Avatar

Sekar

PUBLISHED ON SEPTEMBER, 30 2022 reading time clock 5 Mins Read

6 Cara Kredit Mobil Bekas yang Aman, Murah, dan Mudah!

Mobil bekas masih banyak menjadi incaran masyarakat yang ingin memiliki mobil impian tanpa harus mengeluarkan dana yang sangat besar dan bisa didapat dengan harga lebih miring. Bagi Anda yang merasa belum mampu memiliki mobil dengan cara membeli secara tunai, membeli secara kredit bisa menjadi sebuah solusi yang tepat. Ingin tahu bagaimana cara kredit mobil bekas yang aman, murah, dan mudah? Yuk, simak penjelasannya di artikel ini.

Pengertian kredit mobil bekas

Sebelum mengetahui langkah-langkah pengajuan kredit mobil bekas, ada baiknya Anda memahami terlebih dahulu apa itu kredit mobil bekas. Kredit mobil bekas adalah kegiatan pembiayaan khusus untuk mobil bekas bagi nasabah dari perusahaan pembiayaan. Dalam proses ini, nasabah bisa mendapatkan pendanaan dari perusahaan pembiayaan untuk membeli mobil bekas yang menjadi incarannya.

Nantinya, nasabah mengganti biaya pengadaan mobil tersebut dengan skema angsuran atau cicilan sehingga lebih ringan dengan menentukan DP, tenor, dan besar cicilan yang sesuai dengan kemampuan bayar setiap bulannya. Keuntungan dari membeli mobil bekas tentu harga kredit mobil bekas yang lebih bersaing jika dibandingkan dengan membeli mobil baru.

Cara kredit mobil bekas

Setelah memahami pengertian apa itu kredit mobil bekas, berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan sebelum melakukan pengajuan kredit mobil bekas.

Tentukan merek dan tipe mobil yang disukai

Pertama, hal yang perlu dilakukan sebelum mengajukan kredit mobil bekas adalah Anda perlu menentukan merek dan tipe mobil yang Anda inginkan. Tentunya, Anda juga harus mempertimbangkan kemampuan keuangan Anda ketika melakukan kredit mobil ini, jangan sampai di kemudian hari terjadi penarikan mobil oleh kreditur ataupun kredit macet.

Tentukan bank atau leasing terpercaya

Selanjutnya, apabila Anda sudah menentukan merek dan tipe mobil yang ingin Anda kredit, Anda perlu memilih bank atau leasing yang terpercaya. Pilih bank atau leasing yang telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Selain itu, Anda juga perlu mencari tahu lebih dalam terkait dengan informasi besaran bunga dan sistem kredit mobil bekas yang ditawarkan oleh setiap bank dan lembaga leasing. Pilihlah lembaga keuangan yang menawarkan bunga ringan agar meringankan kondisi keuangan Anda nantinya.

Lakukan survei terkait kondisi mobil

Apabila semua syarat sudah terpenuhi, selanjutnya pihak pemberi kredit akan melakukan survey pada kendaraan untuk melihat apakah mobil yang akan dibeli bisa dibayar secara kredit atau tidak. Biasanya, usia maksimal mobil yang dapat di kredit adalah sepuluh tahun. Jangan lupa untuk perhatikan kualitas mobil yang ingin dibeli agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan kedepannya.

Ajukan kredit mobil bekas ke bank atau leasing

Kemudian, setelah menentukan mobil yang akan dibeli, Anda bisa mulai mengajukan sistem kredit mobil bekas ke pihak bank atau leasing yang sudah Anda pilih bersama dengan penjual. Harap diingat untuk membawa semua berkas yang diperlukan. Sebagai pihak penjual, sebaiknya membawa mobil beserta surat-suratnya. Sedangkan sebagai pembeli, Anda harus menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), foto kopi rekening tabungan, slip gaji, rekening telepon, dan listrik.

Tentukan asuransi mobil untuk proteksi

Ada dua jenis asuransi mobil yang dapat Anda pilih, asuransi All Risk yang dapat menanggung kerugian atas segala bentuk risiko dan Total Loss Only (TLO) yang hanya dapat menanggung risiko hilang.

Konfirmasi persetujuan kredit mobil bekas

Dalam tahap ini, pihak bank atau leasing akan mengkonfirmasi apakah pengajuan kredit Anda disetujui atau tidak. Apabila pengajuan kredit mobil bekas Anda disetujui, pihak bank atau leasing akan menghubungi dan meminta Anda untuk menandatangani dokumen terkait pembiayaan, jumlah cicilan, dan metode pembayaran. Setelah dokumen tersebut ditandatangani, pihak bank atau leasing akan mencairkan dana ke penjual mobil dan setelah itu pembeli akan melakukan pembayaran.

Persyaratan mengajukan kredit mobil bekas

Sebelum mengajukan kredit mobil bekas, ada baiknya Anda mempersiapkan syarat-syarat yang diperlukan dalam pengajuan kredit mobil bekas. Pertama, lengkapi beberapa dokumen yang diperlukan kepada pihak bank atau leasing untuk verifikasi data. Beberapa dokumen tersebut seperti:

Harap diingat bahwa persyaratan diatas bisa berbeda di setiap bank atau leasing karena mereka memiliki persyaratan dan kebijakannya masing-masing.

Simulasi kredit mobil bekas

Sebagai pembeli, ada baiknya Anda melakukan simulasi sebelum mengajukan kredit. Hal ini dilakukan untuk memberikan gambaran kepada Anda terkait besaran yang harus dibayar setiap bulannya dengan beberapa skenario. Simulasi kredit ini biasanya disediakan gratis di situs atau kantor cabang bank atau leasing. Tujuan dilakukannya simulasi kredit diataranya:

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu kredit mobil bekas, cara-cara kredit mobil bekas yang aman, murah dan mudah serta persyaratan kredit mobil bekas. Membeli mobil bekas secara kredit memiliki keuntungannya tersendiri yaitu harga lebih murah, angka depresiasi yang lebih rendah dan masih banyak lagi. Sebaiknya, pilih mobil sesuai dengan kemampuan keuangan Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Lakukan simulasi kredit agar dapat memperkirakan angsuran yang harus dibayar setiap bulannya.