Mana yang Tepat: Rekening Bersama Pasangan atau Terpisah?

Pertanyaan yang kerap muncul dari pasangan yang baru saja menikah yakni perlu atau tidaknya membuat rekening bersama pasangan guna mengelola keuangan untuk keluarga.

Ketika sudah berkeluarga, maka akan ada kebutuhan atau pengeluaran yang ditanggung bersama misalnya pengeluaran rutin untuk makan, tagihan listrik, ataupun biaya pendidikan anak. 

Pengeluaran antar individu pun juga bisa berbeda, misalnya sang istri punya budgeting untuk skincare, sedangkan sang suami punya pengeluaran khusus untuk hobi. Perbedaan pengeluaran itu nantinya akan mempengaruhi kondisi keuangan bersama. 

Karena perbedaan itulah banyak pasangan yang mempertimbangkan untuk memiliki rekening terpisah. Namun, tidak sedikit juga yang memutuskan untuk memiliki rekening bersama pasangan.

Nah, di Personal Finance kali ini kita akan membahas satu-satu metode yang nantinya bisa dipilih sesuai dengan kondisi kamu dan pasangan dalam mengelola keuangan. 

Cek juga: Tips mengatur uang bersama pasangan

1. Rekening Terpisah

Apabila kamu dan pasangan ingin menjaga privasi keuangan masing-masing dan ingin kebebasan dalam mengatur keuangan tanpa ketergantungan satu sama lain, maka rekening terpisah adalah metode yang cocok untukmu dan pasangan. 

Setiap pasangan akan memiliki kontrol penuh atas rekening pribadi masing-masing dan bertanggung jawab untuk mengelola pengeluaran dari rekening tersebut.

Meskipun pendapatan masuk ke rekening terpisah, biaya-biaya spesifik tetap diatur dan dibayar dari rekening individu masing-masing. 

2. Rekening Bersama

Pilihan kedua yakni adalah rekening bersama. Kamu dan pasangan nantinya bisa berkontribusi untuk pengeluaran rumah tangga berdasarkan penghasilan kalian setiap bulannya. 

Misalnya, apabila pasangan kamu punya penghasilan lebih besar maka ia bisa berkontribusi lebih banyak di rekening tersebut. Dengan metode ini, kamu tetap bisa menggunakan rekening pribadi.

Metode rekening bersama, termasuk kartu kredit ataupun tabungan, tepat untuk kamu yang punya financial goals bersama pasangan, jumlah penghasilan yang berbeda, melihat segala sesuatu sebagai tim namun tetap memberikan ruang untuk kebebasan masing-masing individu. 

Itulah penjelasan mengenai metode yang dapat kamu gunakan dalam mengelola keuangan bersama pasangan. Pastikan kamu memilih metode yang tepat dan sesuai agar kondisi keuangan berjalan dengan baik.

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments