Awas Modus Joki Pinjol, Begini Cara Menghindarinya

Tawaran jasa joki pinjaman online (pinjol) sekarang ini menjamur di segala internet, mereka gencar menawarkan jasa via media sosial hingga chat pribadi.

Tidak jarang kita berada di situasi sangat kepepet sampai tidak pikir panjang, dan maunya langsung saja ambil uang yang ditawarkan didepan mata, tanpa memikirkan resikonya.

Seperti apa sih jasa joki pinjol yang ditawarkan? Apakah benar rawan penipuan? Gimana sih supaya kita terhindar dari modus joki pinjol yang merugikan?


Mengenal jasa joki pinjol

joki-pinjol

Jerat pinjaman online memang banyak ragamnya. Bunga yang tinggi hingga risiko gagal bayar menghantui. Riwayat kredit pun jadi buruk. Nah kalau riwayat kredit sudah buruk, jalan untuk meminjam dana ke bank pun jadi tertutup. Di sini godaan joki pinjol muncul.

Seperti namanya, joki pinjol adalah pihak yang menawarkan jasa untuk mengajukan pinjaman di platform pinjaman online. Mereka dapat berupa perseorangan atau kelompok yang terorganisasi.

Joki pinjol menyasar mereka yang memiliki riwayat kredit yang buruk, yaitu mereka yang di-blacklist perusahaan pinjol karena gagal bayar sehingga tidak bisa mengajukan pinjaman kembali.

Joki ini menawarkan jasa secara acak melalui media sosial hingga pesan pribadi. Targetnya adalah mereka yang memerlukan uang mendesak, namun rekam jejak kreditnya buruk sehingga tak memiliki akses ke lembaga pinjaman dana manapun.

Cek: Apa itu blacklist nasional BI?


Bahayanya joki pinjol

bahaya-joki-pinjol

Jasa joki pinjol dapat dikatakan adalah bentuk lain dari jerat pinjol ilegal. Bagaimana tidak, modus kerja mereka adalah membujuk korban untuk mau menggunakan jasa mereka meminjam online.

Namun joki di sini bukan lantas berarti mereka meminjamkan uang atas nama mereka ke lembaga pinjol.

Hal yang terjadi adalah kalau korban berhasil dibujuk, mereka akan mendaftarkan korban ke platform pinjol ilegal yang tidak memiliki riwayat kredit si korban. Sehingga dengan mudah korban mendapat dana pinjaman.

Nah, tahu sendiri dong akibatnya kalau terlibat pinjaman di pinjol ilegal. Kamu bisa terbelit utang dengan bunga yang mencekik dan akhirnya kembali gagal bayar.

Kerugian lain adalah selain terlilit utang pinjol ilegal, tarif yang dikenakan oleh joki ini biasanya sangat tinggi, bahkan bisa mencapai 10% dari dana yang dicairkan. Belum perkara pencurian data pribadi.

Ketika menggunakan jasa joki, datamu akan diminta untuk verifikasi pinjaman. Risikonya sangat tinggi ketika kamu memberikan begitu saja data pribadimu pada pihak yang tidak bertanggung jawab.

Datamu bisa dipakai untuk pinjol lain yang bahkan uangnya tidak pernah sampai kepadamu. Ngeri juga kan.


Terlanjur pakai jasa joki pinjol?

Buat kamu yang terlanjur menggunakan jasa joki pinjol. Segera benahi keuanganmu dan lakukan hal berikut supaya tidak terjerumus lebih jauh.

1. Rutin periksa ulang saldo pinjaman

Cek ulang jumlah saldo pinjamanmu secara rutin, pastikan jumlahnya sesuai dengan transaksi yang kamu lakukan.

Mulailah juga disiplin membayar utang supaya pinjamanmu cepat lunas dan terbebas dari risiko gagal bayar dan pengeluaran yang lebih besar akibat bunga yang mencekik.

2. Jangan tergoda tawaran pinjol bunga rendah

Kalau berurusan dengan uang, baik utang bahkan investasi segala hal yang terlalu indah biasanya menyimpan masalah yang tersembunyi. Iming-iming bunga rendah harus diwaspadai. Cek biaya-biaya tambahan lainnya yang dibebankan saat mengajukan pinjaman.

3. Jangan mudah percaya pada joki pelunasan

Jangan sampai terjebak dua kali. Kalau ada yang menawarkan jasa joki pelunasan, jangan mudah percaya. Jangan sampai niat melunasi utang berujung menambah utang baru.

4. Laporkan ke pihak berwenang kalau kamu merasa jadi korban penipuan

Tak perlu malu dan ragu ketika kamu merasa telah menjadi korban penipuan. Laporkan pada pihak berwenang dengan menyertakan sejumlah bukti yang kamu miliki.


Bijak dengan pinjaman online

Kunci hidup tenang tanpa tekanan utang adalah mengelola utang dengan baik. Kalau terpaksa berutang, pilihlah lembaga pinjaman yang terpercaya dan legal. Selain lebih aman dari segi perlindungan data, bunga yang dikenakan pun lebih ringan.

Pada pinjol legal suku bunga tidak boleh lebih dari 0,8% per hari. Sementara pinjol ilegal bisa jauh lebih besar.

Kalau kamu memiliki cicilan utang, lunasi tagihan tepat waktu supaya tidak terkena risiko gagal bayar. Dengan disiplin membayar cicilan dan tagihan, riwayat kreditmu akan baik.

Riwayat kredit yang baik adalah salah satu syarat mengajukan pinjaman ke bank. Kalau rekam jejak kredit yang kamu miliki tergolong baik, kamu akan dengan mudah memperoleh dana ketika ada kebutuhan yang mendesak.

Ketika kamu terlilit utang, joki pinjol bukanlah solusi. Kalau ada kredit yang macet sebaiknya kamu mengajukan keringanan dengan mengajukan permohonan pengurangan bunga atau perpanjangan waktu pelunasan.

Hindari menggali lubang baru untuk menutup lubang lama. Pinjaman baru untuk melunasi utang adalah langkah keliru yang bisa menjerumuskanmu pada utang tiada akhir.

Yuk mulai perbaiki cara kelola utang dari sekarang.

Subscribe
Notify of
guest
3 Comments
Terpopuler
Terbaru Terlama
Inline Feedbacks
View all comments