Sering Pakai Dompet Digital? Simak Kekurangan dan Kelebihannya

Penggunaan aplikasi dompet digital atau e-wallet kian marak digunakan. Pandemi Covid-19 menjadi salah satu faktor pendorong penggunaan aplikasi dompet digital semakin populer di masyarakat.

Aplikasi dompet digital atau e-wallet merupakan salah satu metode pembayaran yang bisa kamu gunakan ketika berbelanja online.

Aplikasi dompet digital atau e-wallet memudahkan kamu yang tidak menggunakan mobile banking untuk tetap bisa menyelesaikan pembayaran.

Sehingga, penggunaan aplikasi dompet digital dinilai lebih praktis dan cepat. Yuk, simak lebih lanjut penjelasan tentang dompet digital, manfaat, dan contoh penggunaan dompet digital, serta kelebihan dan kekurangannya.


Pengertian E-Wallet

Apa itu dompet digital? Dompet digital atau yang sering pula disebut sebagai e-wallet merupakan aplikasi keuangan yang dapat digunakan untuk transaksi online, membayar tagihan, menyimpan uang, dan lain sebagainya, yang dapat diakses melalui smartphone.

Melalui e-wallet, kamu juga dapat melihat riwayat transaksi keluar dan masuk di aplikasi tersebut. Fungsi dompet digital atau e-wallet mirip dengan dompet fisik yang digunakan ketika melakukan pembayaran dengan uang tunai, hanya saja perbedaannya melalui e-wallet, pembayarannya menjadi cashless.

Cara menggunakan e-wallet sangat sederhana. Kamu hanya perlu memastikan ada saldo yang tersedia di akun e-wallet kamu sebelum melakukan pembayaran.

Kalau kamu melakukan pembayaran secara offline menggunakan e-wallet, kamu tinggal memindai kode QRIS yang tersedia di merchant atau toko.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak dompet digital di Indonesia yang cukup populer di kalangan masyarakat seperti contohnya Gopay, OVO, LinkAja, DANA, dan masih banyak lagi.


Manfaat E-Wallet

Hadirnya e-wallet tentu memberikan banyak manfaat. Manfaat yang paling kita rasakan sebagai pengguna e-wallet yakni bertransaksi kini menjadi semakin mudah.

Tidak hanya itu, fitur dan layanan yang ditawarkan e-wallet semakin lengkap sehingga kita bisa melakukan berbagai macam transaksi dengan lebih cepat dan praktis.

Selain itu, menggunakan e-wallet memberikan penggunanya rasa aman karena tidak perlu membawa uang tunai ketika ingin pergi berbelanja dan terhindar dari uang palsu.

Aplikasi e-wallet juga sering memberikan promo seperti cashback atau diskon yang bisa kamu manfaatkan ketika melakukan transaksi.


Contoh E-Wallet

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak sekali aplikasi e-wallet yang populer di Indonesia. Berikut adalah contoh e-wallet yang paling populer di Indonesia.

  • Gopay
  • OVO
  • ShopeePay
  • DANA
  • LinkAja
  • iSaku
  • Jenius
  • DOKU
  • Sakuku
  • OCTO Go Mobile

Kelebihan E-Wallet

Lantas, apa saja kelebihan e-wallet? Untuk mengetahui lebih jelas mengenai apa saja kelebihan e-wallet, berikut ini adalah penjelasannya.

Praktis, cepat dan efisien

Salah satu kelebihan dompet digital atau e-wallet yang membuat banyak orang menggunakan metode pembayaran ini untuk bertransaksi adalah karena lebih praktis, cepat dan efisien.

Cukup akses melalui smartphone kamu dengan jaringan internet, kamu dapat gunakan e-wallet untuk berbagai kebutuhan kapanpun dan dimanapun seperti membayar listrik, membeli kebutuhan harian, hingga mengirim uang.

Terhindar dari kejahatan

Ketika menggunakan e-wallet, kamu cukup membawa uang tunai seperlunya saja ketika berpergian. Hal ini tentunya membuat kamu terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan seperti pencurian uang dan lain sebagainya.

Tidak akan menemukan uang palsu

Dengan menggunakan e-wallet, kamu dapat membantu mengurangi risiko peredaran uang palsu yang banyak beredar di masyarakat. Pasalnya, ketika menggunakan e-wallet, saldo kamu yang ada di e-wallet otomatis langsung terpotong ketika bertransaksi.

Banyak promo menarik

Sering kali aplikasi dompet digital memberikan banyak promo yang menarik yang bisa kamu manfaatkan. Hal ini juga yang mendorong banyak orang lebih sering menggunakan dompet digital daripada uang tunai karena banyak promo yang ditawarkan mulai dari cashback, diskon, tambahan poin, dan masih banyak lagi promo-promo lainnya yang bisa dinikmati ketika melakukan transaksi.


Kekurangan E-Wallet

Dibalik kelebihannya, e-wallet juga pasti ada kekurangannya. Dibawah ini adalah kekurangan dari e-wallet.

Ada biaya transaksi

Salah satu kekurangan dari e-wallet yakni adanya biaya transaksi atau biaya administrasi yang dibebankan kepada pengguna saat menggunakan layanan e-wallet. Besarnya biaya transaksi bisa berbeda-beda untuk tiap e-wallet.

Sejumlah uang yang ada didalamnya tidak dapat dicairkan

E-wallet belum memiliki fitur atau layanan yang dapat membuat penggunanya bisa melakukan tarik tunai saldo yang ada di aplikasi terkait. Sehingga, hal ini juga menjadi kekurangan dari penggunaan e-wallet. Kamu hanya bisa membelanjakan uang tersebut secara digital.

Lebih konsumtif

Banyaknya promo yang menggiurkan mendorong pengguna e-wallet menjadi lebih konsumtif. Ditambah lagi, penggunaan e-wallet yang praktis dan cepat membuat kita sebagai pengguna kadang tidak dapat menahan diri untuk berbelanja online.

Itulah penjelasan mengenai pengertian, manfaat, contoh dompet digital di Indonesia, kekurangan dan kelebihan dompet digital. Teknologi semakin memudahkan kita di kehidupan sehari-hari.

Hadirnya dompet digital membantu kita untuk bisa bertransaksi dimanapun dan kapanpun secara digital. Tidak perlu repot membawa uang tunai saat pergi berbelanja, kamu tetap bisa melakukan pembayaran dengan dompet digital.

Namun, harap disadari kemudahan tersebut mendorong kita sebagai pengguna e-wallet bisa menjadi lebih konsumtif. Sebaiknya sebagai pengguna, kamu perlu memiliki rencana atau strategi agar tidak boros ketika menggunakan dompet digital. Dengan begitu, kondisi keuangan kamu tetap terjaga dengan baik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments