Tips Mengatur Keuangan Bersama Pasangan

Mengelola keuangan bersama pasangan bukanlah hal yang mudah. Bahkan, keuangan menjadi salah satu penyebab yang paling sering memicu konflik karena hal tersebut merupakan hal yang krusial.

Mulai dari komunikasi yang buruk, tidak terbuka satu sama lain, hingga perbedaan dalam mengelola keuangan menjadi penyebab pasangan mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan mereka.

Di Personal Finance kali ini kita akan membahas langkah-langkah mengelola keuangan bersama pasangan agar bisa saling memahami perilaku satu sama lain. Sehingga, tujuan keuangan bersama dapat tercapai dengan mudah.

1. Ketahui money scripts kamu dan pasangan

Di seri personal finance #5 hingga #8, kami sudah kupas tuntas semua tentang money script. Money script adalah keyakinan kamu terhadap uang, dan setiap orang punya keyakinan berbeda-beda. Secara umum ada 4 money script:

Untuk bisa mengatur keuangan secara efektif dengan pasangan, kamu perlu paham dulu apa money script kamu dan pasangan, karena dengan begitu kamu akan tahu kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Mengetahui money scripts kamu dan pasangan dapat membantu memahami cara kamu dan pasangan berpikir tentang uang, cara mengelolanya, hingga pengalaman masa lalu mereka yang mempengaruhi keputusan keuangan hingga dewasa.

Oleh karena itu, mengetahui money scripts kamu dan pasangan merupakan langkah awal menuju kondisi finansial yang lebih terarah.

2. Ceritakan kebiasaan mengelola uang saat masih kecil

Pengalaman mengelola uang saat masih kecil tentunya mempengaruhi cara pandang seseorang tentang keuangan hingga saat ini. Ceritakan pengalaman kamu kepada pasangan agar ia lebih mengerti alasan dibalik keputusan finansial yang kamu buat.

Ajak pasangan melakukan hal yang sama agar kamu juga mengerti pengalamannya dalam mengelola uang saat masih kecil dan pada akhirnya mempengaruhi semua keputusan yang dibuat sampai sekarang.

3. Tentukan peranan masing-masing

Selanjutnya, kamu bisa membagi peranan masing-masing dalam mengelola keuangan sehari-hari. Misalnya, kamu bertanggung jawab untuk budgeting pengeluaran rumah, sedangkan pasangan bertanggung jawab dalam membayar tagihan bulanan.

Atau salah satu dari kalian dapat fokus pada perencanaan investasi jangka panjang, seperti menabung untuk pensiun atau mengelola portofolio investasi. Peranan ini dapat bervariasi sesuai dengan preferensi dan keahlian masing-masing.

Yang terpenting adalah komunikasi dan saling memahami peranannya dalam mengelola keuangan.

4. Review kondisi keuangan bersama

Meninjau keuangan secara berkala dapat memberikan gambaran sejauh mana kamu mencapai tujuan keuangan bersama dan apakah ada kemajuan yang signifikan.

Di sini, kamu dituntut untuk jujur dan saling terbuka satu sama lain karena hal tersebut adalah pondasi utama dalam mencapai tujuan bersama dengan lebih baik.

Jangan lupa untuk memberitahu skor kredit, riwayat kredit, jumlah penghasilan, utang, dan tujuan keuangan kepada pasangan.

Mengelola keuangan bersama pasangan bukan hanya baik untuk ekonomi keluarga, namun juga berdampak positif pada hubungan kalian. Ini karena praktik tersebut mendorong untuk saling terbuka satu sama lain. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa perceraian seringkali disebabkan oleh masalah keuangan dan komunikasi yang buruk.

Lakukan tips di atas bersama pasangan supaya tujuan keuangan keluarga dapat tercapai. Selamat mencoba!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments