Avatar

Debby Nurhanani

PUBLISHED ON AUGUST, 17 2022 reading time clock 5 Mins Read

Langkah Mudah Membuat Kartu Debit, Simak Persyaratannya!

Bagi sebagian orang, kartu debit mungkin sudah tidak terdengar asing. Namun, bagi sebagian lainnya, kartu debit mungkin akan terdengar asing.

Walau begitu, sebenarnya konsep kartu debit tidaklah rumit dan kebalikannya, justru kartu debit membuat hidup lebih praktis, terutama ketika kita ingin melakukan transaksi.

Apabila Anda sedang berjalan-jalan di mall atau sedang dalam perjalanan bisnis dan Anda memerlukan sesuatu atau terdapat sesuatu yang menarik perhatian Anda dan ingin dibeli namun ternyata Anda tidak memiliki uang tunai yang cukup, maka kartu debit adalah penolong Anda.

Semua orang yang telah berusia minimal 17 tahun sudah bisa memiliki kartu debit atau ATM sendiri. Untuk membuatnya pun mudah, hanya tinggal datangi bank pilihan Anda dan mengajukan permohonan pembukaan rekening.

Yuk, kita kenali sebenarnya apa itu kartu debit dan apa saja syarat lengkap pembuatan kartu debit.

Pengertian Kartu Debit

Kartu debit adalah merupakan salah satu bukti kepemilikan atas rekening yang Anda miliki di sebuah bank. Artinya, Anda perlu memiliki rekening untuk memiliki kartu debit ini.

Selain merupakan bukti kepemilikan rekening, kartu ini juga bisa digunakan untuk transaksi keuangan. Atau disebut juga Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK).

Ketika Anda memiliki kartu debit, artinya Anda juga akan memiliki Personal Identifikasi Number atau PIN. Harap untuk menjaga kerahasiaan PIN ini karena memang PIN bersifar rahasia dan pribadi. PIN akan menjadi pembuka akses ke saldo Anda sehingga sebaiknya berhati-hati dalam menyimpan kerahasiaan PIN.

Dalam bertransaksi, jumlah saldo pada rekening Anda akan menentukan apakah transaksi dapat dilakukan ataukah akan gagal. Selalu pastikan saldo Anda mencukupi sebelum melakukan sebuah transaksi, ya.

Berdasarkan biaya administrasi dan limit transaksi harian, kartu debit dibagi menjadi 3 jenis yaitu kartu debit silver, gold, dan platinum. Pemilihan jenis kartu ini tentunya dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bertransaksi Anda.

Berdasarkan jaringan transaksi, Anda bisa memilih kartu debit visa ataupun kartu debit. Untuk debit visa bisa dikatakan merupakan jaringan pembayaran yang lebih sering digunakan di benua Asia, sedangkan untuk mastercard lebih sering digunakan di Amerika dan juga Eropa.

Perbedaan antara keduanya selain merupakan perbedaan jaringan adalah terdapat perbedaan pada biaya untuk transaksi di luar negeri. Hal ini merupakan salah satu hal yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih.

Untuk kartu debit visa, biaya yang dikenakan adalah berkisar antara 0,2% hingga 1% dari nilai transaksi. Sedangkan untuk kartu debit mastercard dikenakan biaya sebesar 1% dari nilai transaksi.

Perbedaan antara kartu debit visa dan mastercard bisa Anda pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Kemana Anda lebih sering pergi untuk berlibur maupun untuk keperluan pekerjaan atau bisnis.

Fungsi Kartu Debit

Kemudian, apa sebenarnya fungsi dan manfaat dari kartu debit? Beberapa hal di antaranya adalah:

Cara Membuat Kartu Debit serta Syaratnya

Bagaimanakah cara membuat kartu debit mastercard dan juga cara membuat kartu debit visa? Tentunya simple dan mudah. Setelahnya, Anda dapat menikmati manfaat melakukan transaksi dengan praktis!

Secara singkat, Anda harus melakukan pengajuan pembuatan rekening terlebih dahulu untuk dapat memiliki kartu debit atau ATM. Pertama yang harus disiapkan adalah dokumen. Apa saja dokumen yang diperlukan?

Selain dokumen, Anda juga perlu menyiapkan sejumlah dana untuk setoran awal, tergantung pada jenis tabungan yang Anda akan buat. Rekening pelajar, umum, dan bisnis memiliki ketentuan masing-masing terkait dana setor awal.

Untuk rekening pelajar, normalnya setoran awal akan membutuhkan dana sebesar Rp 20.000 hingga Rp 100.000. Untuk rekening umum dan bisnis, setoran awal biasanya dimulai dari Rp 500.000.

Dana untuk setor pertama ini bisa dipotong dari rekening Anda yang lain apabila Anda telah memiliki rekening sebelumnya. Bisa juga berupa uang tunai bagi Anda yang baru pertama kali membuka rekening.

Sekarang, langkah-langkah dalam membuat rekening bank dan mendapat kartu debit visa ataupun mastercard adalah:

Bagaimana? Mudah ya ternyata untuk memiliki kartu debit atau ATM baik kartu debit visa maupun kartu debit mastercard. Hanya cukup memiliki rekening dan Anda sudah bisa melakukan transaksi menggunakan kartu debit.

Jangan lupa, selalu pastikan hanya Anda yang tahu kombinasi nomor pin ya agar tidak terjadi pembobolan rekening.



Link foto cover


https://www.bca.co.id/-/media/Images/edukatips/2021/09/20210915-Edukatips-recarding-banner.jpg