kamu dari bisnis lainnya.
Riset yang perlu kamu lakukan tidak hanya sebatas pada menemukan ide, namun juga riset mengenai kondisi pasar, target pasar, pesaing, serta cara memasarkannya untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Nantinya, riset ini akan membantu kamu dalam menyusun rencana bisnis dan menentukan strategi yang tepat. Sehingga, bisnis yang kamu jalankan bisa sukses.

Coba sesuaikan dengan tren

Selanjutnya, kamu bisa memanfaatkan tren yang sedang terjadi di lingkungan sekitar sebagai peluang bisnis. Namun perlu diingat, menjalankan bisnis dengan memanfaatkan tren yang sedang terjadi juga dilakukan oleh banyak orang, misalnya tren es kepal milo atau minuman boba yang banyak ditemui di mana-mana. Artinya, akan ada banyak pesaing menawarkan produk yang sama dengan kamu di pasaran. Hal ini nantinya, membuat kamu kesulitan dalam menentukan strategi yang tepat.
Namun tidak usah khawatir, kamu tetap bisa memanfaatkan tren dan menggabungkannya dengan ide awal kamu. Dengan begitu, produk yang kamu tawarkan akan berbeda dengan pebisnis lainnya.

Temukan ide bisnis dari pengalaman atau pekerjaanmu

Menemukan ide bisnis dari pengalaman bekerja juga bisa dijadikan cara untuk menentukan ide bisnis yang bagus. Apabila kamu memiliki pengalaman bekerja, kamu bisa mengambil ide dari business model yang dijalankan di tempat kamu bekerja sebelumnya. Kamu bisa menganalisa kelebihan dan kekurangan serta kendala yang dihadapi dalam bisnis tersebut. Setelah itu, kamu bisa mendirikan bisnis sendiri dengan menawarkan produk atau layanan yang tidak dimiliki oleh bisnis tersebut.
Itulah cara dan alur proses menentukan ide bisnis yang ideal yang bisa kamu lakukan sebelum menjalankan suatu usaha. Pada dasarnya, banyak ide di sekitar kamu yang dapat dijadikan peluang bisnis. Kamu hanya perlu menilai apakah ide tersebut bisa dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan atau tidak.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments