Avatar

Sekar

PUBLISHED ON NOVEMBER, 28 2022 reading time clock 5 Mins Read

Cara Efektif Menghapus Iuran Tahunan dari Kartu Kredit

Memiliki kartu kredit memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi. Banyak orang yang tertarik untuk menggunakan kartu kredit karena mudah dan praktis. Tak hanya itu, beragam promo yang ditawarkan oleh bank penerbit menjadi salah satu daya tarik yang menguntungkan bagi penggunanya. Namun dibalik kemudahannya, penggunaan kartu kredit tak luput dari biaya-biaya yang dibebankan kepada para pengguna kartu kredit, salah satunya adalah iuran tahunan yang wajib diketahui oleh pengguna kartu kredit.
Bagi kamu pengguna lama kartu kredit mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah iuran tahunan kartu kredit. Namun, bagi pengguna baru atau orang awam mungkin masih belum mengetahui apa yang dimaksud dengan iuran tahunan kartu kredit.
Iuran tahunan atau dikenal dengan annual fee kartu kredit adalah biaya yang harus dibayarkan pengguna kartu kredit sebagai kompensasi atas layanan dan beragam fasilitas maupun transaksi yang diberikan oleh bank penerbit kartu. Annual fee terbagi atas iuran kartu kredit utama dan kartu kredit tambahan. Besaran iuran tahunan kartu kredit yang dibebankan berbeda-beda untuk setiap jenis kartu seperti classic, gold, platinum, titanium, dan seterusnya, tergantung kebijakan yang telah ditetapkan oleh pihak bank yang menerbitkannya.
Pada umumnya, semakin lengkap fitur kartu dan semakin eksklusif jenis kartu, semakin tinggi pula iuran tahunan yang dibebankan kepada pemilik kartu kredit. Besaran iuran tahunan kartu kredit utama berkisar mulai dari Rp 100 ribu hingga mencapai Rp 1 juta rupiah untuk jenis kartu kredit platinum. Sedangkan untuk iuran tahunan kartu tambahan mulai dari Rp 60 ribu hingga Rp 350 ribu tergantung jenis kartu utama. Ada pula bank yang menerbitkan kartu kredit dengan bebas iuran tahunan seumur hidup. Artinya, tidak ada biaya tahunan yang dibebankan kepada pengguna selama pemakaian kartu kredit tersebut. Jenis kartu kredit ini tentunya banyak diminati oleh pengguna.
Terkait dengan sistem bayar annual fee, bank penerbit kartu kredit akan menagihkan iuran tahunan ke dalam tagihan pertama, namun ada juga bank yang mengharuskan pengguna kartu kredit untuk membayar iuran tahunan setelah menggunakan kartu kredit selama satu tahun.
Besarnya jumlah iuran tahunan kartu kredit membuat tidak sedikit pengguna yang merasa terbebani. Ditambah lagi, selain biaya tahunan, pengguna kartu juga perlu membayar bunga, biaya overlimit, biaya tarik tunai, biaya keterlambatan dan lain-lain.
Itulah mengapa banyak orang menjadikan biaya iuran tahunan sebagai salah satu faktor penentu sebelum memilih dan mengajukan kartu kredit agar dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan selama menggunakan kartu kredit tersebut. Tidak sedikit pula bank yang memberikan promo iuran tahunan agar pengeluaran biaya kartu kredit menjadi lebih ringan.
Kamu pasti penasaran, apakah iuran tahunan kartu kredit dapat dihapus? Jawabannya, tentu bisa. Berikut adalah cara menghapus iuran biaya tahunan kartu kredit yang dapat kamu lakukan. Yuk, simak caranya dibawah ini.

Telepon Call Center Bank Penerbit Kartu Kredit

Telepon Call Center Bank Penerbit Kartu Kredit

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghapus iuran tahunan kartu kredit adalah dengan menghubungi call center bank yang menerbitkan kartu kredit kamu. Kamu dapat menemukan nomor call center bank yang ingin kamu hubungi di mesin pencari.

Minta Hapus Iuran Tahunan Kartu Kredit Tanpa Syarat

Setelah terhubung dengan call center, selanjutnya kamu perlu mengajukan permohonan untuk menghapus iuran tahunan kartu kredit tanpa syarat apapun. Namun perlu kamu ketahui, walaupun cara ini mudah untuk dilakukan, pihak bank belum tentu akan menyetujui permohonan kamu.
Pasalnya, untuk menyetujui permohonan kamu, pihak bank perlu meninjau riwayat penggunaan kartu kredit kamu dalam setahun terakhir. Apabila kamu sering menggunakan kartu kredit dalam jumlah besar dan selalu membayar tagihan tepat waktu, maka kemungkinan besar permohonan kamu untuk menghapus iuran tahunan kartu kredit akan disetujui oleh pihak bank.

Opsi Hapus Annual Fee Dengan Penukaran Poin/Belanja

Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk menghapus iuran tahunan kartu kredit adalah dengan menukarkan point reward atau poin belanja. Kamu dapat menanyakan hal ini kepada pihak bank penerbit terkait program penghapusan annual fee dengan penukaran poin. Syarat yang perlu kamu penuhi untuk dapat menggunakan fasilitas ini adalah dengan menukarkan point reward dalam jumlah tertentu yang sudah ditetapkan oleh pihak bank. Biasanya, semakin eksklusif jenis kartu, semakin tinggi pula jumlah point reward yang perlu ditukarkan.

Minta Pembebasan Bersyarat pada Pihak Bank Penerbit Kartu Kredit

Selanjutnya, meminta pembebasan bersyarat atau tantangan kepada pihak bank penerbit juga bisa kamu lakukan agar iuran tahunan kartu kredit kamu gratis. Tantangan yang dimaksud misalnya seperti bank memberikan persyaratan kamu harus bertransaksi sebesar Rp 50 juta dalam 3 bulan agar bisa mendapatkan gratis iuran biaya tahunan kartu kredit. Apabila kamu memenuhi tantangan tersebut, maka kamu akan dibebaskan dari iuran biaya tahunan kartu kredit.

Buka Rekening di Bank Penerbit Kartu Kredit

Selain cara-cara diatas, membuka rekening di bank penerbit kartu kredit juga bisa kamu lakukan dalam mendapatkan gratis annual fee. Membuka rekening di bank penerbit dapat membuat peluang kamu untuk dibebaskan dari annual fee semakin besar. Hal ini dikarenakan pihak bank biasanya lebih memprioritaskan mereka yang memiliki rekening di bank tersebut.
Itulah cara-cara yang dapat kamu lakukan agar terbebas dari iuran biaya tahunan kartu kredit. Agar permohonan kamu disetujui, sebaiknya perhatikan kebiasaan kamu dalam menggunakan kartu kredit. Pastikan kamu selalu menggunakan kartu kredit dengan bijak dan selalu tepat waktu dalam membayar cicilan agar peluang permohonan kamu disetujui semakin besar.