Ternyata Nggak Ribet, Ini Cara dan Syarat Menjadi Nasabah Prioritas

Belakangan istilah nasabah prioritas sering digaungkan di media sosial semenjak viral seseorang berpenampilan super sederhana tapi ternyata kaya raya.

Apa sih nasabah prioritas itu? Apakah hanya untuk mereka yang super kaya? Lalu seperti apa keuntungan menjadi nasabah prioritas? Apakah kamu juga berpeluang menjadi nasabah prioritas? Yuk cari tau lebih jauh syarat menjadi nasabah prioritas.

Lompat ke:


Pengertian Nasabah Prioritas

Nasabah prioritas adalah nasabah yang mendapatkan fasilitas berupa layanan ekstra premium yang diberikan oleh bank.

Fasilitas ini memungkinkan nasabah dilayani secara khusus dan dinomorsatukan saat berurusan dengan bank dibandingkan dengan nasabah biasa.

Layanan ini menyasar kaum menengah atas, karena tentunya untuk memeroleh layanan perbankan ini, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah yang salah satunya adalah jumlah simpanan yang cukup besar.

Layanan ini tersedia di sejumlah bank, baik bank swasta maupun pemerintah. Sejumlah manfaat biasanya akan diberikan kepada nasabah prioritas seperti fitur yang lebih baik, promo bunga rendah, layanan tanpa mengantre, dan sebagainya.

Apa saja sih keistimewaan yang biasanya diperoleh nasabah prioritas?


Keuntungan Menjadi Nasabah Prioritas

Ada banyak manfaat dan keuntungan menjadi nasabah prioritas. Berikut di antaranya:

1. Tidak perlu mengantre

Saat transaksi langsung ke bank terkait, kamu akan mendapatkan jalur khusus yang tidak perlu mengantre. Bahkan kamu akan memeroleh ruangan khusus yang lebih nyaman dan kamu akan segera dilayani tanpa harus menunggu lama.

2. Mendapat potongan harga hingga bunga rendah

Sejumlah promosi kartu kredit khusus nasabah prioritas bisa sangat menggiurkan, jika kamu melakukan perjalanan biasanya kamu akan mendapat akses lounge di bandara yang sangat nyaman, layanan bagasi gratis dan sejumlah diskon di resto dan kafe terkemuka.

Kalau kamu mengajukan pinjaman pun prosesnya akan lebih mudah, cepat, dan tentunya bunganya rendah.

3. Layanan personal banker

Ingin berinvestasi, membuka usaha, mengelola dana pensiun, dan sebagainya? Layanan personal banker akan membantu kamu mengelola keuangan dengan bijak.

4. Hadiah

Saat kamu berulang tahun atau ada momen-momen perayaan tertentu, kejutan hadiah akan mampir ke tempatmu. Rasanya tentu menyenangkan bukan dapat hadiah tiba-tiba.

Selain itu jika bank mengadakan program giveaway biasanya nasabah prioritas berpeluang lebih besar untuk menang undian.

5. Fasilitas safe deposit box

Nasabah prioritas dapat memeroleh fasilitas safe deposit box secara cuma-cuma. Layanan ini membantu kamu menyimpan aset berharga lebih aman.


Syarat menjadi nasabah prioritas

Untuk menjadi nasabah prioritas, kamu harus memenuhi berbagai syarat dan itu tidak cukup hanya sekadar memiliki uang banyak. Berikut syarat yang harus terpenuhi oleh seorang nasabah prioritas.

1. Memiliki portofolio keuangan dengan nilai tertentu

Portofolio di sini dapat berupa tabungan, investasi, atau asuransi di bank terkait kamu mengajukan program prioritas. Jumlah minimum yang harus dimiliki adalah Rp500 juta atau lebih tergantung bank masing-masing.

2. Tidak masuk daftar hitam

Meski banyak uang, jika namamu ada di daftar hitam bank dengan rekam jejak riwayat kredit yang buruk, kamu tidak bisa menjadi nasabah prioritas.

Daftar hitam ini mencatat mereka dengan kasus kredit macet hingga penarikan cek kosong. Pastikan namamu bersih dari daftar hitam dengan disiplin membayar kredit dan pelihara terus skor kreditmu dengan baik.

3. Mempunyai identitas dan sumber dana sesuai KYC (Know Your Customer)

Bank akan mengecek identitasmu dan sumber penghasilanmu sebagai bentuk verifikasi dan integritasmu sebagai individu. Umumnya bank melakukan ini ketika nasabah hendak melakukan pinjaman, ketika kamu mengajukan ikut program prioritas, bank akan melakukan KYC juga.

4. Memiliki dana simpanan atau aset dalam jumlah tertentu

Miliki aset dan simpanan sebesar jumlah yang dipersyaratkan dari hasil bekerja, bukan dari pinjaman bank. Jika aset kamu merupakan hasil pinjaman, maka permintaan untuk menjadi nasabah prioritas belum dapat diproses.


Cara Menjadi Nasabah Prioritas

Untuk menjadi nasabah prioritas biasanya pihak bank akan menawarkan fasilitas ini ketika jumlah simpananmu mencapai nilai tertentu. Namun kamu juga bisa mengajukan diri untuk memeroleh layanan prioritas di bank yang kamu pilih.

Umumnya alurnya akan dimulai dengan mengisi formulir dan menyerahkan sejumlah berkas yang dibutuhkan seperti identitas diri dan persyaratan lain seperti skor kredit yang baik, bukti sumber pendapatan, buku tabungan, dan sebagainya.

Selanjutnya pihak bank akan melakukan verifikasi dan proses lebih lanjut sebelum menyetujui atau menolak pengajuan kamu.

Memeroleh layanan prioritas memang menyenangkan dan tidak semua orang bisa mendapatkannya. Meski saat ini kamu baru memulai karier, peluang untuk menjadi nasabah prioritas tetap terbuka untukmu.

Yuk mulai mengelola keuangan dengan bijak dan bekerja lebih cerdas agar dana simpananmu terus meningkat hingga memenuhi syarat untuk menjadi nasabah prioritas. Semangat!

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments