Berapa Sih Biaya Dasar Perawatan Mobil yang Harus Disiapkan?

Memiliki kendaraan pribadi terutama mobil membuat mobilitas untuk bepergian semakin mudah dan fleksibel. Apalagi saat bepergian bersama keluarga.

Selain itu, menggunakan mobil pribadi dirasa lebih nyaman dan aman daripada bepergian menggunakan transportasi umum. Kenyamanan ketika berkendara yang dirasakan pemilik mobil tentunya bergantung dengan bagaimana mobil tersebut dirawat.

Jika mobil tidak dirawat, hal itu bisa membahayakan bagi pengguna mobil ketika berkendara. Kira-kira berapa, sih, biaya dasar perawatan mobil yang harus disiapkan?

Apa saja jenis-jenis perawatan atau service mobil yang harus dilakukan? Yuk, simak artikel ini untuk lebih jelasnya.

Baca: Beli rumah atau mobil, mana yang prioritas?


Mengapa Perawatan Mobil Itu Penting

Sebelum membahas biaya perawatan mobil dan jenis-jenis servisnya, yuk pahami terlebih dahulu mengapa merawat mobil itu penting dan wajib dilakukan.

Sebagai pemilik mobil, ketika berkendara tentunya kamu ingin merasa aman. Dengan melakukan perawatan rutin terhadap mobil, hal ini akan menjaga performa mobil kamu dalam kondisi prima dan meminimalisir terjadinya risiko kerusakan yang dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Pasalnya, seiring dengan pemakaian mobil sehari-hari, pasti ada beberapa komponen yang mengalami perubahan, misalnya seperti kampas rem yang semakin tipis atau saringan udara yang kotor.

Dengan kata lain, jika kendaraan berpotensi mengalami kerusakan, perawatan secara berkala bisa mendeteksi masalah tersebut sejak awal.

Selain itu, perawatan secara berkala juga bisa memperpanjang usia kendaraan kamu dan membuat harga jual kembali lebih tinggi karena ada nilai tambah bagi konsumen.

Meskipun perawatan rutin tidak selalu murah, kamu perlu ingat bahwa service mobil secara rutin bisa membantu kamu menghindari perbaikan yang lebih mahal di kemudian hari.


Biaya Perawatan Mobil

Biaya perawatan mobil bisa berbeda-beda tergantung pada bengkel, merk kendaraan, model dan tipe kendaraan itu sendiri. Umumnya, biaya perawatan mobil matic vs manual lebih mahal mobil bertransmisi matic.

Salah satu jenis perawatan mobil secara rutin bisa disesuaikan berdasarkan jarak tempuh mobil, diantaranya sebagai berikut:

1. Servis mobil berkala 5.000 KM

Setelah mobil mencapai 5.000 KM atau kurang lebih pemakaian selama 3-4 bulan, ada beberapa komponen yang harus diganti.

Pada servis mobil berkala 5.000 KM, biasanya akan dilakukan pengecekan seperti oli pada mesin mobil, chassis mobil, body, sistem pendingin mesin, kampas rem, transmisi dan sistem steering.

Biaya servis mobil berkala 5.000 KM masih dalam masa gratis hingga 1 tahun.

2. Servis mobil berkala 10.000 KM

Ketika mobil mencapai jarak hingga 10.000 KM atau pemakaian selama 6 bulan, biasanya akan dilakukan pengecekan dan pembersihan rem, oli mesin dan oli transmisi.

Selain itu, akan dilakukan juga pengecekan terhadap ban mobil seperti balancing dan spooring. Biaya yang dikenakan pada servis mobil berkala 10.000 KM berbeda-beda tergantung dealer, merk mobil, dan tipe mobil.

3. Servis mobil berkala 15.000 KM

Selanjutnya, ada servis mobil berkala ketika jarak mobil telah menempuh 15.000 KM.

Pada servis mobil berkala 15.000 KM, oli mesin akan diganti dan akan dilakukan pengecekan seperti pengecekan pada kolong mobil dan baut-baut, fluida dan minyak-minyak, air radiator, suspensi.

4. Servis mobil berkala 20.000 KM

Saat melakukan servis berkala 20.000 KM atau usia mobil mencapai satu tahun, komponen yang akan diperiksa akan lebih banyak dan kemungkinan beberapa komponen perlu diganti.

Pengecekan pada servis mobil berkala 20.000 KM seperti pada sistem pengereman, penggantian filter udara, penggantian busi, penggantian filter AC, kalibrasi idle, hingga balancing dan spooring.

Ketika usia mobil mencapai satu tahun, servis mobil berkala 20.000 KM ini adalah servis terakhir yang biaya jasa nya gratis.

Selain servis mobil berkala, setelah usia mobil mencapai satu tahun, biasanya mobil juga dilakukan tune up yang biasanya dilakukan satu tahun sekali.

Tune up artinya melakukan penyetelan ulang atau mengembalikan performa mobil seperti awal, biasanya dilakukan dengan cara membersihkan semua komponen dan sistem yang ada di mesin mobil.

Selain itu, tune up juga mencakup beberapa komponen yang perlu diganti, misalnya seperti mengganti kabel busi, filter bahan bakar, dan penyetelan sensor oksigen pada mobil.

Biaya yang dikeluarkan untuk tune up mobil di bengkel umum lebih murah dibanding bengkel resmi. Biaya tune up di bengkel umum berkisar antara Rp 350.000 hingga Rp 500.000. Sedangkan biaya tune up mobil di bengkel resmi yakni mencapai Rp 3 juta atau lebih.


Mengatur Anggaran Perawatan Mobil

Setelah mengetahui besaran biaya yang diperlukan untuk merawat mobil, sekarang kamu perlu strategi dalam mengatur keuangan kamu agar mobil yang kamu miliki bisa terawat dengan baik.

Tanpa perencanaan keuangan yang dipikirkan dengan matang, kondisi keuangan kamu bisa terganggu. Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan dalam mengatur anggaran perawatan mobil.

1. Sisihkan uang setiap bulan untuk tabungan dana perawatan mobil

Setelah mengetahui pentingnya merawat mobil, maka sebaiknya kamu bisa menyisihkan sebagian uang kamu setiap bulannya sebesar 1% hingga 5% dari penghasilan bulanan untuk kebutuhan perawatan mobil.

Kamu bisa memperkirakan besarnya biaya perawatan mobil per bulan dan biaya perawatan mobil per tahun. Ketika anggaran perawatan mobil sudah ditambahkan ke dalam budgeting setiap bulannya, maka kamu tidak perlu khawatir lagi ketika mobil kamu perlu servis, sebab kamu sudah menyiapkan biaya di awal.

2. Gunakan rekening terpisah

Selanjutnya, kamu bisa menyisihkan uang kamu khusus untuk perawatan mobil di rekening terpisah. Hal ini dilakukan agar uang yang telah dipisah untuk kebutuhan mobil tidak tercampur dengan uang untuk anggaran-anggaran lainnya dan terarah berdasarkan tujuannya.

3. Disiplin dalam menyisihkan uang

Dalam menyiapkan biaya perawatan untuk mobil, pastinya kamu harus disiplin. Hal ini perlu dilakukan agar meringankan kamu ketika waktunya mobil perlu perawatan. Kamu perlu berkomitmen untuk menyisihkan sebagian uang kamu setiap bulannya dan mobil akan semakin terawat.

Memiliki mobil memang harus siap dengan segala biaya yang muncul. Walaupun tidak murah, kamu bisa mengatur keuangan kamu agar kondisi keuangan kamu tidak terganggu dan mobil bisa tetap terawat dengan baik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments