Kenapa Tinggal di Apartemen Semakin Populer? Inilah Alasannya

Pernahkah kamu penasaran kenapa tinggal di apartemen semakin populer? Ternyata, ada sejumlah alasan yang melatarbelakangi tren tersebut. Yuk, baca ulasannya di sini.

Sebagian masyarakat Indonesia menilai bahwa tinggal di apartemen itu hanya untuk sekadar terlihat keren saja.

Padahal, pilihan tinggal apartemen punya banyak kelebihan yang belum tentu dimiliki oleh rumah tapak.

Keuntungan tinggal di hunian vertikal inilah yang membuat masyarakat perkotaan ingin beli atau sewa apartemen bulanan maupun tahunan.

Dikutip dari laman Panangianschool.com dan beberapa sumber lainnya, inilah faktor yang memicu mengapa orang lebih memilih tinggal di apartemen.

Blog Skorlife akan membahasnya lebih lanjut. Yuk, simak agar menjadi panduan kamu sebelum memilih tempat tinggal.

Alasan Kenapa Tinggal di Apartemen Semakin Populer

1. Lokasi yang Strategis

Umumnya, pengembang apartemen membangun proyeknya di pusat kota dan dekat dari kawasan bisnis dan ekonomi.

Ada pula developer properti yang mendirikan apartemen dekat stasiun kereta listrik, akses bus, akses tol hingga sarana dan prasarana umum lainnya.

Lantaran berada di lokasi strategis itulah yang kemudian membuat banyak orang tertarik untuk tinggal di apartemen dibandingkan rumah tapak yang berlokasi di kota satelit.

2. Fasilitas Lebih Lengkap

Untuk kamu yang berencana punya unit hunian vertikal, mungkin ingin tahu apa keuntungan membeli apartemen?

Salah satu kelebihan punya apartemen bila dibandingkan rumah tapak adalah kelengkapan fasilitas pendukung gaya hidup dan kenyamanan yang lengkap.

Proyek apartemen biasanya telah dilengkapi fasilitas internal, seperti kolam renang, fitness center, area bermain anak, hingga sky lounge. Fasilitas inilah yang belum tentu ada di perumahan tapak.

3. Harga Relatif Terjangkau

Alasan berikutnya kenapa tinggal di apartemen semakin populer juga tak terlepas dari faktor harga unit.

Sebagian masyarakat ada yang menilai bahwa harga apartemen di pusat bisnis di Jakarta lebih murah, ketimbang harga rumah tapak di lokasi yang sama.

Perbedaan harga apartemen vs rumah tapak sebenarnya terjadi lantaran luas rata-rata unit hunian lebih kecil dibandingkan rumah tapak.

Selain itu, ketika membeli apartemen baru atau second, kamu hanya membeli unitnya saja. Hal ini tentu berbeda dengan beli rumah tapak yang harganya juga dihitung bersamaan dengan tanahnya.

4. Perawatan Lebih Mudah

Mengapa orang lebih memilih tinggal di apartemen? Alasan lainnya mengapa orang lebih memilih tinggal di apartemen adalah karena kemudahan dalam hal perawatannya.

Kamu tidak perlu mengkhawatirkan atap bocor atau saluran air yang mampet. Sebab, pengelola apartemen berkewajiban melakukan pemeliharaan atau maintenance gedung.

Biasanya, pihak pengelola gedung akan menetapkan biaya sinking fund dan Iuran Pemeliharaan Lingkungan (IPL) apartemen yang harus dibayarkan oleh penghuni atau pemilik setiap bulannya.

5. Keamanan Lebih Terjamin

Ada saja masyarakat yang bertanya, apakah enak tinggal di apartemen? Nah, faktor lainnya kenapa tinggal di apartemen populer dan disukai banyak orang lantaran sistem keamanan yang lebih terjamin.

Umumnya, pengelola apartemen merancang sistem keamanan yang berlapis untuk menjaga keamanan penghuni dan lingkungan.

Contohnya saja, pemasangan kamera CCTV di sejumlah titik gedung. Kemudian, keberadaan petugas keamanan yang menjaga 24 jam.

Selain itu, penghuni juga dibekali dengan kartu akses, sehingga tak sembarangan orang bisa masuk ke gedung.

6. Gaya Hidup yang Bergeser

Perbedaan tinggal di apartemen dan rumah yang juga menjadi pertimbangan masyarakat perkotaan adalah faktor pergeseran gaya hidup.

Banyak generasi muda lebih memilih tempat tinggal sendiri dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dengan kantor mereka.

Menghuni unit apartemen bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang mencari tempat tinggal dekat dengan pusat kegiatan dan fleksibel dalam masalah waktu tempuh perjalanan.

7. Lebih Mudah Dibersihkan

Alasan orang memantapkan diri untuk beli apartemen ketimbang rumah tapak  lantaran pertimbangan kemudahan dalam hal membersihkannya.

Seperti diketahui bersama, umumnya unit apartemen  relatif lebih kecil apabila dibanding rumah tapak.

Nah, itulah sejumlah alasan kenapa tinggal di apartemen semakin populer di tengah masyarakat perkotaan.

Jangan lewatkan update mengenai panduan investasi di pasar uang seperti saham, sukuk, obligasi dan lainnya dengan membaca artikel di blog SkorLife

Kalau kamu ingin membeli mobil listrik dengan skema cicilan ke lembaga pembiayaan, yuk cek dulu skor kreditnya melalui aplikasi SkorLife.

Pakai terus kartu kredit Mayapada Skorcard yang menyediakan banyak manfaat setelah melakukan transaksi apa saja, baik online maupun offline.

Hanya di blog Skorcard, kamu akan mengetahui tentang rekomendasi terbaru mengenai hotel, daerah tujuan wisata, belanja, dan makanan terkini.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments