Mengenal Apa Itu Paylater serta Keuntungan dan Kerugiannya

Istilah paylater semakin populer di kalangan masyarakat terutama bagi kalian yang sering berbelanja online di marketplace.

Kamu bisa menggunakan layanan paylater untuk membeli barang yang diinginkan sekarang dan membayarnya nanti ketika saat jatuh tempo, entah itu dalam metode cicilan ataupun dalam metode sekali bayar.

Sebenarnya, apa itu paylater? Apakah ada keuntungan dan kerugian ketika menggunakan layanan ini? Amankah menggunakan paylater? Yuk, simak penjelasannya di artikel ini.


Apa itu paylater?

Paylater merupakan gabungan dari dua kata dalam bahasa inggris, “Pay” yang artinya “bayar”, dan “later” yang artinya “nanti”.

Sesuai dengan namanya, layanan ini menghadirkan tawaran “beli dulu bayar nanti” dimana kamu bisa membeli produk terlebih dahulu dan institusi penyedia layanan akan menalangi pembayarannya.

Kemudian, kamu nantinya harus membayar tagihan ke penyedia layanan sesuai dengan tanggal jatuh tempo dan jangka waktu pembayaran juga bisa disesuaikan dengan tenor yang dipilih.

Sebenarnya, konsep penggunaan paylater mirip dengan kartu kredit, hanya saja jika dilihat dari proses pengajuannya, paylater membutuhkan waktu yang lebih singkat dan lebih praktis jika dibandingkan dengan pengajuan kartu kredit.

Cukup mengajukan aplikasi paylater pada aplikasi penyedia layanan hingga mendapat persetujuan, kamu bisa langsung menggunakannya.

Ditambah lagi dengan adanya promo diskon khusus kalau memilih paylater sebagai metode pembayaran di marketplace, membuat layanan paylater semakin digemari masyarakat.

Setelah mengetahui apa itu paylater, yuk simak penjelasan dibawah ini terkait untung rugi menggunakan layanan paylater.


Keuntungan paylater

Menggunakan layanan paylater tentunya memiliki keuntungan tersendiri. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari paylater.

1. Proses mudah dan cepat

Salah satu keuntungan yang ditawarkan oleh paylater adalah proses yang mudah dan cepat karena semuanya dilakukan secara online pada aplikasi penyedia layanan yang dipilih.

Kamu bisa melakukan proses pendaftaran paylater dimana saja dan kapan saja serta proses pengajuan pinjamannya pun juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

2. Tenggat waktu fleksibel

Keuntungan lainnya dari penggunaan paylater adalah tenggat waktu yang fleksibel. Kamu bisa menentukan sendiri cicilan tenor yang beragam mulai dari satu bulan hingga dua belas bulan, tergantung dari penyedia layanan.

Semakin singkat jangka waktu yang dipilih, semakin kecil pula beban bunga yang harus dibayar.

3. Bisa dilakukan online kapan saja

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, seluruh proses pengajuan aplikasi paylater dilakukan secara online. Kamu bisa menggunakan layanan ini kapan saja dan dimana saja. Sehingga, dalam keadaan mendesak sekalipun, layanan paylater ini bisa digunakan.

Setelah mengetahui keuntungan dari penggunaan layanan paylater, ada baiknya Kamu juga memahami kerugian-kerugian yang ditimbulkan. Simak penjelasannya dibawah ini.


Kerugian paylater

Dibalik keuntungannya, tentunya juga ada kerugian-kerugian yang ditimbulkan dari penggunaan layanan paylater. Dibawah ini adalah beberapa resiko dari penggunaan paylater.

1. Membuat diri jadi konsumtif

Paylater yang mudah digunakan dengan bunga yang rendah serta berbagai tawaran promo yang menarik bisa mendorong penggunanya menjadi lebih konsumtif.

Sebaiknya, gunakan paylater hanya untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak, jangan sampai kamu kehilangan kendali dan membeli barang-barang yang diinginkan tanpa perhitungan yang matang.

2. Menyebabkan pembengkakan tagihan

Selain membuat diri pengguna paylater menjadi lebih konsumtif, kerugian lainnya adalah membuat tagihan menjadi bengkak. Untuk itu, penting agar penggunaan paylater dilakukan dengan bijak agar nantinya tagihan tidak melebihi budget.

3. Keamanan

kerugian lainnya dari menggunakan paylater adalah masalah keamanan paylater. Kalau dibandingkan dengan kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank, keamanan paylater masih dibawahnya.

Hal ini cukup riskan mengingat saat melakukan pendaftaran, kita perlu menyerahkan data-data pribadi dan bisa menjadi celah bagi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Oleh sebab itu, pastikan aplikasi paylater yang kamu gunakan sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Beberapa aplikasi paylater

Selanjutnya, platform aplikasi apa saja yang menyediakan layanan paylater? Berikut ini adalah daftar penyedia layanan paylater yang bisa kamu gunakan.

1. Shopee Paylater

Shopee Paylater (SPayLater) adalah layanan kredit cicilan yang bisa digunakan ketika berbelanja di marketplace Shopee. Shopee menawarkan pinjaman instan hingga lima belas juta rupiah tanpa minimal pembelian dan pembayarannya bisa dicicil sesuai jangka waktu yang dipilih.

2. Gopay Paylater

Gopay adalah metode pembayaran yang bisa dinikmati oleh pelanggan Gojek yang terpilih. Untuk bisa menggunakan Gopay Paylater, kamu harus mengupload KTP dan foto diri bersama KTP.

Kamu bisa menikmati layanan Gopay Paylater untuk beberapa fasilitas di Gojek, seperti GoRide, GoCar, GoFood, GoSend, dan masih banyak lagi.

3. Kredivo

Kredivo merupakan salah satu aplikasi penyedia layanan paylater yang bisa memberikan pinjaman hingga tiga juta tanpa bunga dengan jangka waktu pembayaran dalam satu bulan.

Kredivo bisa digunakan di beberapa merchant yang telah bekerjasama seperti Bukalapak, Lazada, Tokopedia, dan lain-lain.

4. OVO Paylater

OVO Paylater adalah fasilitas pembiayaan dalam bentuk kredit limit yang diberikan oleh OVO kepada pengguna untuk melakukan transaksi pada aplikasi merchants seperti Tokopedia dan beberapa gerai yang bekerjasama dengan OVO.

Agar bisa menggunakan layanan ini pun cukup mudah, kamu hanya perlu memilih “Aktifkan OVO PayLater” di aplikasi OVO dan pilih menu “Aktifkan Sekarang”.

Kemudian, masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan pada nomor ponsel yang telah kamu daftarkan di OVO. Unggah foto selfie dengan memegang KTP dan isi data diri dengan lengkap.

5. Akulaku

Aplikasi paylater lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Akulaku. Akulaku menawarkan pinjaman tunai hingga lima belas juta rupiah dengan tenor beragam hingga lima belas bulan.

Selain itu, Akulaku juga menyediakan dua produk paylater lainnya yaitu Akulaku khusus pengguna dan Akulaku khusus merchant.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu paylater, untung rugi menggunakan paylater dan amankah menggunakan paylater. Sebaiknya, gunakan paylater hanya dalam keadaan mendesak agar terhindar dari tagihan yang membengkak. Kalau kamu tidak bisa membayar tagihan dan telat melunasi tagihan tersebut, tentunya hal itu akan berdampak pada skor kredit kamu.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments