Avatar

Natissa

PUBLISHED ON DECEMBER, 05 2022 reading time clock 5 Mins Read

Bagaimana Cara Menentukan Limit Kartu Kredit?

Setiap kartu kredit memiliki limit yang berbeda-beda. Limit adalah batas nilai transaksi yang bisa digunakan seseorang sesuai kartu kredit yang dimilikinya. Beberapa orang memiliki kartu kredit dengan limit terbatas misalnya hanya sekitar 3-5 juta rupiah saja. Maka transaksi yang bisa ia gunakan dengan kartu kredit tersebut tidak lebih dari 5 juta rupiah.Tidak heran jika limit ini cepat habis untuk penggunaan pengeluaran rutin bulanan. Namun sebagian orang memiliki limit kartu kredit yang sangat besar, bisa puluhan juta bahkan ratusan juta. Sebenarnya bagaimana sih penentuan limit kartu kredit yang dilakukan oleh bank?

Ada beberapa pertimbangan yang dilakukan bank untuk menentukan limit kartu kredit yang diberikan kepada seseorang. Berikut penjelasannya.

Penghasilan Bulanan

Jumlah penghasilan seseorang menjadi pertimbangan utama saat menentukan limit kartu kredit yang diberikan. Jumlah penghasilan bulanan ini menunjukkan kemampuan kamu untuk menanggung beban utang cicilan kartu kredit nantinya. Limit kartu kredit yang bisa diberikan adalah sebesar 1 hingga 3 kali gaji, tergantung hasil verifikasi dan survei yang dilakukan pihak bank saat background check keuangan kamu. Berdasar pada peraturan Bank Indonesia, limit kartu kredit yang diberikan maksimal adalah 3 kali penghasilan atau gaji bulanan.

Riwayat Utang

Selain penghasilan, bank juga akan melihat riwayat utang yang kamu miliki. Jika kamu tidak memiliki beban utang dan penghasilanmu memenuhi syarat, bank akan cenderung memberikan limit yang besar dibandingkan jika kamu sedang memiliki utang. Misalnya saja sekarang kamu memiliki KPR, KTA, atau kredit lainnya. Jumlah utang ini dipandang akan membebani kamu sehingga bank memiliki pertimbangan tersendiri saat memberi fasilitas kredit tambahan lewat kartu. Ini untuk memastikan kamu tetap sanggup membayar tagihan kartu kredit di antara cicilan lain yang sedang kamu miliki saat ini. Kebiasaan kamu membayar cicilan juga berpengaruh, lho. Riwayat kredit yang baik seperti selalu membayar tagihan tepat waktu, akan memberi peluang untukmu mendapatkan limit kartu kredit yang lebih besar.

Riwayat Tempat Tinggal

Kok bisa ya catatan domisili jadi pertimbangan bank untuk menentukan limit kartu kredit? Bank perlu mengetahui riwayat tempat tinggal kamu terkait masalah kepercayaan. Jika tempat tinggal kamu saat ini adalah rumah atas nama sendiri, atau kamu telah tinggal di suatu tempat dalam jangka waktu yang lama, bank cenderung lebih yakin untuk memberimu limit kartu yang besar. Mengapa? Bank tidak ingin mengambil risiko. Jika seseorang sering berpindah-pindah tempat tinggal, saat kredit macet, bank tidak mau mengambil risiko nasabahnya susah dicari untuk penyelesaian tunggakan kredit.

Jumlah Kartu Kredit yang Dimiliki

Jumlah kartu kredit yang sudah dimiliki juga menjadi pertimbangan bank untuk menentukan limit kartu kredit. Jika kamu sudah memiliki kartu kredit berbeda, maka kemampuan kamu untuk membayar tambahan utang baru dinilai berkurang. Maka limit kartu kredit yang akan diberikan pun cenderung lebih kecil. Berapa sih jumlah kartu kredit yang bisa dimiliki? Menurut peraturan Bank Indonesia jika penghasilanmu berkisar antara 3-10 juta per bulan, maksimal kartu yang bisa dimiliki hanya 2 kartu kredit saja.

Satu hal yang perlu diingat terkait kartu kredit, memiliki kartu kredit adalah tanggung jawab yang besar. Limit kartu kredit ditentukan berdasar pertimbangan pengamanan. Artinya agar pemilik kartu kredit tidak berlebihan saat berutang. Maka tidak heran jika limit kartu kredit disesuaikan dengan kondisi keuangan masing-masing orang. Jika ke depannya penghasilan kamu meningkat dan kebutuhan juga meningkat, kamu bisa mengajukan kenaikan limit kartu kredit dengan sejumlah syarat, salah satunya tentu riwayat kredit yang baik. Penting untuk menggunakan kartu kredit dengan cerdas agar riwayat kreditmu terbangun dengan baik. Bayarlah tagihan secara tepat waktu, jangan pernah menunggak, dan hindari penggunaan overlimit. Memanfaatkan promo diskon sah-sah saja dilakukan, tapi gunakanlah hanya untuk kebutuhan yang benar-benar diperlukan saja agar benefit kartu kredit dapat dipakai secara maksimal.