Avatar

Sekar

PUBLISHED ON NOVEMBER, 28 2022 reading time clock 5 Mins Read

Apakah Beli Mobil Listrik Bisa Secara Kredit? Ini Penjelasannya

Belakangan ini kehadiran kendaraan listrik, khususnya roda empat, sedang marak di Indonesia dan semakin banyak peminatnya. Indonesia menyusul tren yang sudah berlangsung lebih dulu di negara-negara lain yang menggunakan mobil listrik dalam upaya menuju kendaraan ramah lingkungan sebagai solusi dari isu pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh emisi karbon. Selain ramah lingkungan, performa mobil listrik pun tidak kalah dengan kendaraan konvensional pada umumnya.
Penggunaan mobil listrik di Indonesia didukung oleh Presiden dengan dibuatnya Peraturan Presiden (Perpres) tentang Percepatan Pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi energi, ketahanan energi, konservasi energi sektor transportasi dan terwujudnya udara bersih.
Pemerintah juga menggalakkan penggunaan mobil listrik di semua lini kegiatan transportasi. Tidak hanya itu, pemerintah juga tengah menyiapkan insentif berupa subsidi untuk pembelian kendaraan listrik oleh masyarakat. Apakah kamu tertarik membeli mobil listrik? Artikel ini akan membahas apa itu mobil listrik, cara membeli mobil listrik, dan membeli mobil listrik dengan kredit. Yuk, simak lebih lengkapnya berikut ini.

Apa itu Mobil Listrik?

Sesuai dengan namanya, mobil listrik merupakan kendaraan yang sepenuhnya atau sebagian digerakkan oleh mesin yang menggunakan listrik atau digerakkan secara elektrik dari baterai yang dapat diisi ulang. Setiap mobil listrik memiliki kapasitas baterai yang berbeda tergantung spesifikasi dari mobil tersebut.
Hal ini jelas berbeda dengan mobil konvensional yang memerlukan bensin sebagai sumber tenaga untuk menggerakkan roda mobil. Namun, untuk mengisi ulang daya baterai mobil listrik masih dianggap cukup lama dan biasanya memakan waktu berjam-jam antara 3 hingga 6 jam sampai baterai terisi penuh.
Meskipun begitu, mobil listrik juga memiliki keunggulannya sendiri. Keunggulan dari mobil listrik sudah pasti ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas buang dan suara mesin kendaraan listrik yang tidak bising ketika dikendarai. Jarak tempuh yang dapat dilalui dengan mobil listrik mencapai 300 hingga 500 kilometer dalam sekali pengisian baterai penuh. Sedangkan untuk mobil konvensional biasa dapat menempuh jarak 100 hingga 250 kilometer dalam sekali isi bahan bakar.

Apa itu Mobil Listrik

Untuk mengisi baterai mobil listrik, pada dasarnya hampir sama dengan mengisi baterai pada umumnya yang melibatkan sumber listrik, adaptor dan konektor yang terhubung ke baterai. Kamu bisa mengisi baterai mobil listrik di rumah maupun di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat di Indonesia yang memiliki kendaraan listrik.

Cara Beli Mobil Listrik

Memiliki mobil listrik menjadi impian banyak orang. Pasalnya, biaya pajak yang dikenakan untuk mobil listrik lebih murah dibandingkan mobil konvensional. Hal ini sengaja dilakukan pemerintah agar penggunaan mobil listrik semakin luas. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir akan peraturan ganjil genap karena mobil listrik terbebas dari peraturan tersebut. Apabila kamu tertarik untuk membeli mobil listrik, simak caranya berikut ini.
Pertama, kamu perlu melakukan riset seputar mobil listrik. Sebelum kamu menentukan mobil listrik mana yang akan kamu pilih, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu dengan mengumpulkan informasi seputar mobil listrik yang jadi incaran. Saat ini, tiap mobil listrik tentu memiliki keunggulannya masing-masing, baik itu dari segi harga, eksterior dan interior, hingga besaran kapasitas baterai yang sesuai dengan kebutuhan transportasi kamu.
Kedua, siapkan budget. Pastikan kamu memiliki budget yang sesuai dengan harga mobil listrik yang menjadi incaran. Setelah kamu menyiapkan budget, kamu bisa membayar Down Payment (DP) lebih tinggi di awal. Hal ini supaya biaya angsuran per bulan terasa ringan. Pasalnya, jumlah DP yang lebih tinggi akan mengurangi jumlah dan durasi angsuran yang perlu kamu lunasi.

Kredit Mobil Listrik

Mobil listrik ini merupakan sebuah inovasi dalam industri otomotif. Bicara harga, harga mobil listrik di pasaran masih terbilang cukup tinggi. Mungkin kamu bertanya-tanya, berapa harga mobil listrik saat ini? Saat ini, harga mobil listrik termurah di Indonesia dibanderol sekitar Rp 200 juta dan yang paling mahal mencapai Rp 2 miliar, sehingga banyak konsumen yang mengurungkan niatnya untuk membeli kendaraan listrik tersebut. Apa yang membuat mobil listrik mahal tentu karena komponen baterai yang memerlukan biaya yang cukup tinggi untuk memproduksinya. Namun jangan khawatir, kamu tetap dapat memiliki mobil listrik dengan membelinya secara kredit atau dicicil tiap bulan tergantung tenor yang dipilih sehingga terasa lebih ringan.
Pada umumnya, simulasi kredit mobil listrik menggunakan harga on the road (OTR) Jakarta dengan uang muka sebesar 25% dan bunga 4.8% tahun atau 0.4% per bulan serta tenor hingga 60 bulan. Sebaiknya, pastikan perusahaan pembiayaan yang kamu pilih sudah terpercaya dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar layanan yang diterima dapat berjalan dengan aman.
Itulah penjelasan mengenai apa itu mobil listrik, cara membeli mobil listrik, dan kredit mobil listrik. Memiliki mobil listrik sama dengan turut berpartisipasi dalam mengurangi pencemaran lingkungan dan mendukung pemerintah dalam mengurangi polusi udara dan terwujudnya udara bersih.
Memiliki mobil listrik juga bisa menjadi pilihan alternatif yang bijak mengingat harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terus meningkat. Ditambah lagi, perawatan kendaraan listrik lebih hemat ketimbang perawatan kendaraan mobil konvensional yang memerlukan bahan bakar fosil dan adanya penggunaan oli mesin, ganti busi dan komponen lainnya yang cukup membutuhkan banyak biaya.