Jangan Gunakan Kartu Kredit untuk Sejumlah Hal Ini

Alat pembayaran non-tunai, yakni kartu kredit, sudah tidak awam lagi di kalangan masyarakat dan banyak digunakan.

Penggunaan kartu kredit membuat transaksi kamu menjadi lebih mudah dan lebih praktis, sehingga sering menjadi alternatif bagi banyak orang ketika tidak ada uang tunai saat berbelanja.

Ditambah lagi adanya keuntungan yang bisa didapatkan dari setiap transaksi dengan kartu kredit membuat penggunaan kartu kredit semakin diminati.

Kartu kredit sendiri adalah alat pembayaran non-tunai yang diterbitkan oleh sebuah bank, baik bank negeri maupun bank swasta.

Dengan menggunakan kartu kredit, pemilik bisa melakukan transaksi di awal, mulai dari belanja bulanan, membeli tiket pesawat, hingga bayar tagihan. Nantinya, pemilik wajib melunasi sejumlah nominal yang telah digunakan pada bulan berikutnya.

Di balik kemudahannya, kesalahan penggunaan kartu kredit bisa terjadi karena tidak digunakan dengan hati-hati. Pemilik sering tergoda menggunakan kartu kredit untuk berbagai macam transaksi.

Akibatnya, kondisi keuangan menjadi bermasalah. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui apa saja larangan penggunaan kartu kredit. Di bawah ini adalah hal-hal yang perlu dihindari ketika menggunakan kartu kredit:

Cek juga: Apakah menggesek kartu kredit lebih bahaya dari chip?

1. Membeli Barang yang Tidak Dibutuhkan

Salah satu hal yang sebaiknya kamu hindari dalam menggunakan kartu kredit yaitu membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Apabila kamu menggunakan kartu kredit untuk barang yang sebetulnya tidak perlu, kamu jadi harus mengeluarkan dana tambahan, plus bunga yang dibebankan dari kartu kredit.

Apalagi jika harga barang tersebut terlampau mahal dan melebihi kemampuan kamu, maka ada kemungkinan kamu overspending dan tidak mampu membayar tagihan yang harus dilunasi. Akibatnya, kondisi keuangan kamu jadi terganggu.

2. Membayar Tagihan Rutin

Selanjutnya, hindari membayar tagihan rutin dengan kartu kredit. Kamu perlu menyiapkan anggaran yang diperlukan untuk membayar tagihan rutin sebelumnya, sehingga kamu tidak mengandalkan kartu kredit ketika jatuh tempo.

Buatlah pos keuangan untuk tagihan rutin agar kamu bisa menyisihkan sejumlah anggaran yang telah ditentukan dari penghasilan kamu setiap bulannya untuk membayar tagihan tersebut.

3. Pinjaman Tunai

Hal lainnya yang sebaiknya dihindari ketika menggunakan kartu kredit adalah tarik tunai untuk mendapatkan dana tambahan. Seperti yang kita tahu, kartu kredit juga memiliki fasilitas tarik tunai dengan limit tertentu, sehingga kamu tidak perlu lagi pergi ke bank untuk mengajukan pinjaman.

Melalui mesin ATM, kamu bisa langsung mendapatkan dana tambahan yang kamu butuhkan. Namun, kamu perlu ingat, uang yang kamu ambil tersebut merupakan dana pinjaman dari bank dan tentunya akan ada bunga dan biaya lainnya yang akan dibebankan kepada kamu.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari melakukan tarik tunai dengan kartu kredit agar kondisi keuangan kamu tetap teratur dan terhindar dari tumpukan utang.

4. Investasi

Selanjutnya, hal yang sebaiknya dihindari adalah penggunaan kartu kredit sebagai sumber pendanaan ketika investasi. Ketika kamu menggunakan kartu kredit untuk investasi, besar kemungkinan kamu berisiko rugi, lho.

Pasalnya, investasi dilakukan dengan menanamkan modal dalam bentuk uang ke dalam suatu perusahaan untuk memperoleh keuntungan.

Keuntungan dari investasi ini biasanya baru bisa kita rasakan setelah waktu yang cukup lama, misalnya dalam jangka waktu 5 tahun. Sedangkan, setiap bulannya kamu sebagai pengguna kartu kredit harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk melunasi tagihan kartu kredit yang kamu pakai untuk investasi.

Perbedaan jangka waktu ini yang bisa menimbulkan kerugian karena keuntungan investasi tidak terjadi pada bulan berikutnya untuk menutup tagihan kartu kredit kamu ketika jatuh tempo.

5. Pembayaran Uang Muka Rumah atau Mobil

Apabila kamu ingin memiliki rumah atau mobil, sebaiknya hindari penggunaan kartu kredit untuk membayar uang muka nya. Hal ini dilakukan agar beban cicilan kamu tidak berat.

Jika kamu menggunakan kartu kredit untuk membayar uang muka rumah ataupun mobil, maka tagihan kamu jadi bertambah karena harus membayar cicilan uang muka setiap bulan dari kartu kredit dan cicilan untuk melunasi KPR atau kredit mobil yang nominalnya tentu tidak sedikit.

Itulah larangan kartu kredit yang sebaiknya dihindari pengguna kartu kredit. Dalam kehidupan sehari-hari, kartu kredit memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Namun, penggunaan kartu kredit yang tidak diatur dengan baik justru bisa menimbulkan masalah.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakan kartu kredit seperlunya dan hanya untuk kebutuhan mendesak agar terhindar dari hal-hal yang tidak kamu inginkan.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments