Terlilit Utang Pinjol, Mana yang Harus Dibayar Duluan? Apa Dampaknya ke Skor Kredit?

Pinjaman online atau pinjol saat ini menjadi solusi alternatif bagi mereka yang membutuhkan dana cepat. Proses dan syarat pengajuan yang mudah pun membuat pinjaman online semakin banyak digunakan di Indonesia. Hanya dengan menggunakan KTP, pinjaman yang kamu ajukan bisa langsung cair.

Mudahnya mendapatkan uang pinjaman inilah yang menjadi salah satu penyebab banyak orang menjadi lebih konsumtif dan tidak bijak dalam menggunakannya. Tidak sedikit orang yang pada akhirnya tidak dapat melunasi tagihannya sehingga mereka terlilit utang pinjol.

Agar dapat melunasi utang pinjaman online, kegiatan gali lubang tutup lubang pun sering dilakukan sebagai solusi sementara. Banyak orang yang mengajukan pinjol dari penyedia lainnya untuk mendapatkan uang yang nantinya digunakan untuk melunasi utang di penyedia pinjol sebelumnya.

Kebiasaan buruk gali lubang tutup lubang inilah yang malah menimbulkan utang baru. Bukannya lunas, utang malah jadi menumpuk. 

Jika sudah terlilit banyak utang pinjol, sebaiknya yang mana yang harus dilunasi terlebih dahulu, ya? dan bagaimana cara melunasinya? Serta, apa dampak utang pinjol ke skor kredit? Yuk, cari tahu jawabannya di artikel ini.


Dampak Utang Pinjol ke Skor Kredit

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu bagaimana utang pinjol bisa berdampak pada skor kredit.

Sekarang ini banyak layanan pinjol yang sudah mulai terhubung dengan sistem layanan informasi keuangan atau SLIK dari OJK. pSLIK OJK sendiri merupakan catatan informasi mengenai riwayat kredit seseorang yang berisi lancar atau tidaknya pembayaran kredit.

Semakin baik riwayat kredit seseorang, maka semakin besar pula skor kredit orang tersebut. Begitupun sebaliknya.

Apabila kamu memiliki tunggakan pinjol, hal ini akan berdampak pada riwayat kredit kamu dan pada akhirnya akan berdampak pula ke skor kredit yang buruk.

Jika kamu memiliki skor kredit yang buruk, untuk mendapatkan pinjaman-pinjaman dari bank pun akan sulit ke depannya. Adanya riwayat kredit pernah menunggak itulah yang membuat peluang pengajuan pinjaman kamu kecil untuk disetujui oleh pihak bank karena adanya kemungkinan kredit macet.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk bijak dalam mengatur keuangan dan selalu melunasi tagihan tepat waktu.


Cara Memprioritaskan Utang Pinjol yang Harus Dilunasi

Jika kamu memiliki utang di lebih satu penyedia layanan pinjol, tentu hal tersebut bisa bikin pusing kepala. Kamu bisa melunasi utang pinjol tersebut satu per satu hingga lunas. Simak bagaimana cara memilih pinjol yang harus dilunasi duluan, di bawah ini:

1. Pilih Utang dengan Bunga yang Tinggi

Pertama, penting untuk memprioritaskan utang yang memiliki bunga tinggi. Utang dengan bunga yang tinggi akan jauh lebih mahal dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, utang dengan bunga tinggi bisa kamu pilih sebagai prioritas pertama dalam pelunasan. Dengan begitu, kamu bisa menghindari membayar lebih banyak bunga ke depannya dan meringankan kondisi finansial kamu.

2. Pilih Utang dengan Tenggat Waktu Dekat

Selain bunga, kamu juga perlu memperhatikan tenggat waktu pembayaran. Kamu bisa memprioritaskan utang yang harus dibayar dalam waktu dekat.

Jika kamu telat membayar utang-utang ini, maka dampaknya kamu akan terkena denda dan biaya keterlambatan yang bisa menambah beban keuangan kamu.


Tips Melunasi Utang dengan Efektif

Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk melunasi utang-utang dengan lebih efektif:

  1. Identifikasi dan Catat Utang: Buat daftar semua utang yang kamu miliki beserta rinciannya seperti jumlah utang, bunga, dan tenggat waktu pembayaran.
  2. Prioritaskan Utang Berdasarkan Bunga: Utang dengan bunga yang tinggi sebaiknya menjadi prioritas utama dalam pelunasan.
  3. Buat Rencana Anggaran Pengeluaran: Buat rencana anggaran bulanan yang menyertakan pembayaran utang serta biaya hidup lainnya. Dengan begitu, pengalokasian dana kamu akan menjadi lebih efektif.
  4. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu: Selagi kamu berusaha untuk melunasi utang, sebaiknya hindari pengeluaran yang tidak perlu sementara waktu.
  5. Cari Penghasilan Tambahan: Untuk membantu kamu melunasi utang, kamu bisa mempertimbangkan untuk mencari penghasilan tambahan seperti pekerjaan paruh waktu, proyek lepas guna mempercepat pelunasan utang.

Utang pinjol nyatanya telah menjadi bagian dari kehidupan finansial banyak orang. Namun, kita tetap tidak boleh abai dengan dampak yang dapat ditimbulkan ke skor kredit.

Skor kredit merupakan cerminan kesehatan keuangan kita dan dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap kemampuan kita dalam memperoleh pinjaman di masa depan.

Oleh karena itu, penting untuk kita bisa mengelola utang dengan bijaksana, membayar tepat waktu, dan menghindari utang yang tidak perlu agar membantu kita menjaga skor kredit tetap baik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments