Apa Itu Stand by Loan? Begini Pengertian dan Manfaatnya!

Terkadang kita memiliki kebutuhan yang tidak dapat diprediksi sebelumnya. Baik untuk urusan pribadi maupun terkait usaha. Jika hal seperti itu terjadi, biasanya kita menjadi panik. Akhirnya, meminjam uang ke pihak lain dengan bunga yang tinggi.

Pihak bank memiliki solusi bagi kalian yang kerap mengalami hal seperti itu. Muncul kebutuhan secara mendadak yang tidak bisa terelakkan.

Dengan solusi yang merupakan pinjaman produktif ini, kalian bisa mengajukan pinjaman secara mendadak, hanya perlu konfirmasi minimal satu hari sebelumnya. Setelah itu, kalian bisa mendapatkan sejumlah uang yang bisa kalian pergunakan.

Skema pinjaman yang fleksibel, bisa ditarik kapan pun, dan limit yang tersedia selama setahun penuh. Pinjaman ini memiliki nama stand by loan. Apa itu stand by loan dan bagaimana penjelasan detailnya? Mari kita simak bersama artikel ini!

Pengertian Stand By Loan

Stand by loan adalah salah satu fasilitas kredit produktif yang dimiliki oleh bank, baik BUMN maupun swasta. Konsepnya adalah limit pinjaman kamu akan selalu siap untuk kamu gunakan selama tenor stand by loan berlaku.

Siapapun bisa mengajukan stand by loan ini selama kamu memiliki rekening di bank. Apalagi jika kamu sudah terkenal memiliki reputasi baik sebagai nasabah bisnis. Besar kemungkinan pihak bank akan menawarkan stand by loan kepada kalian.

Cara menggunakan limit dari stand by loan kamu pun tidak sulit. Di awal perjanjian, kamu dan pihak akan membuat sebuah surat yang merupakan komitmen kamu dalam mempergunakan stand by loan di masa depan.

Kamu dan pihak bank akan menentukan bagaimana proses pinjaman berjalan. Seperti dokumen apa yang harus kamu sertakan ketika akan menggunakan stand by loan tersebut.

Selanjutnya, kamu hanya perlu melakukan konfirmasi minimal satu hari sebelum kamu akan menarik sejumlah uang atau sesuai jangka waktu yang sudah ditentukan bersama sebelumnya. Menarik bukan?

Manfaat Stand By Loan

Jika kita bahas tentang manfaat dari stand by loan ini, terdapat beberapa poin yang perlu diberikan highlight. Manfaat pertama adalah kamu hanya akan dibebankan bunga atas sejumlah pinjaman yang kamu pergunakan. Jadi, bunga tidak akan dibebankan terhadap limit yang tidak dipergunakan.

Selanjutnya sesuai dengan pengertian stand by loan, kamu akan memiliki sebuah pinjaman yang bisa kamu gunakan kapan saja. Artinya, kamu tidak perlu memulai proses panjang untuk melakukan pengajuan baru. Cukup mengajukan satu kali stand by loan, kamu dapat memanfaatkannya berkali-kali. Kamu juga bisa renewal stand by loan kamu.

Manfaat ketiga adalah cukup membayar cicilan sesuai dengan jumlah pinjaman yang kamu bayarkan. Skema ini sangat penting dan bermanfaat untuk kebutuhan usaha. Seperti contohnya kamu bisa membeli kebutuhan lebih awal dari jadwal turunnya budget perusahaan. Stand by loan bisa membantu kamu mendapatkan dana dalam gap waktu singkat seperti ini.

Perbandingan Dengan Fixed Loan dan Rekening Koran

Stand by loan memiliki perbedaan dengan fixed loan dan juga rekening koran. Perbedaannya dapat terlihat dari limit pinjaman, tenor pinjaman, dan juga skema pembayarannya. Mari kita bahas satu per satu jenis pinjaman ini ya.

Fixed loan atau pinjaman tetap adalah sebuah pinjaman produktif semua hal tentangnya yang telah ditetapkan dari awal. Jumlah pinjaman telah disetujui dari awal dan akan kamu terima langsung secara keseluruhan. Repayment scheme dengan jumlah pokok pinjaman dan bunga juga telah ditentukan dan disepakati bersama di awal.

Rekening koran adalah fasilitas pinjaman produktif bagi kamu yang merupakan nasabah giro dari suatu bank. Pinjaman ini memungkinkan kamu untuk menarik saldo dari rekening koran. Tentunya dengan jumlah tertentu yang sudah disepakati dari awal. Teknis penarikan pinjaman ini melalui cek/giro dengan konfirmasi minimal satu hari sebelumnya.

Kira-kira begitulah pembahasan mengenai stand by loan. Apa pengertian dan manfaat yang bisa kamu dapatkan. Serta perbedaannya dengan fixed loan dan rekening koran.

Ketiganya merupakan solusi bagi kamu yang membutuhkan bantuan berupa pinjaman kredit produktif. Apabila kamu membutuhkan info lengkap, kamu bisa langsung menghubungi marketing dari bank pilihan kamu. Selalu usahakan untuk bertanya sedetail mungkin ya. Tujuannya agar kamu mendapatkan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments