Tertarik di Dunia Kripto? Kenali Lebih Dekat Apa Itu Kripto

Cryptocurrency atau mata uang kripto menjadi topik yang ramai dibicarakan dalam beberapa tahun ke belakang. Investasi kini tidak hanya pada saham, emas, reksadana, dan properti.

Namun, banyak orang mulai berinvestasi di mata uang kripto sebagai instrumen investasi yang baru. Bahkan, banyak orang menilai investasi uang kripto lebih menguntungkan dibanding investasi saham, lho.

Penasaran apa itu kripto? Yuk, simak artikel ini untuk mengenal kripto lebih dekat.


Apa Itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency atau biasa dikenal kripto adalah mata uang digital atau virtual yang bisa digunakan sebagai bentuk pembayaran alternatif di pasar online layaknya uang tunai yang digunakan secara umum.

Mata uang kripto ini menggunakan sistem keamanan kriptografi yang dimana kriptografi itu sendiri merupakan sebuah metode untuk melindungi informasi dan saluran komunikasi melalui penggunaan kode. Sehingga, mata uang kripto tidak bisa dipalsukan atau dibelanjakan dua kali.

Berbeda dengan mata uang konvensional yang pengelolaannya berada dibawah otoritas tertentu, mata uang kripto tidak dikeluarkan oleh otoritas manapun.

Hal inilah yang membuat mata uang kripto menjadi populer. Penggunaan sepenuhnya dipegang dan diawasi oleh pemilik mata uang kripto itu sendiri tanpa adanya campur tangan pihak ketiga.

Transaksi menggunakan mata uang digital ini umumnya dilakukan secara peer-to-peer atau dari satu orang ke orang lainnya secara online.

Semua transaksi menggunakan mata uang kripto dicatat secara transparan dalam sistem jaringan blockchain, sistem penyimpanan atau bank data secara digital terhubung dengan kriptografi.


Cara Mendapatkan Mata Uang Kripto

Setelah mengetahui pengertian kripto, lalu bagaimana cara mendapatkan mata uang kripto? Berikut adalah beberapa cara apabila ingin mendapatkan kripto.

Menambang

Salah satu cara untuk mendapatkan kripto adalah dengan menambang atau mining. Menambang atau mining disini artinya proses memecahkan berbagai macam perhitungan matematika yang rumit untuk menambah blok baru dalam rangkaian sistem blockchain.

Apabila berhasil memecahkan perhitungan tersebut, maka kamu akan mendapatkan mata uang kripto sebagai imbalannya. Tentunya untuk menambang kripto ini, kamu memerlukan komputer dengan spesifikasi yang tinggi.

Pasalnya, semakin canggih komputer yang kamu miliki, maka kemungkinan kamu untuk memecahkan algoritma yang sulit akan semakin besar.

Faucet

Cara lain untuk mendapatkan kripto dengan gratis adalah dengan cara faucet. Faucet kripto merupakan situs, platform atau aplikasi untuk mendapatkan kripto gratis sebagai hadiah.

Cara kerjanya, kamu harus menyelesaikan beberapa tugas sederhana seperti menyelesaikan kuis, menonton iklan, bermain game, dan masih banyak lagi. Semakin banyak tugas yang diselesaikan, maka semakin banyak pula kripto yang bisa kamu terima dari situs tersebut.

Airdrops

Metode airdrops juga bisa kamu lakukan untuk mendapatkan mata uang kripto. Airdrop adalah kegiatan marketing dalam mempromosikan token atau koin milik platform baru.

Tujuannya untuk meningkatkan awareness terhadap produk baru tersebut dan pada akhirnya membeli token tersebut.

Afiliasi

Metode afiliasi di dunia kripto sama seperti afiliasi pada umumnya dalam dunia marketing. Kamu bisa mendapatkan kripto sebagai imbalan dengan cara menempatkan tautan referral di media sosial, blog, atau forum-forum untuk menarik pelanggan baru.

Apabila ada yang klik tautan kamu, maka kamu bisa mendapatkan mata uang kripto sebagai imbalannya.

Main game

Cara mendapatkan uang kripto secara gratis juga bisa didapat dengan bermain game online. Ada begitu banyak game online yang menawarkan mata uang kripto secara cuma-cuma.

Beberapa game diantaranya yaitu abundance, bitcoin aliens, bitcoin blast, alien run dan masih banyak lagi.


Jenis Mata Uang Kripto

Apabila kamu tertarik untuk melakukan perdagangan aset uang kripto, berikut adalah beberapa jenis mata uang kripto yang populer.

Bitcoin

Mata uang yang paling populer di dunia yakni Bitcoin yang diciptakan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama akun Satoshi Nakamoto.

Bitcoin ini merupakan mata uang kripto pertama yang muncul di dunia dan mendorong inventor lain menciptakan mata uang kripto lainnya. Bitcoin menguasai pasar kripto dan menjadi mata uang kripto termahal di dunia.

Ethereum

Ethereum merupakan suatu platform perangkat lunak terdesentralisasi yang juga menciptakan mata uang kripto sendiri yakni Ether (ETH). Ethereum memiliki kapitalisasi pasar terbesar kedua setelah bitcoin.

Tether

Jenis mata uang kripto yang nilai kapitalisasi pasarnya sudah mencapai $73 Miliar. Jenis mata uang kripto ini terbilang stabil dibanding mata uang kripto lainnya.

Sehingga, banyak orang yang menyarankan untuk memiliki mata uang kripto jenis Tether untuk para pemula di bidang kripto karena dampak kerugian yang cukup minim.

BNB

Binance (BNB) berasal dari perusahaan Binance, salah satu bursa kripto banyak trader di dunia yang biasa digunakan sebagai utility token.

Jenis mata uang kripto BNB ini juga merupakan salah satu yang populer di kalangan investor. Nilai pasar dari jenis mata uang kripto ini sudah mencapai lebih dari $96 Miliar.

Dogecoin

Jenis mata uang kripto Dogecoin ini awal mulanya hanyalah sebuah gurauan yang didirkan oleh Billy Marcus dan Jackson Palmer pada tahun 2013.

Dogecoin ini sering dipromosikan oleh Elon Musk sehingga banyak yang mengetahui jenis mata uang kripto ini. Biasa digunakan untuk bertransaksi dalam jumlah kecil, dan berdonasi.

Shiba Inu

Jenis mata uang kripto Shiba Inu berbasis Ethereum awalnya diluncurkan pada Agustus 2020 oleh akun anonim, Ryoshi. Shiba Inu merupakan meme koin yang aman dan terdesentralisasi. Masuk dalam jajaran kapitalisasi pasar teratas kripto.

Demikian penjelasan dari SkorLife mengenai apa itu kripto, cara mendapatkannya, dan jenis-jenis mata uangnya. Apakah kamu tertarik untuk berinvestasi pada mata uang kripto? Sebelum berinvestasi, ada baiknya kamu mempelajari kelebihan dan kekurangan dari kripto itu sendiri, ya!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments