Memahami Perubahan Cash Flow di Setiap Tahap Kehidupan

Seiring berjalannya waktu, perubahan cash flow dapat terjadi dalam berbagai tahap kehidupan yang disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi aliran masuk dan keluar dana. 

Fase awal tahap kehidupan yakni saat seseorang akan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. 

Bagi mereka yang ingin kuliah, pembayaran kuliah bisa menjadi beban besar pada anggaran pengeluaran, terutama karena pendapatan cenderung lebih rendah di masa awal karir.

Namun, seiring berjalannya waktu dan dengan naiknya pendapatan, diharapkan cash flow juga akan meningkat. 

Fase selanjutnya yakni saat seseorang sudah bekerja dan memiliki pemasukan yang cukup. Kenaikan gaji dan promosi di tempat kerja dapat menjadi faktor yang membantu mencapai tujuan keuangan karena adanya ketersediaan dana yang bisa dialokasikan untuk mencapai tujuan tersebut setiap bulannya.

Seiring berkembangnya karir, struktur kompensasi yang akan kamu terima dapat berubah, dari yang awalnya hanya gaji pokok, sekarang dapat berasal dari bonus tahunan atau kepemilikan saham perusahaan.

Fase kehidupan lainnya yang dapat berdampak pada cash flow adalah saat kamu perlu memiliki rumah, berkeluarga, dan mengidap penyakit. 

Biaya untuk membeli rumah jelas lebih mahal dibanding menyewa rumah. Saat berkeluarga, artinya kamu harus mempersiapkan alokasi anggaran kebutuhan keluarga untuk pangan, pakaian dan asuransi kesehatan untuk anggota keluarga.

Selain itu, kamu juga harus mulai menyisihkan sebagian uang kamu untuk ditabung agar pendidikan anak di masa depan terjamin. 

Mengidap penyakit merupakan salah satu fase kehidupan yang bisa berdampak pada cash flow kamu. Perlunya menanggung biaya perawatan medis, termasuk kunjungan dokter, obat-obatan, dan layanan kesehatan lainnya dapat menyebabkan pengeluaran tambahan yang tidak terduga. 

Penting untuk diingat, walaupun pendapatan terus meningkat, jumlah pengeluaran pun dapat meningkat pula.

Oleh karena itu, pastikan jumlah pengeluaran tidak melebihi jumlah pemasukan dengan mengalokasikan biaya sebijak mungkin.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments