Apakah Kartu Kredit Gesek Lebih Berbahaya dari Kartu Kredit Chip? Mengapa?

Kartu kredit telah menjadi alat pembayaran yang sangat umum digunakan dalam transaksi keuangan di zaman modern seperti sekarang ini. Perkembangan teknologi yang semakin pesat tentunya juga berdampak ke teknologi kartu kredit yang semakin canggih.

Salah satu contohnya yakni hadirnya kartu kredit chip EMV yang menggantikan kartu kredit gesek pita magnetik.

Sebelum kartu kredit chip EMV, kartu kredit gesek dengan pita magnetik telah lama digunakan. Kartu kredit dengan sistem ini menyimpan data penting menggunakan teknologi pita magnetik seperti nomor kartu, tanggal kadaluarsa, dan kode keamanan yang diperlukan dalam proses transaksi.

Ketika digunakan dalam bertransaksi, data-data tersebut akan dibaca oleh mesin kartu kredit yang juga menggunakan teknologi yang sama, yakni pita magnetik. 

Namun, kartu kredit gesek pita magnetik ini memiliki beberapa kelemahan yang membuatnya lebih rentan terhadap penipuan dan pencurian identitas. Sehingga, dalam beberapa tahun terakhir ini kartu kredit gesek semakin ditinggalkan dan digantikan dengan kartu kredit chip EMV yang memiliki sistem keamanan lebih baik.


Kelemahan Kartu Kredit Gesek

Kartu kredit gesek memiliki beberapa kelemahan yang membuat kartu kredit jenis ini lebih rentan terhadap risiko kejahatan siber jika dibandingkan dengan kartu kredit chip EMV yang lebih modern. Di bawah ini adalah beberapa kelemahan kartu kredit gesek:

1. Pencurian Data yang Mudah

Informasi kartu kredit yang disimpan menggunakan pita magnetik tersimpan dalam format statis, sehingga mudah diakses dan rentan terhadap pencurian informasi dan penipuan.

Penjahat dapat dengan mudah membaca informasi yang disimpan dalam pita magnetik seperti nomor kartu, tanggal kadaluarsa dan kode keamanan. Informasi tersebut nantinya bisa digunakan untuk pencurian identitas dan transaksi ilegal.

2. Skimming

Kartu kredit gesek juga lebih rentan terhadap serangan skimming. Serangan ini dilakukan dengan cara menaruh sebuah perangkat di mesin pembayaran seperti ATM untuk mencuri data dari pita magnetik saat kartu melewatinya.

Sehingga, informasi kartu kredit bisa dengan mudah didapatkan oleh orang tidak bertanggung jawab tanpa sepengetahuan pemilik kartu.

3. Keamanan yang Terbatas

Berbeda dengan kartu kredit chip EMV, kartu kredit gesek pita magnetik tidak memiliki kemampuan untuk menghasilkan kode otorisasi dinamis yang membuat informasi kartu kredit lebih mudah dicuri.


Kelebihan Kartu Kredit Chip EMV

Apabila dibandingkan, kartu kredit chip EMV memiliki beberapa kelebihan yang lebih unggul daripada kartu kredit gesek. Berikut adalah beberapa kelebihan kartu kredit chip EMV.

1. Keamanan yang Lebih Baik

Kartu kredit jenis chip EMV memiliki sistem keamanan yang lebih baik dibanding kartu kredit pita magnetik. Teknologi chip ini mampu menghasilkan kode otorisasi dinamis yang berbeda setiap kali transaksi dilakukan sehingga informasi kartu kredit akan lebih sulit untuk dicuri. 

2. Aman terhadap Skimming

Karena kemampuannya menghasilkan kode otorisasi yang dinamis, kartu kredit chip EMV lebih aman dari serangan skimming. Sehingga, informasi yang didapat dari kartu kredit pun tetap tidak bisa digunakan untuk transaksi ilegal. 

3. Aman digunakan untuk Transaksi Online

Mampu menghasilkan kode otorisasi yang berbeda setiap kali transaksi dilakukan membuat kartu kredit jenis chip EMV juga aman digunakan untuk transaksi online. Sehingga, pemilik kartu kredit tidak perlu lagi khawatir akan keamanan dan risiko yang mungkin muncul dari transaksi online tersebut. 

Kartu kredit chip EMV menawarkan tingkat keamanan yang lebih baik bagi pemilik kartu kredit dari pencurian identitas, penipuan, transaksi ilegal dan aktivitas lainnya.

Meskipun tidak menghilangkan risiko sepenuhnya, hadirnya kartu kredit chip EMV menggantikan kartu kredit gesek merupakan langkah awal untuk mengurangi terjadinya tindak kejahatan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments