Anti Boros, Ini Waktu Terbaik Belanja Pakai Kartu Kredit!

Pertumbuhan kartu kredit di Indonesia semakin terus meningkat. Kartu kredit sudah digunakan oleh banyak orang sebagai alat transaksi pengganti uang tunai dan sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat di kota besar seperti Jakarta.

Kartu kredit memberikan berbagai kemudahan bagi penggunanya dalam bertransaksi. Itulah yang menjadi daya tarik kartu kredit sehingga alat pembayaran ini masih digemari oleh masyarakat luas.

Ketika bertransaksi menggunakan kartu kredit, pengguna tidak perlu lagi mengeluarkan uang tunai untuk membayar sesuatu. Bahkan, kamu juga bisa bertransaksi menggunakan kartu kredit ketika kamu belum memiliki biaya untuk keperluan tersebut.

Namun, nantinya kamu tetap perlu membayar tagihan kartu kredit tersebut di akhir periode yang telah ditentukan jatuh temponya oleh bank penerbit. Oleh karena itu, bisa dibilang kartu kredit merupakan salah satu bentuk fasilitas pinjaman yang diberikan oleh bank.

Di balik beragam manfaat yang ditawarkan oleh kartu kredit, kartu kredit juga bisa merugikan penggunanya apabila tidak digunakan dengan bijak.

Banyak pengguna kartu kredit yang pada akhirnya tidak bisa membayar tagihan kartu kredit karena sulit mengontrol diri dalam menggunakan kartu kredit tanpa adanya budgeting yang baik. 

Hal tersebut nantinya bisa berdampak pada skor kredit kamu yang berubah menjadi buruk. Apabila kamu memiliki skor kredit yang buruk, peluang kamu untuk mendapatkan pinjaman di kemudian hari akan kecil. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan penggunaan kartu kredit agar tidak boros dan merugikan.

Cek juga: Apakah menggesek kartu kredit lebih bahaya dari chip?


Tips Hemat Belanja Pakai Kartu Kredit

Kartu kredit sebetulnya tidak merugikan jika kamu bisa memanfaatkan sebaik mungkin penggunaan fitur kartu kredit. Menggunakan kartu kredit justru bisa membuat kamu lebih hemat apalagi jika digunakan di waktu yang tepat.

Berikut adalah tips hemat dan waktu yang tepat menggunakan kartu kredit:

1. Gunakan kartu kredit ketika ada diskon dan promo

Tips pertama, menggunakan kartu kredit pada saat ada diskon dan promo adalah cara cerdas yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna kartu kredit untuk berhemat.

Dengan memanfaatkan diskon dan promo yang sedang berlangsung dari kartu kredit, kamu bisa menghemat pengeluaran kamu. Kamu bisa mencari tahu informasi mengenai diskon dan promo di situs web resmi bank penerbit atau datang langsung ke merchant yang bekerjasama.

2. Gunakan kartu kredit untuk poin rewards dari transaksi

Saat ini, sudah banyak kartu kredit yang menawarkan program poin rewards yang menarik untuk penggunanya. Poin rewards adalah salah satu benefit yang akan diperoleh pengguna setiap kali pengguna melakukan transaksi menggunakan kartu kredit.

Nantinya, poin yang kamu dapatkan bisa ditukarkan dengan beragam penawaran atau bonus yang menarik seperti bebas iuran tahunan, voucher belanja, hingga mileage untuk tiket pesawat. Dengan memanfaatkan program ini, kamu bisa lebih berhemat.

3. Gunakan kartu kredit saat seasonal discount

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk belanja pada saat seasonal discount berlangsung seperti misalnya pada saat menjelang hari kemerdekaan, menjelang hari natal maupun akhir tahun.

Biasanya untuk menyambut hari-hari libur tersebut, banyak merchant yang mengadakan promo menarik seperti diskon atau cashback yang bisa kamu manfaatkan.

Itulah waktu yang tepat menggunakan kartu kredit agar tagihan kamu menjadi lebih hemat dan tidak boros. Berbelanja menggunakan kartu kredit boleh-boleh saja asalkan kamu bisa mengelola kondisi keuangan dengan baik.

Jangan sampai dengan memiliki kartu kredit malah menimbulkan masalah baru bagi kondisi finansial kamu!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments