Tips Mengelola Keuangan Bagi Pasangan yang Baru Menikah

Pasangan yang baru saja menikah pastinya punya wishlist yang ingin dicapai sebagai keluarga, misalnya punya rumah sendiri, punya tabungan untuk dana darurat ataupun honeymoon ke suatu tempat yang diimpikan.

Untuk mencapai itu semua, mereka akan berkomitmen untuk mengatur kondisi keuangan sebaik mungkin. 

Namun dalam penerapannya, banyak yang belum mengetahui seperti apa mengelola keuangan itu dalam kehidupan sehari-hari. Di Personal Finance kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengelola keuangan yang efektif bagi pasangan yang baru saja menikah. Yuk, simak tips nya di bawah ini.

Tips Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Baru

Berikut adalah tips mengelola keuangan bagi pasangan yang baru saja menikah, diantaranya:

1. Persiapan

Tips pertama yakni persiapan. Diskusikan dengan pasangan mengenai apa saja yang harus dilakukan agar keuangan berjalan dengan baik. 

Kamu bisa mulai dengan membuat list tagihan apa saja yang harus dibayar setiap bulannya, membuat budgeting bulanan rumah tangga, mengontrol investasi, dan membuat transfer otomatis ke rekening bersama.

2. Membagi Tanggung Jawab

Setelah persiapan selesai, maka selanjutnya kalian perlu menentukan tanggung jawab untuk masing-masing individu. Tanggung jawab disini artinya pengeluaran yang harus dibayar oleh individu tersebut, misalnya kamu bertanggung jawab untuk membayar listrik, sedangkan pasangan kamu wajib membayar tagihan internet, dan lain-lain.

Cobalah untuk menentukan tanggung jawab berdasarkan kemampuan individu tersebut. Pastikan kamu dan pasangan sudah jelas dan sepakat mengenai pembagian tanggung jawab dan jangan lupa untuk terus meninjau kembali secara rutin budgeting yang telah kalian buat. 

3. Meninjau Kembali Progress Bersama

Setelah menentukan tanggung jawab atau peran masing-masing individu, maka tips selanjutnya yakni meninjau kembali progress yang telah dilakukan bersama. 

Dengan adanya review progress ini, kamu dan pasangan bisa tahu sejauh mana kemajuan kalian dalam mencapai tujuan keuangan yang ingin dicapai dan berdiskusi jika ada hal yang harus diubah atau diperbaiki dalam mengatur keuangan. 

Buatlah jadwal sebulan sekali secara rutin supaya kamu dan pasangan tetap berada di jalan yang sama dalam mencapai tujuan keuangan yang ingin dicapai.

Itulah tips dari Skorlife mengenai cara mengelola keuangan yang bisa kamu terapkan dengan pasangan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments